5 Game Adaptasi dari Tragedi Dunia Nyata yang Mungkin Kalian Tidak Tahu


73
73 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Mr.Tuifm lakukan disini

Kisah nyata dan sejarah seringkali menginspirasi beberapa developer untuk membuat game berdasarkan peristiwa-peristiwa nyata. Instalasi awal dari game seperti CoD dan Assasin’s Creed menjadi contoh sukses dari penggambaran sejarah masa lalu umat manusia. Tahukah anda kalau ada beberapa developer yang membuat gamenya berdasarkan tragedi di dunia nyata? Tragedi ini biasanya viral dan masih mengganjal pikiran banyak orang, entah karena dampak emosinya atau keanehannya. Berikut adalah beberapa game yang dibuat spesifik berdasarkan tragedi di dunia nyata.


5. Fatal Frame

Fatal Frame merupakan salah satu masterpiece game PS2 yang underrated. Anda diminta mencari saudara anda yang hilang dalam Himuro Mansion, anda juga harus melindungi diri dari arwah jahat dengan kamera yang spesifik didesain untuk menghalau arwah-arwah jahat. Himuro Mansion sendiri terkenal sebagai tempat pembantaian dan bunuh diri, banyak orang yang hilang saat memberanikan diri menjelajah mansion tersebut. Yang lebih mencengangkan, disana kerap dilakukan ‘ritual pencekikan’ (lebih ke mutilasi sih sebenarnya) untuk menyegel roh jahat disana, Fatal Frame pun ‘menunjukkan’ ritual satanis itu dengan baik.


4. L.A Noire

Merupakan game detektif yang autentik, anda diminta untuk menyelesaikan berbagai macam tindak kriminal. Ada salah satu misi yang ditujukan untuk tragedi pembunuhan terkenal di LA pada ’47: Black Dahlia Murderer. Pembunuh sadis ini meninggalkan korbannya dalam keadaan terpotong rapi layaknya operasi dan ‘mengeringkan’ darah korbannya. Sampai sekarang pembunuhnya belum ditemukan dan kasus belum selesai.


3. That Dragon, Cancer

Saya pribadi kurang menyukai game ini, bukan karena jelek, grafisnya bagus dan artristik, sound effectnya top notch, namun story nya yang terlampau pilu dan menyedihkan. Game ini menceritakan perjuangan anak bernama Joel Green melawan kanker hingga meninggal pada usia dini. Ceritanya pun semakin kuat karena diambil dari beragam perspektif, baik dari Joel maupun orang tua dari Joel sendiri, rest in peace kid.


2. Kholat

Berapa banyak dari anda yang tahu tentang ‘Dyatlov Pass Incident’? Kematian misterius dari 9 pendaki dalam badai salju dalam keadaan setengah telanjang, apa yang aneh? Banyak yang menduga mereka mati karena longsor, tapi longsor tidak mungkin menghilangkan MATA dan LIDAH bukan??. Dalam Kholat, anda berusaha mereka ulang kejadian dari 9 pendaki ini untuk menguak misterinya. Game nya unik karena berbasis semi open world, tidak seperti Outlast dan Amnesia, anda bebas memulai penjelajahan dari mana saja. Tidak hanya kerasnya alam yang menjadi tantangan, makhluk ‘penjaga gunung’ pun tidak menyukai kehadiran anda.


1. This War of Mine

Tahun 1992-96, kota Sarajevo mengalami pengepungan, warga yang tidak sempat melakukan evakuasi terjebak dalam perang panjang antara militan dan tentara nasional. TWOM mengubah perspektif genre perang menjadi sesuatu yang lebih emosional. Anda berperan sebagai warga yang terjebak dan harus bertahan hidup sampai gencatan senjata dideklarasikan. Tidak hanya makanan dan minuman yang harus anda cari, keamanan pun harus anda cari karena anda berhadapan dengan militan bengis dan (beberapa)tentara korup yang suka memeras.


Setiap tragedi menjadi peringatan bagi yang tidak mengalami, dan menjadi pelajaran bagi yang mengalami.


Like it? Share with your friends!

73
73 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
1
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
4
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
Mr.Tuifm

Grand Master

Siap menyajikan listicle unik dan menarik

0 Comments