Community Center vs JojaMart, yang Mana Harus Dipilih di Stardew Valley?

Community Center vs JojaMart Stardew Valley

Community Center vs JojaMart Stardew ValleyStardew Valley tak hanya mengajak kalian untuk menjalani kehidupan bercocok tanam atau mengurus peternakan saja, namun juga membawamu ke dalam kisah yang lebih mendalam di kota Pelican Town melalui quest – questnya.

Dalam seminggu pertama kehidupanmu di Pelican Town, kamu sudah diantarkan pada misi untuk menyelamatkan Community Center. Apabila tidak dilakukan, maka bangunan tersebut akan diambil alih oleh JojaMart.

Community Center vs JojaMart, yang Mana Harus Dipilih di Stardew Valley?

Community Center vs JojaMart?

Umumnya, pemain akan memilih menyelamatkan Community Center sebab bagaimanapun juga bangunan tersebut merupakan bagian penting dari kota Pelican. Namun, pemain sebenarnya diberi pilihan untuk menyelamatkannya atau tidak sama sekali.

Tentu masing-masing sisi memiliki plus dan minusnya. Dan pilihan yang kamu tentukan merupakan keputusan yang akan sangat sangat sangat berpengaruh terhadap gameplay. Mari kita bahas bersama di artikel ini!

Community Center Stardew Valley

Community Center yang telah lama tak diurus

Gambar di atas adalah bangunan Community Center Stardew Valley yang telah lama terbengkalai. Terletak di bagian atas setelah Pierre’s General Store. Bangunan tersebut baru terbuka setelah tanggal 5 Spring dimana kamu akan mendapat cutscene dengan Mayor Lewis.

QuestRat Problem‘ juga akan terbuka setelah kamu berhasil mentrigger cutscene bersama Mayor Lewis ini. Tinggal ikuti saja serangkaian kisahnya~

Pro

Jika Community Center sudah terbuka, kamu bisa membuka 6 ruangan berbeda yang ada di dalamnya. Setiap ruangan meminta bundle yang berbeda untuk diisi oleh pemain, dan tentunya jika sudah menyelesaikan bundle ini, kamu akan diberi hadiah yang tak kalah menarik.

Reward di atas adalah hal yang bisa kamu dapatkan hanya setelah menyelesaikan misi bundle-bundlean di Community Center. Contohnya seperti bus stop atau kereta dorong di dalam goa sehingga menjadi interactable.

Cons

Minus paling utama dalam misi penyelamatan Community Center ini adalah kamu harus kesana-kemari dan melakukan ini-itu untuk mengumpulkan banyak item unik demi pemenuhan bundle setiap ruangan.

Jika memutuskan untuk menyelesaikan misi ini, artinya, kamu sudah bersedia untuk eksplor atau memancing setiap ikan yang berbeda di setiap musim, memelihara hewan yang bebeda, atau coba menumbuhkan tanaman dengan kualitas yang baik.

Tetapi, apabila dilihat dari kacamata yang berbeda, cara ini bisa mengantarkan pemain untuk merasakan setiap pengalaman berbeda yang ada di Stardew Valley.

Apa yang akan Terjadi jika Memilih Community Center di Stardew Valley?

Community Center yang sudah selesai diselematkan

Apabila kamu telah berhasil menyelesaikan misi di Community Center di Stardew Valley, akan ada upacara pembukaan dengan seluruh warga Pelican. Selain itu, gedung JojaMart akan berubah menjadi Movie Theatre. Disini kamu bisa membeli tiket dan mengajak seseorang untuk nonton film bareng.

Selain bangkrutnya JojaMart, jadwal harian penduduk Pelican Town juga akan ada yang berubah. Contohnya seperti Clint (si blacksmith) yang tutup setiap hari Jumat sebab dia akan mengunjungi Community Center seharian.

JojaMart Stardew Valley

JojaMart

Joja adalah perusahaan raksasa yang juga mencoba melebarkan sayap kapitalisnya di Pelican Town. Joja juga adalah alasan utama mengapa karakter pemain harus meninggalkan pekerjaannya dan memulai kehidupan baru sebagai petani.

Untuk mengambil rute story JojaMart Stardew Valley, kamu hanya perlu mengunjungi JojaMart dan bicara dengan Morris. Dia akan menawarkan membership senilai 5,000g. Jika kamu menerima tawaran ini, maka Community Center akan secara otomatis berubah jadi gudang Joja.

Pro

Jika memilih berpihak pada JojaMart, kamu tidak perlu pergi kesana-kemari untuk mengumpulkan item-item unik demi membuka reward-reward yang tertera. Sebab, kamu hanya perlu grinding duit banyak-banyak dan membayar Joja untuk membukakannya untukmu.

Cons

Adapun minus dari memihak kepada JojaMart adalah tidak adanya reward kecil seperti halnya Community Center berikan (khususnya Friendship). Malah, kalian harus mengeluarkan duit sebanyak 135000g untuk bisa membuka semua bundle.

Selain itu, kamu mungkin jadi kurang wawasan dalam eksplorasi sebab memilih JojaMart memungkinkan kamu untuk jarang eksplor sana sini.

Apa yang akan Terjadi jika Memilih JojaMart di Stardew Valley?

Bakal jadi gudang buat Joja

Setelah semua bundle sudah selesai kamu bayar, kamu akan mendapatkan hadiah berupa mesin minuman (soda machine) yang setiap harinya bisa memberimu 1 Joja Cola per hari. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan Auto-Petter yang bisa membantumu mempertahankan friendship dengan hewan peliharaan.

Community Center vs JojaMart, Mana yang Harus Dipilih?

Penampakan interior Community Center jika sudah selesai diperbaiki

Kedua pihak sama-sama memberikan reward yang sama hanya saja dengan cara yang berbeda. Jadi, mari kita rangkum dan lihat dari beberapa sudut pandang lain seperti lore dan gameplay.

Dari segi lore, Community Center menawarkan cerita yang lebih kaya dan pastinya bersinggungan dengan poin friendship dan happiness. Bundle-bundle yang diminta olehnya juga pastinya secara langsung dan ga langsung membawamu lebih dekat dengan masyarakat kota Pelican. Setelah semua bundle dikumpulkan, seluruh warga berkumpul untuk menendang Joja keluar dari kota.

Dan apabila kamu memilih JojaMart, rasanya jadi percuma dong mengapa karaktermu meninggalkan kota dan memilih kehidupan baru di desa? Memilih untuk tetap menjadi budaknya Joja dirasa tidak mengalami perkembangan apapun.

Dari segi gameplay, Community Center bisa menjadi goal atau tujuan spesifik untuk kamu ikuti selama memainkan Stardew Valley. Misalnya seperti bundle yang hanya bisa didapat selama musim semi saja atau ketika hari hujan saja, artinya, kamu memiliki tujuan di sini.

JojaMart beda pula. Kamu hanya perlu fokus meningkatkan kualitas produk dari perkebunanmu untuk mendapatkan uang yang banyak. Yang artinya, kamu cuma fokus menghasilkan banyak uang.

Kesimpulan

Penampakan interior Joja Warehouse

Jadi yang mana nih, min?! Tentu semua sebenarnya kembali lagi kepada preferensi pemain seperti apa. Ada pemain yang doyan eksplor, ada pemain yang sibuk pengen cari uang aja di sini, dan lain sebagainya.

Namun, mungkin di bawah ini bisa jadi pertimbangan baru sebelum menentukan:

Dengan penjelasan panjang di atas, apakah kamu sudah tentukan pilihanmu, brott? Atau apakah kalian memiliki pendapat dan pertimbangan lain mengenai dua fraksi di Stardew Valley ini? Bagikan pendapat kalian pula di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Stardew Valley atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version