Regulator Cina Setujui Kesepakatan Microsoft Activision Blizzard

Regulator Cina Setujui Kesepakatan Microsoft Activision Blizzard

Baru – baru ini, Kesepakatan Microsoft Activision Blizzard dalam bentuk akuisisi sebesar 68,7 Milyar US Dollar telah disetujui oleh Regulator Cina. Hal ini menyusul disetujuinya kesepakatan tersebut oleh Regulator Eropa.

Saat ini, Competition and Markets Authority (CMA) Inggris menolak akuisisi tersebut dikarenakan dapat mengancam pasar Cloud Gaming di negara Inggris. Total 37 negara telah setuju dengan akuisisi besar ini.

Kesepakatan Microsoft Activision Blizzard Disetujui Tanpa Kondisi

Kesepakatan Telah Disetujui oleh 37 Negara

Regulator Cina atau China State Administration for Market Regulation (SAMR) menyetujui kesepakatan Microsoft Activision Blizzard tersebut tanpa memberikan kondisi apapun yang harus dijalankan. Persetujuan dari salah satu negara dengan pasar gaming besar ini.

Dilansir melalui akun Twitter Tom Warren, negara tersebut menjadi negara ke-37 yang mendukung kesepakatan kedua perusahaan tersebut dan memperkuat posisi Microsoft dan Activision Blizzard untuk menyelesaikan proses akuisisi.

Namun Meskipun regulator dari Jepang, Cina, dan juga Eropa menyetujui proses akuisisi tersebut, CMA Inggris masih menjadi hambatan terbesar yang memungkinkan kesepakatan Microsoft Activision Blizzard bisa dibatalkan.

Sementara itu Federal Trade Commission Amerika Serikat (FTC) juga menolak proses akuisisi tersebut dimana persidangan akan dimulai pada bulan Agustus 2023 nanti. Sepertinya usaha Microsoft untuk mengakuisisi perusahaan game besar tersebut akan memakan waktu yang sangat lama

Regulator Eropa Setujui Kesepakatan dengan Beberapa Syarat

Regulator Eropa Setujui Kesepakatan Microsoft Activision Blizzard

Regulator EU menilai bahwa “Microsoft tidak akan memiliki insentif untuk menolak mendistribusikan game-game Activision Blizzard ke platform Sony”. “Bahkan jika Microsoft memutuskan untuk menarik game – game Activision Blizzard dari PlayStation, hal tersebut tidak akan mengganggu persaingan pada pasar konsol”

Komisi Eropa telah mengidentifikasi solusi agar kesepakatan dapat dilanjutkan melalui kesepakatan lisensi 10 tahun yang akan ditawarkan Microsoft kepada para pesaingnya seperti Sony dan platform lain.

Hal tersebut termasuk lisensi gratis untuk para konsumen di negara-negara Eropa yang akan memungkinkan mereka untuk melakukan streaming game melalui layanan streaming game cloud apa pun pilihan mereka untuk semua game PC dan konsol Activision Blizzard pada saat ini dan di masa mendatang yang mereka miliki lisensinya.

Penyedia jasa cloud gaming juga akan ditawarkan lisensi gratis untuk mendistribusikan game ini di pasar Eropa. Lisensi ini tentunya akan membuat konsumen akan memiliki hak untuk melakukan streaming game Activision yang telah dibeli atau langganan di layanan Cloud Gaming.

Saat ini, Microsoft sudah mengajukan banding terkait keputusan CMA terhadap kesepakatan akuisisi Activision Blizzard. Proses banding ini kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama dan keputusan regulator Eropa saat ini dapat membantu Microsoft pada banding yang akan dilakukan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version