16 Tips Membuat Channel Gaming Sukses di Youtube Dari Para Kreator Sukses


75
75 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Joy Therev Sulivan lakukan disini

Menekuni karier sebagai kreator YouTube yang membahas tentang game kini sudah tidak bisa dianggap sebelah mata. Bila kamu berhasil memikat banyak penonton, bukan tidak mungkin kalau kamu bisa menjadikan profesi tersebut sebagai mata pencaharian utama, seperti yang telah dilakukan oleh Ushi asal Surabaya.

Di tengah-tengah menjamurnya channel gaming di YouTube, apa saja hal yang perlu diperhatikan agar bisa bertahan hingga menjadi sukses kelak? Tech in Asia berkesempatan berbincang-bincang dengan beberapa kreator, baik lokal maupun internasional, untuk mengetahui metode di balik kesuksesan mereka. Inilah lima belas tip yang mereka bagikan dan kami rangkum untuk kamu semua!

1. Konten, konten, konten

Great Content Sign | Image

Sumber gambar: Marketing Results

Hanya bermodal kamera smartphone saja, video perdana milik Ushi tentang Brave Frontier berhasil ditonton ribuan kali oleh para gamer di seluruh dunia. Channel Orange Juice Gaming juga dipromosikan langsung oleh Supercell berkat konten tip dan trik untuk Clash Royale mereka yang sangat berkualitas, padahal Yarn selaku pengelola mengaku tidak pernah menghubungi Supercell sebelumnya.

Dari pengalaman tersebut, bisa disimpulkan bahwa konten merupakan hal terpenting dalam membuat video tentang game di YouTube. Bila konten yang kamu buat menarik, para penonton (atau bahkan perusahaan penerbit game) tidak akan terlalu mempermasalahkan hal-hal lainnya, seperti kualitas presentasi dari video yang kamu unggah.

Tentunya tidak akan ada ujungnya bila kamu mengejar kesempurnaan saat memproduksi sebuah konten. Bila konten yang dibuat sudah cukup bagus dan kamu merasa bangga bila video itu diunggah, maka kedua kriteria tersebut sudah cukup untuk awal karier kamu di YouTube.


2. Mulai dari topik yang disuka

Jorge Yao Clash of Clans | Photo

Sumber gambar: Medium

Cara paling mudah untuk membuat konten tentang video game adalah dimulai dari topik yang paling kamu suka dan kuasai. Topik yang diangkat bisa beraneka macam, seperti game yang sering kamu mainkan, seluk-beluk aksesori PC favorit kamu yang telah dipakai sejak lama, atau hal lainnya.

Dengan membicarakan hal yang sangat dipahami, kamu bisa memberikan pandangan mendalam yang mungkin belum diketahui oleh para gamer lain. Kamu juga dapat membagikan pengalaman yang mungkin akan berguna untuk para penonton.


3. Beri penonton alasan untuk kembali

Boy Watch YouTube on Laptop | Photo

Sumber gambar: MeriStation

Ada berbagai alasan bagi seorang penonton untuk menikmati konten di YouTube. Entah untuk sekadar mencari hiburan dengan melihat perilaku kreator yang kocak, mencari review tentang suatu game, atau belajar dari taktik yang dipakai orang lain. Para penonton umumnya mencari suatu nilai tambah yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selalu beri nilai tambah dalam setiap video yang kamu unggah. Kamu bisa menjadi kreator yang menghibur penontonnya dengan komentar yang jenaka, mengajarkan taktik ampuh untuk melewati suatu tantangan, atau memperlihatkan isi suatu IAP yang hendak dibeli para gamer. Dengan selalu memberikan hal yang dicari oleh penonton, kemungkinan mereka untuk kembali lagi akan semakin tinggi.


4. Buat jadi serial

Video game merupakan jenis konten yang cocok untuk dibuat menjadi seri berkelanjutan. Dengan membuatnya menjadi serial, kamu dapat memperoleh banyak hal sekaligus, seperti membatasi durasi video agar tetap optimal, menyajikan konten secara berkelanjutan, serta memberikan penonton sebuah ekspektasi akan tayangan selanjutnya.

Membuat serial bisa dilakukan dengan beragam cara. Kamu bisa membagi-bagi video walkthrough berdurasi hingga mencapai hitungan jam ke dalam episode-episode yang lebih pendek, mengangkat suatu tema dan membuat konten seputar tema tersebut, dan banyak lagi cara lainnya.


5. Unggah secara rutin

Windows Phone YouTube Uploader | Photo

Sumber gambar: Windows Central

Menurut sebuah penelitian dari DEFY Media, generasi muda saat ini memilih internet untuk mencari hiburan dibandingkan dengan saluran media tradisional lainnya. Hal ini berlaku khususnya untuk gamer, karena konten tentang video game yang mereka cari berada di internet, bukan radio atau bahkan televisi.

Gamer akan sering mengecek konten baru yang ada di internet. Dengan demikian, bila kamu secara rutin mengunggah konten baru untuk dinikmati para gamer, mereka akan dengan senang hati menontonnya untuk hiburan masing-masing.

Tidak ada patokan resmi seberapa sering kamu harus mengunggah konten. Kamu bisa menghadirkan konten video secara harian atau bahkan mingguan. Yang pasti, sampaikan kepada para penonton kapan biasanya kamu mengunggah video, dan usahakan untuk selalu menepati jadwal yang kamu buat.


6. Beri tahu apa yang ada di benakmu

Para gamer yang menonton YouTube tidak hanya ingin mencari tahu tentang game yang mereka mainkan, tapi juga tentang pandangan orang lain terhadap game tersebut. Di sinilah kamu bisa menyampaikan pendapat pribadi terhadap berbagai hal di dunia game.

Kamu bisa berpendapat terhadap suatu meta permainan, menyampaikan review terhadap suatu perangkat game, atau bahkan menyatakan pendapatmu terhadap suatu perdebatan hangat di dunia game. Sampaikan pendapatmu sejelas mungkin dengan tetap menghargai perbedaan pendapat maupun hal sensitif lainnya.


7. Jadilah trendsetter

Jumlah channel gaming di YouTube yang ada saat ini sangatlah banyak, sehingga kamu perlu memiliki pola pikir untuk menjadi pencetak tren atau pionir dari suatu hal. Bila kamu bisa membuat sebuah konten orisinal yang belum banyak dibuat oleh para kreator lain, atau dapat menyajikan suatu hal dengan lebih mendalam dan informatif daripada yang lainnya, maka kamu berpeluang menjadi trendsetter.

Cara paling mudah untuk menjadi trendsetter adalah dengan membahas suatu hal baru secepat dan seinformatif mungkin. Ada game baru yang dirilis? Developer menghadirkan update yang mengubah meta permainan? Ada event terbatas yang diberlakukan dalam sebuah game? Usahakan menjadi sekumpulan orang yang paling pertama membahas hal tersebut.

8. Manfaatkan semua saluran media

Social Media Cubes | Photo

Sumber gambar: ECmag

YouTube hanya merupakan salah satu situs web untuk berkreasi dan berinteraksi dengan para pengguna internet di seluruh dunia. Terdapat beragam saluran lain yang dapat kamu manfaatkan, seperti Facebook, Twitter, Google+, Kaskus, Reddit, dan lain sebagainya.

Manfaatkan keragaman saluran komunikasi yang ada di internet. Raih para penonton melalui sebanyak mungkin saluran yang mereka gunakan. Kamu tidak perlu membuat akun di semua saluran media sosial, tetapi pastikan untuk menjangkau komunitas yang kamu tuju lewat saluran yang banyak dipakai target audiens kamu.


9. Ajak penonton untuk share

CollegeHumor You Have Shared YouTube Video | Screenshot

Sumber gambar: CollegeHumor

Segencar apapun promosi yang kamu lakukan, tidak ada yang lebih efektif dari partisipasi para penonton untuk membagikan konten yang kamu buat. Efek domino dari para penonton yang membagikan video milikmu adalah reaksi yang perlu kamu kejar sehingga membuat konten menjadi viral.

Hampir di semua video yang sukses menjadi viral, ada satu kesamaan yang dilakukan oleh para kreatornya, yaitu ajakan kepada para penonton untuk melakukan share. Dengan senantiasa mengingatkan penonton untuk membagi video yang kamu buat, mereka akan memiliki kesadaran untuk berbagi kepada teman-temannya bila benar-benar menikmati konten yang kamu sajikan.


10. Dengarkan permintaan penonton

Cheering on Streaming Video | Photo

Sumber gambar: IPGlab

Penonton yang meluangkan waktu untuk menulis permintaan di kolom komentar video memiliki kecenderungan akan kembali guna menonton video lain milikmu. Permintaan ini bisa menjadi salah satu indikasi apa yang sebenarnya dicari oleh para penonton lainnya, karena siapa tahu sebenarnya banyak penonton lain yang memiliki pemikiran sama dengan mereka.

Tidak ada salahnya kamu memenuhi permintaan mereka untuk membahas topik tertentu, atau bahkan melakukan hal di luar kebiasaanmu sendiri demi menghibur mereka. Jadikan konten yang berasal dari permintaan penonton sebagai selingan dari konten rutin lainnya yang kamu unggah di channel YouTube.


11. Moderasi konten menarik

Selain channel yang kamu miliki, para gamer yang menonton YouTube juga tertarik dengan konten video dari channel lain yang sama-sama menyajikan topik menarik. Daripada membiarkan mereka mencari sendiri, kamu bisa memberi tahu tentang video menarik apa lagi yang ada di YouTube.

Manfaatkan fitur Like yang ada di YouTube untuk memberi tahu subscriber channel milikmu tentang konten menarik lainnya. Kamu bahkan bisa membuat video yang merekomendasikan sederet konten, channel, ataupun beragam hal menarik lain yang kamu pikir menarik untuk diketahui para penonton.

Dengan merekomendasikan konten lain, para penonton dapat berpaling padamu sebagai pihak yang memberikan referensi berkualitas. Akan tetapi jangan lupa, pastikan bahwa konten orisinal yang kamu buat memiliki keunikan tersendiri yang tetap membuat para penonton setia kepada channel milikmu.


12. Kolaborasi antar sesama kreator

Mengingat banyaknya jumlah channel gaming di YouTube, setiap kreator berusaha menarik para penonton dengan konten masing-masing. Bisa jadi konten yang mereka hadirkan akan mirip dengan yang kamu buat. Daripada bersaing dengan kreator lain untuk memikat sebanyak mungkin penonton, akan lebih baik bila kamu bisa bekerja sama guna membuat suatu konten. Kolaborasi semacam ini menghadirkan banyak manfaat bagi para pihak yang terlibat.

Dengan kolaborasi, kamu dan partner kreator dapat mengekspos channel masing-masing ke sekumpulan penonton milik satu sama lain, yang bisa jadi memiliki preferensi mirip namun belum mengetahui keberadaan channel milikmu. Video di channel milikmu juga menjadi terasa segar karena menghadirkan wajah baru yang bisa dilihat oleh para penonton.


13. Kontak penerbit dan media

Sending email on laptop | Photo

Sumber gambar: Weebly

Beragam media, dan bahkan para penerbit game, selalu mencari hal-hal menarik untuk dibagikan kepada para pembaca maupun follower mereka. Bila kamu telah mengunggah suatu konten yang berkualitas tinggi dan akan menarik perhatian para gamer, tidak ada salahnya untuk mengabarkan kreasi yang telah kamu buat kepada mereka.

Kamu dapat mengontak mereka melalui beragam cara. Bisa secara kasual dengan menyebutkan akun resmi milik media atau penerbit game di situs media sosial, atau secara semi formal dengan mengirimkan sebuah email. Yang perlu diingat, jangan menghujani mereka dengan mention atau email yang berulang-ulang. Bisa-bisa kamu malah diblokir karena dianggap spam.


14. Manfaatkan YouTube Analytics

Graph Chart Analytics | Artwork

Sumber gambar: LCN

Kamu dapat memanfaatkan fitur YouTube Analytics untuk mengenal penonton lebih jauh serta mengukur performa channel milikmu. Beragam parameter telah tersedia di sini untuk kamu cermati, seperti demografi penonton, negara asal mereka, dari mana mereka mengetahui video milikmu, durasi menonton video, dan lainnya.

Dengan analisis yang tepat, kamu bisa mengetahui preferensi para penonton, jenis video apa yang mereka sukai, serta beragam hal lainnya yang berguna untuk pengembangan channel milikmu ke depannya. Berbekal data ini, kamu bisa merencanakan konten-konten kamu selanjutnya yang kemungkinan juga disukai oleh mereka.


15. Selalu mau belajar

Women Learning in Front of Laptop | Photo

Sumber gambar: Computer Majors

Tidak ada elemen pasti yang akan menjamin channel milikmu akan segera sukses. Untuk itu, kamu harus selalu mau belajar banyak hal, menerapkan metode baru, menerima kritik, serta memanfaatkan segala peluang yang ada untuk membuat channel milikmu terus berkembang.

Beragam hal bisa kamu lakukan untuk belajar. Kamu bisa memanfaatkan situs YouTube Creator Academy yang telah dibuat oleh YouTube sendiri, mengikuti acara YouTube Creators Day yang sesekali diadakan oleh Google, atau sekadar berkumpul bersama kreator lain dan bertukar informasi mengenai metode-metode yang pernah dilakukan. Dengan memiliki banyak ilmu, proses pengembangan channel tentunya akan makin terarah.

16. Do it for fun

Man Woman Play Video Game for Fun | Photo

Sumber gambar: Computer Majors

Salah satu tip yang selalu saya dengar dari sebagian besar kreator YouTube, tidak peduli apa jenis konten yang diunggah, adalah mereka pada awalnya hanya ingin sekadar bersenang-senang dan berbagi. Niat menjadi kreator YouTube profesional menjadi urutan kesekian yang tidak masuk dalam prioritas. Seiring dengan semakin besarnya channel yang dikelola, barulah mereka memutuskan untuk menekuni karier tersebut dengan serius.

Jangan pantang menyerah, tetap rajin mengunggah konten, dan jadikan aktivitas itu sebagai selingan di antara rutinitas harian. Dengan tetap semangat dan melakukannya penuh suka cita, bukan tidak mungkin bila para gamer lainnya akan mengapresiasi passion yang kamu miliki dan menjadi penonton setia.


Itulah kelima belas tip dari para kreator di YouTube yang dapat membantu channel gaming YouTube milikmu berkembang. Apa kamu punya tip lain yang dapat berguna? Silakan bagikan lewat kolom komentar, ya!


Like it? Share with your friends!

75
75 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !

0 Comments