Civilization VI Tidak Memiliki Izin Memasukkan Suku Cree Kedalam Game

RF Cree leader.0

Tidak lama berselang setelah 2K memberikan sebuah first look dari expansion pack resmi pertama Civilization VI yang berjudul “Civilization VI: Rise and Fall”. Di mana pada expansion pack terbaru ini akan menampilkan salah satu faksi atau peradaban baru, yaitu Cree. Milton Tootoosis, selaku perwakilan dewan dari Poundmaker Cree Nation memberikan sedikit pandangan mengenai suku dan kebudayaannya yang dimasukkan di dalam game tersebut.

Dilansir dari CBC Radio’s Saskatoon Morning, pada awalnya Milton Tootoosis cukup senang bahwa sukunya bisa mendapat sebuah perhatian di dalam media video game. Akan tetapi beliau juga melayangkan kekecewaanya kepada 2K yang sama sekali tidak meminta izin terlebih dahulu kepada pihak perwakilan dari suku Cree sebelum memutuskan untuk memasukkan mereka di dalam game Civilization VI ini. Lalu beliau memberikan pandangan mengenai kekhawatirannya bahwa suku Cree di game ini nantinya bisa saja dianggap memiliki suatu budaya yang sama dengan kolonialisme atau penjajahan. Tootoosis di sini mengakui bahwa dirinya cukup sensitif tentang bagaimana penggambaran media US terhadap suku-suku pribumi di daratan Amerika Utara yang menurutnya bisa cukup mengancam keaslian identitas dan kebudayaan mereka.

Meskipun begitu, Tootosis juga mencoba untuk memberikan apresiasi kepada 2K dan berharap bahwa penggambaran Cree Nation di Civilization VI ini dapat menjadi sebuah langkah baik untuk memulihkan nama baik Poundmaker, seorang pemimpin terkenal dari suku Cree yang dituduh berkhianat di tahun 1885. Saat ini beliau memang sedang berusaha memohon kepada pemerintahan Kanada untuk meluruskan sejarah buruk mengenai Poundmaker, karena tuduhan pengkhianatan yang disematkan kepada Poundmaker tersebut sama sekali tidak benar.

Pîhtokahanapiwiyin atau biasa dikenal sebagai Poundmaker

Cree sendiri adalah salah satu kelompok suku pribumi terbesar di kawasan Amerika Utara khususnya di Kanada. Pemimpin terkenal mereka, Poundmaker dikenal sebagai pemimpin yang sangat ingin menjadi jembatan dalam memelihara perdamaian antara penduduknya sendiri dengan pemerintahan federal Kanada. Deskripsi singkat mengenai Poundmaker ini sesuai dengan yang diungkapkan di video first look “Civilization VI: Rise and Fall” mengenai faksi Cree kemarin dan expansion packnya akan dirilis pada tanggal 8 Febuari nanti.

Exit mobile version