10 Cara untuk Melawan dan Menghindari Pembajakan Game bagi Pelajar/Mahasiswa

Kamu masih sekolah/kuliah dan suka main game? sama dong saya juga. Apa saja sih hal yang bisa kita lakuin buat menghindari/melawan pembajakan game? check this out!


79
79 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements
Gamebrott Editorial

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Dalam dunia industri game, sudah tidak asing lagi jika kita harus membeli game-nya dulu sebelum memainkannya, sama seperti layaknya kita membeli barang di mall. Apalagi kalo kamu pemain game console, seperti PS4. Sudah pasti kamu harus beli setiap keping game-nya.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Kita harus beli game-nya karena memang pihak developer bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari game yang telah mereka buat. Sang developer berusaha keras membuat dan memasarkan game miliknya, agar dapat menarik minat kita para gamers untuk memainkan game buatannya. Sehingga, pastinya ada orang-orang yang tertarik dan ingin memainkan game tersebut.

Namun yang fakta yang terjadi, mayoritas orang lebih memilih jalan lain untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Khususnya jika game itu berbayar. Siapa sih yang gak suka kalo dikasih gratisan? Semua orang senang yang gratisan. Yap. Maka, terjadilah pembajakan. Hal ini juga terjadi dalam dunia industri game.

Walaupun memang jika dikaji, pembajakan game itu sendiri memberikan dampak pro dan kontra, baik bagi sang developer maupun sang player itu sendiri. Sehingga sampai saat ini, pembajakan game masih menjadi perdebatan yang tak berujung.

Kita ini masih seorang pelajar/mahasiswa yang notabene masih dibiayain orang tua. Kita suka main game tapi belum mampu buat beli game yang mana mayoritas harganya diatas rata-rata uang jajan kita semua. Nah, berikut ini 10 hal yang bisa kita lakuin buat ngehindarin & ngelawan pembajakan game. Sederhana dan bisa dilakuin mulai dari diri kita masing-masing, yaitu:

  1. 1 Cari Tahu Apakah Game Favorit Kamu itu Berbayar atau Gratis


    Gimana caranya? Nah, jika kamu player game PC, kamu bisa mencari tahunya melalui Steam. Buka http://store.steampowered.com lalu carilah game favorit/kesukaan kamu. Nanti kamu akan menemukan halaman store game tersebut, lalu masuklah untuk mengetahui secara detail.

    Jika kamu player game console, sudah pasti kamu harus membeli setiap keping game-nya. Lah, terus yang di PS-nya pake harddisk gimana? Nah, kalo total harga semua game yang ada di harddisk tersebut itu sama dengan total harga kalo kita beli keping BR/DVD semua game tersebut, itu tidak apa-apa. Sebaliknya, jika total harga semua game dalam harddisk itu sangat jauh lebih murah, berarti kemungkinan besar itu kumpulan game bajakan.

    Jika kamu player game mobile, gampang saja. Kamu akan langsung mengetahui apakah game itu gratis atau berbayar ketika akan menginstall game melalui Google Play Store maupun App Store. Kalo gratis ya bisa langsung install, kalo berbayar ya bayar dulu, baru install.

  2. 2 Sadar Kalo Membajak dan Main Game Bajakan itu Perbuatan Salah


    Hal yang paling dasar adalah kita harus tahu, pekerjaan kita itu benar atau salah. 

    Kalo kita udah tahu bahwa ternyata game favorit kita itu berbayar, nah mau gak mau kita harus akuin kalo mengunduh game tersebut secara gratis (game crack) lalu memainkannya, maka itu adalah perbuatan yang salah. Darimanapun sumber download-nya, jika kamu bisa dapat game itu dengan gratis, sudah pasti sumber tersebut ilegal.

    Namun jika ternyata game favorit kita itu gratis, no problem! let's enjoy the game!

  3. 3 Cari Tahu Resiko Memainkan Game Bajakan


    Emang ada resikonya? oh tentu ada dong. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai resikonya, kamu bisa membaca artikel dari sumber lain. Sudah banyak yang membahas resiko main game bajakan.

    Kita ambil contoh sederhana saja, resikonya adalah: PC kamu bisa terkena malware/virus, karena pasti dalam game bajakan terdapat script-script yang ditambahkan & diubah oleh sang pembajak. Disamping itu, kamu tidak akan bisa mendapatkan update versi terbaru dari game favorit kamu, jika kamu memakai yang versi bajakan. Sedih dong, karena developer game kan selalu memperbaiki bug-bug game di setiap versinya.

  4. 4 Mainkan Game Gratis walaupun Terdapat Microtransaction


    Nah, poin nomor 4 ini bisa jadi solusi terbaik buat kita semua. Kamu bisa beralih dari game premium ke game freemium baik online maupun offline.

    Apa itu game freemium? Yaitu istilah bagi game free to play tetapi terdapat in-app purchase (transaksi dalam aplikasi). Konsep seperti ini sangat populer karena memberikan solusi atas problem yang dirasakan oleh para developer game. Konsep ini banyak ditemukan khususnya dalam industri dunia game mobile.

    Walaupun memang game tersebut mengusung konsep microtransaction, tapi setidaknya inilah jalur alternatif bagi sang developer agar game miliknya tetap laris dan juga tetap bisa mendapat penghasilan walaupun tersebut gratis.

    Sebagai contoh, kamu download & main game Mobile Legends (MLBB). Lalu kamu beli diamods karena tertarik untuk membeli skin. Nah, walaupun game-nya gratis, pihak developer MLBB (Moonton) bisa tetap dapat penghasilan, yaitu dari pembelian diamonds kamu tadi. Begitu pula sama terjadi dalam game PC contoh: DOTA 2, LoL, dll.

    Untuk mencari tahu lebih dalam tentang microtransaction, kamu bisa akses link BERIKUT.

  5. 5 Rental? Boleh aja, Tapi...


    Mungkin kamu menemukan banyak yang membuka usaha rental game (khususnya game console) di kota kamu. Untuk budget sekelas kita, rental game bisa jadi alternatif.

    Tapi yang perlu kamu ingat, kalau kamu siap main rental, berarti kamu juga harus siap untuk main secara publik. Artinya, kamu tidak bisa main secara leluasa karena rental adalah fasilitas publik yang dikelola oleh sang pemilik. Kamu harus siap bergantian main, menunggu giliran, berhati-hati dalam pemakaian, dan bisa jadi rentan kerusakan alat karena banyak orang yang memakai.

  6. 6 Sisihkan Uang Jajan Kamu untuk Ditabung


    Nah, jika tetap ingin main game dengan leluasa, maka (mau gak mau) kita harus menabung. Sisihkanlah uang jajan kita untuk ditabung, kemudian jika telah terkumpul, kita bisa beli konsol/game yang kita inginkan. Yang paling penting dalam melaksanakan tips poin ini adalah: kamu harus siap dan tabah untuk jarang jajan.

    Jika kamu merasa kebingungan atau kesulitan menabung, alangkah baiknya jika kamu mencari tips & trik cara menabung di internet ya. Contoh, ada tips agar menabung hanya uang Rp. 20.000 saja dan disimpan dalam toples bening (The Power of 20 Ribu). Mengapa? karena ketika melihat tabungan tadi, akan menciptakan kesan sendiri. (lihat contoh di gambar atas) Coba deh!

  7. 7 Cari Event Diskon dan Game Gratis


    Sebagai contoh, setiap tahun Steam menyelenggarakan event yang bernama "Steam Summer Sale" yang berlangsung saat musim panas bermula (sekitar bulan Juni-Juli). Steam menawarkan diskon besar-besaran untuk pembelian game di saat event berlangsung. Nah, event seperti ini harus kamu ketahui dan manfaatkan. Siapa tahu game favorit kamu termasuk kedalam game yang sedang di obral. 😀

    Untuk game gratis, kadang kala developer game menyelenggarakan event gratis download di Steam dalam waktu terbatas. Contoh website yang suka memberikan informasi event gratis adalah DISINI.

  8. 8 Ngobrol dengan Orang Tua Kamu


    Setiap orang tua pastilah akan mendengarkan keluh-kesah anaknya. Cobalah untuk mengutarakan keinginan kamu kepada mereka. Siapa tahu mereka bisa memberikan solusi agar keinginan tersebut bisa tercapai, tentunya dengan pertimbangan yang mereka rasa baik untuk kamu.

    Tapi INGAT! kamu harus mengenal dulu tipe orang tua kamu seperti apa dan kamu harus pintar mencari momen yang tepat untuk membahas masalah seperti ini. Karena bisa jadi kalau kamu salah-salah momen, kamu malah akan kena teguran atau marah.

  9. 9 Memberitahu Teman Kamu


    Teman (apalagi sahabat) adalah pilihan terbaik untuk ngobrolin kesukaan kita. Syukur-syukur ternyata teman itu sehobi sama kamu.

    Oke dia sehobi sama kamu; tapi ternyata dia masih main game bajakan. Nah alangkah baiknya kamu ngasih tahu ke dia bahwa perbuatannya itu salah. Bukankah kita harus saling mengingatkan dalam kebaikan?

    Oh ya, selain itu kamu bisa saling sepakat buat patungan. Contoh, patungan beli kaset game PS4, terus nanti bisa main bareng (mabar) deh. Dan ingat! kalau patungan berarti semua orang harus mendapatkan kesenangannya ya.

    Atau bahkan siapa tahu ada teman yang dermawan, bisa traktir game buat kamu. Wah... temen idaman banget itu mah wkwkwk

  10. 10 Ikuti Event/Contest yang Berhadiah Steam Wallet Code


    Nah.. contohnya adalah kita bisa ikut nih, event yang diselenggarakan Gamebrott satu ini: Writing Contest yang mana hadiahnya adalah Steam Wallet Code (SWC). Dengan SWC, kamu bisa membeli game keinginan kita. Syaratnya ya kita harus juara. Hehehe. Nanti kita diberi kode SWC untuk di-redeem, kemudian menjadi saldo dalam Steam Wallet kita. Baru deh kita bisa membeli game.

    Sekian sedikit sharing dari penulis, semoga tips dalam listickel ini bisa bermanfaat dan do'akan biar bisa juara ya 😀


Like it? Share with your friends!

79
79 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
2
WKWK
Love Love
4
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
3
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
syakirarifu

Beginner

0 Comments