Pengganti Layanan Cloud Gaming dari Google Setelah Stadia Mungkin adalah YouTube

Cloud Gaming Dari Google

Kepergian Google Stadia sebagai layanan cloud gaming dari Google mungkin tidak begitu membuat rindu gamer. Namun, yang jelasnya, Google belum menyerah soal bisnis cloud gaming atau setidaknya masih mencari celah agar mereka bisa mengintegrasikan teknologi tersebut di suatu tempat.

Lalu bagaimana Google melakukannya jika satu-satunya layanan cloud gaming mereka sudah tutup? Ternyata target mereka selanjutnya adalah YouTube. Kok bisa?

Rumor YouTube Playables Sebagai Pengganti Cloud Gaming dari Google

Rumor YouTube akan dijadikan platform streaming game oleh Google

Melansir dari Wall Street Journal (via TechRadar), dokumen email internal dari raksasa di Silicon Valley tersebut terlihat akan menyasar YouTube sebagai layanan Google cloud gaming setelah Stadia.

Menurut WSJ, layanan tersebut akan diberi nama YouTube Playables dan pengguna nantinya akan bisa mengakses game populer lewat streaming di PC maupun perangkat seluler mereka. Mirip dengan layanan sejenis seperti GeForce Now dari NVIDIA atau Xbox Cloud Gaming dari Microsoft.

Google akan menyasar YouTube sebagai layanan cloud gaming setelahnya

Mengingat ini merupakan layanan YouTube, bisa jadi game nantinya juga bisa dimainkan lewat browser Google Chrome atau perangkat yang mendukung Chromecast sekalipun. Hanya saja kita masih belum tahu game apa saja yang akan rilis di platform terbaru ini, termasuk juga akan layanan tersebut apakah sudah termasuk dalam YouTube Premium atau pengguna harus membayar lagi.

Google Masih Belum Menyerah Walaupun Layanan Google Stadia Mereka Tutup

Layanan cloud gaming Google yang tutup beberapa waktu lalu

Yang pengguna bisa harapkan adalah mungkin YouTube Playables nantinya akan mirip seperti Discord Activities dimana pengguna bisa bermain game lewat voice chat. Tentang bagaimana integrasinya di YouTube mungkin kita harus menunggu informasi lebih lanjut.

Hanya saja umur sebuah layanan game cloud streaming ini sangat bergantung pada banyak hal. Selain harus punya infrastruktur yang baik, jumlah game menarik juga harus bisa menggaet pemain untuk mulai mencobanya.

Cyberpunk 2077 yang dimainkan dari layanan cloud gaming Google

Dan satu lagi, Google kali harus paham betul siapa target mereka karena kalau tidak, kita mungkin akan mengulangi kasus Stadia yang tutup awal tahun ini. Meskipun begitu, berita beberapa bulan lalu juga menyebutkan kalau Google masih belum menyerah sepenuhnya.

Mereka masih bisa menjual layanan cloud tersebut kepada pihak ketiga yang membutuhkan jasa cloud gaming. Jadi meskipun layanan streaming mereka tutup, mereka masih bisa banyak cara lain untuk mengatasi kerugian, salah satunya mungkin lewat layanan Playables dari YouTube ini. Hanya waktu yang benar-benar bisa menjawab.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version