4 Cara Mudah Rekam Audio Internal Android Tanpa Root. Support Android 7 keatas.


80
80 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Ahmad Rafi lakukan disini

Halo semua selamat pagi, siang, sore, malam, subuh dimana pun kalian berada apa kabar? Semoga sehat selalu dan selalu dimudahkan dalam menjalani hidup Aamiin.

Menghasilkan video Youtube yang berkualitas bagus merupakan suatu keharusan bagi creator, apalagi bagi creator konten gaming agar nyaman di tonton dan dapat menghibur serta mendapat subscibers atau pelanggan. Tentunya salah satu dari kualitas video yang bagus itu adalah kualitas audio nya yang jernih selain resolusi video nya.

Bagi Youtuber Gaming merekam audio internal atau suara gamenya merupakan suatu poin penting dalam video yang akan dibuat, karena dengan begitu penonton akan merasakan juga keseruan dalam game yang dimainkan oleh si pembuat video itu. Nah bagi kalian yang bingung bagaimana cara Youtubers gaming yang bisa merekam audio Internal nya itu sangatlah mudah jawabannya. Mereka merekam game mereka dengan PC atau Komputer sehingga suara internal bisa direkam dengan mudah tanpa memandang versi windows.

Nah berbeda dengan Android. Mulai dari versi Android 7 dan seterusnya, Android telah “melarang” untuk merekam audio internal, alasannya saya kurang tau. Dan bagi kalian yang ingin mencoba menjadi Youtuber gaming dengan modal Android saja, disini saya akan memberikan tutorial cara merekam audio internal tanpa root. Sebenarnnya ada cara yang menggunakan root tapi tidak saya sarankan karena itu berarti kalian harus nge-root hp kalian dan itu beresiko.

Jika Android kalian masih versi 6 atau Marshmallow abaikan cara ini. Karena cara ini hanya untuk versi Android 7/Nougat keatas.

  1. Menggunakan Smartphone Xiaomi

    Mengapa harus Xiaomi? Xiaomi memiliki aplikasi perekam layar bawaan yang dapat merekam suara internal dengan sangat jelas dan jernih. Untuk mengaktifkan fitur ini pastikan Xiaomi kalian menggunakan MIUI versi 9.6 keatas. Kalau masih dibawah nya rasanya fitur ini masih belum ada. Jika kalian ingin menggunakan cara ini kalian harus menyiapkan minimal Xiaomi Redmi Note Series seperti Note 5, Note 4, dsb agar pilihan kualitas nya lebih banyak dan bagus. Dan cara ini hanya untuk merekam audio internal nya saja, alias tidak bisa merekam suara kalian dan audio internal bersamaan. Jika Smartphone kalian bukan Xiaomi, lanjut ke nomor 2.

  2. Menggunakan Aplikasi Youtube Gaming

    What? Youtube Gaming? Memang bisa? Kalau ga bisa ga bakal saya post cara ini wkwkwk. Walau pun ini aplikasi untuk nonton video video khusus gaming saja, Youtube Gaming menyediakan fitur untuk streaming dan merekam layar (hanya khusus game). Dengan pakai fitur merekam layar game dari Youtube Gaming secara otomatis suara kalian dan audio internal nya akan terekam. Jadi cocok laah aplikasi ini buat yang ga suka ribet ingin recording.

  3. Menggunakan Smartphone Samsung atau LG

    Smartphone Samsung dan LG merupakan merk hp yang sangat support untuk rekam audio internal walau versi Android nya sudah 7 keatas. Bagaimana cara mengaktifkannya? Cara nya kalian tinggal download aplikasi Mobizen khusus untuk kedua hp ini dan aktifkan rekam audio dan pilih yang internal atau dalam. Saya juga masih heran kenapa hanya Samsung dan LG yang support untuk rekam audio internal pada Mobizen. Dan perlu diketahui bahwa cara ini tidak bisa merekam suara kalian dan audio internal secara bersamaan sama seperti cara yang nomor 1.

  4. Menggunakan Hardware dan Software PC

    Terakhir yaitu dengan beberapa Hardware, yaitu Laptop, Speaker aktif, Earphone/Headset/Headphone, kabel Splitter atau kabel buat audio cabang dua, dan Smartphone Android kalian.
    Kabel SplitterCara nya sebagai berikut:
    1. Siapkan aplikasi Audacity di Laptop.
    2. Pasang kabel Splitter pada Smartphone kalian .
    3. Colokan Earphone/Headset/Headphone kalian ke kabel Splitter.
    4. Colokan Speaker aktif ke lubang kabel Splitter yang satu nya. Pastikan speaker sudah aktif.
    5. Cari lubang mic pada laptop. Biasa nya lubang mic terdapat tidak jauh dari webcam laptop.
    6. Jika sudah ketemu, dekatkan speaker ke mic laptop agar hasilnya lebih bagus dan jernih. Jika tidak ingin ada noise, kalian bisa mengakalinya dengan menambahkan busa pada mic laptop. Jadi suara yang masuk akan tersaring.
    7. Pada Smartphone, buka aplikasi prekam layar dan aktifkan opsi rekam suara.
    8. Klik tombol untuk merekam pada Audacity.
    9. Dan mulai lah merekam di Smartphone kalian. Maka suara kalian akan terekam melalui Earphone/Headset/Headphone yang kalian pakai, serta audio internal dari Smartphone kalian akan terekam ke laptop melalui Speaker dan mic dari laptop.
    10. Jika sudah selesai matikan kedua perekam tadi.
    11. Gabungkan video kalian. Untuk Android gunakan Kinemaster. Dan untuk PC kalian bisa gunakan Filmora, Sony Vegas, Premier Pro dsb.
    12. Selesai.

Oke itu dia diatas sedikit tutorial dari saya tentang cara rekam audio internal android tanpa root. Selamat mencoba dan terimakasih sudah membaca. Mohon maaf jika ada kesalahan dan tinggalkan komentar jika perlu 😀

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

80
80 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
2
GEMES
SEDIH SEDIH
1
SEDIH
WKWK WKWK
7
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Teruslah berkarya.

#budayakanmembaca

0 Comments