5 Game Dengan Mekanisme Kematian Yang Unik dan Lain Daripada Yang Lain


74
74 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Bourbon lakukan disini

Kematian adalah bagian yang tak terpisahkan dari segala hal, termasuk video game. Permainan dimulai, player mati, player respawn lalu kembali ke awal level. Semua itu berulang terus sampai gameover atau bahkan sampai player merasa bosan. Itulah mekanisme kematian yang sudah diterapkan sejak dulu di hampir sebagian besar judul game di pasaran.

Tapi ternyata, ada juga lho game-game yang menerapkan mekanisme kematian yang unik dan inovatif. Mekanisme inilah yang justru membuat game tersebut mampu meninggalkan sejuta kesan dan akhirnya terkenal di kalangan gamers. Penasaran sama judul-judul game tersebut? Yuk kita simak sama-sama.

 

  1. 1 Rogue’s Legacy


    Pernah dengar istilah “kematian hanya sebuah awal”? Nah, apabila kamu mati di game ini, kamu akan dilahirkan kembali menjadi karakter baru. Karakter tersebut adalah keturunan langsung dari tokoh yang baru saja mati. Semua progress yang sudah player dapatkan akan hilang dan map akan di-generate ulang secara random. Yang menarik adalah si karakter baru ini akan selalu memiliki stat dan atribut yang lebih kuat dari karakter sebelumnya. Melalui game Rogue’s Legacy, player akan dihantui rasa takut akan kematian tetapi juga selalu didorong untuk tetap melanjutkan game dengan karakter yang semakin kuat dari sebelumnya.
  2. 2 The Walking Dead


    Dengan mengandalkan alur cerita dan plot karakter yang sangat mendalam, Walking Dead menggunakan mekanisme kematian sebagai ‘harga mahal’ yang harus dibayar para playernya. Kita akan sering sekali dihadapkan pada pilihan sulit dimana nyawa adalah taruhannya. Semuanya ini akan terasa semakin berat apabila player sudah terlanjur ‘terbawa’ oleh jalan cerita. Akhirnya, setiap pilihan yang kita temui akan menjadi sangat amat personal buat kita. Siapa yang akan kamu selamatkan? Siapa yang akan kamu korbankan demi menyelamatkan karakter favoritmu? Semua pilihan ada di tanganmu. Tapi ingat brott, jangan baper yaa.
  3. 3 Middle-earth: Shadow of Mordor


    Ketika kita bermain sebuah game, saat kita gagal mengalahkan sesuatu, kita mati lalu restart. Proses ini diulang terus sampai akhirnya si musuh mati. Tapi pernah ngga sih kepikiran gimana jadinya kalau kematian karakter kita mempengaruhi status politik di game tersebut? Misalnya nih, kamu mati dibunuh segerombolan fraksi Ogre, tanpa disadari fraksi mereka akan bertambah kuat. Teritori akan berpindah tangan dan bisa jadi fraksi aliansimu beralih menjadi pengikutnya. Haruskah kamu mati di tangan seorang commander Uruk, atau mungkin di tangan pemberontak lainnya? Semuanya memiliki imbas yang berbeda-beda.
  4. 4 Chronicles of Elyria


    Meskipun game ini masih dalam tahap development, namun hype-nya sendiri sudah bisa dirasakan di kalangan pecinta MMORPG. Di dunia Chronicles of Elyria, karakter kalian memiliki usia layaknya manusia pada umumnya. Karakter kamu akan bertambah tua dan seiring berjalannya waktu, meninggal. Apabila player mati sebelum waktunya (bisa karena dibunuh monster atau player lain), karakter akan masuk kedalam state yang biasa kita kenal dengan sebutan ‘mati suri’. Yup, tubuhmu akan terpisah dengan arwah dan apabila arwahmu tidak berhasil menemukan jalan kembali, karaktermu akan mati permanen. Unik kan? Mari kita tunggu tanggal mainnya.
  5. 5 Dark Souls


    Kematian di Dark Souls hanya bisa dijelaskan dengan dua kata: lumrah dan brutal. Dunianya sendiri bisa dibilang ‘sudah mati’ dan tugas player disini bukan menjadi pahlawan karena memang ngga ada lagi yang bisa diselamatkan. Tugas kamu disini adalah bertahan hidup sampai akhir! Yap, siapa yang ngga kenal dengan game satu ini. Ketika player mati di Dark Souls, player akan kehilangan semua soul yang telah mereka kumpulkan. Kematian di game ini bisa dibilang brutal, tapi juga adil. Kenapa? Karena setiap kematian adalah buah dari kesalahan player, tapi juga semua soul yang hilang bisa didapatkan kembali di lokasi player tersebut mati. Inilah yang membuat dilema, apakah kamu harus cepat-cepat kembali ke lokasi kematian, atau mau perlahan-tapi-pasti biar ngga mati lagi?

Like it? Share with your friends!

74
74 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
11
WKWK
Love Love
2
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
6
KEREN
WTF ! WTF !
2
WTF !
Bourbon

Master