5 Hal Imbalance Pada Game Auto Chess


37
37 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang hattalasalwaka01 lakukan disini

Imbalance atau sering disingkat imba merupakan ketidak seimbangan  yang sering terjadi dalam game. Karena hal tersebut juga dianggap ketidakadilan dalam sistem permainan, maka biasanya hal-hal imba sering tidak disenangi para gamer. Apalagi permainan yang melibatkan banyak pemain seperti game online.

Salah Satu game yang saat ini sedang booming adalah auto chess kaya studio drodo. Game ini juga dianggap memiliki sejumlah imbalance yang dianggap tidak adil bagi sebagian pemain. Adapun beberapa hal yang dianggap imba sebagai berikut:


1. Race goblin dan class mech

Race goblin dan class mech merupakan satu-satunya bidak yang memiliki 4 bidak dengan race dan class yang sama antara lain sky breaker, heaven bomber, ripper dan devastator. Dianggap tidak seimbang karena tidak ada ras dan class yang seperti mereka.

Pada permainan auto chess fantasy mode pada season 1 imba semakin terlihat. Dimana permainan tersebut hanya berubah berdasarkan class dan race. Sehingga class goblin dan race mech hanya berubah diantara 4 bidak diatas ditambah bidak dari race dan class yang sama. Tidak heran bidak ini memiliki resiko sangat kecil untuk berubah ke arah tidak sesuainya sinergi.


2. Item

Item dalam game auto chess juga beberapa dianggap memberikan sistem imbalance. Frantic mask yang menguntungkan bidak pasif. Teleport dagger yang memberikan kemampuan assassin. Scythe of vyse yang seolah memberikan tambahan kemampuan dari defector yang merubah objek jadi penguin, seolah memiliki satu bidak tambahan.


3. Streak

Streak dapat diartikan sebagai segaris atau beruntun. Dalam game auto chess terdapat sistem menang beruntun atau win streak dan kalah beruntun atau lose streak, dimana keduanya sama-sama mendapatkan gold tambahan.

Letak ketidakadilannya adalah pada mereka yang win streak yang tidak menanggung kerugian. sedangkan lose streak harus memperoleh penguranga hp sebagai hasil kekalahan. Bahkan, mereka yang kalah dan menang secara bergantian malah tidak mendapatkan gold tambahan sama sekali.


4. interest

Interest atau bunga merupakan 10% gold yang diperoleh setelah menyimpan gold dalam jumlah tertentu. 10 gold disimpan mendapatkan 1 gold dan berlaku kelipatannya. Hal ini dirasa tidak seimbang karena mereka yang menyimpan mendapatkan keuntungan lebih padahal jumlah penggunaanya sama.


5. Bidak

Beberapa bidak tertentu dianggap terlalu imba. Bidak divinity yang dianggap terlalu kuat karena memberikan pengurangan cooldown, walaupun pada akhirnya mereka mendapatkan nerf, akan tetapi masih tetap cukup kuat. Bidak-bidak pasif yang memperoleh keuntungan sangat besar dari frantik mask.


Pemaparan diatas merupakan sudut pandang sebagai pengguna. Tentu saja pandangan tersebut berbeda dengan devoloper yang mengembangkan game tersebut. Meskipun begitu, developer biasanya akan memberikan perubahan fungsi atau buff dan nerf.


Like it? Share with your friends!

37
37 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !

0 Comments