5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sewaktu Bermain Game Online MMORPG


69
69 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Blade and Soul

Massively Multiplayer Online Role-Playing Game, atau yang dikenal dengan sebutan mmorpg, merupakan salah satu genre game dengan populasi terbanyak di dunia. Dimulai dari pria, wanita, orang tua, maupun anak muda, tak sedikit dari mereka menyukai genre game ini. Bahkan di Indonesia sendiri, mmorpg terus berkembang dengan hadirnya puluhan judul game baru setiap tahunnya.

Advertisements

Pada kesempatan ini, gue ingin berbagi beberapa tips menarik untuk mempermudah anda semua bermain mmorpg. Beberapa tips berikut merupakan asli pengalaman gue sendiri ketika bermain mmorpg dulunya (sekarang juga masih main). Langsung disimak ya!

1. Tentukan Pilihan Game yang Tepat

Lineage

Poin pertama ini adalah yang terpenting, jika kamu salah memilih, maka kamu tidak akan pernah bisa menikmati game yang kamu mainkan. Selalu ingat untuk memilih game sesuai keinginan hatimu, jangan ngikutin teman maupun rekomendasi dari orang lain. Jadikan rekomendasi temanmu tersebut sebagai pilihan, dan tetap konsisten dengan apa kamu yang inginkan. Jangan mentang-mentang kebanyakan temanmu bermain game A, maka kamu juga ikutan memainkannya. Tidak perlu merasa takut ngga punya teman, percayalah, jika kamu enjoy, cepat ataupun lambat, teman baru akan datang.

2. Ketahui Apa Tujuan Dari Bermain

Final Fantasy XIV

Yang kedua ini juga lumayan penting, apa tujuan kamu bermain? Mau cari duit, mau tenar, pingin dapat teman baru, atau sekedar iseng menghabiskan waktu saja? Sebagian besar teman yang saya kenal di game, mereka menjawabnya dengan ingin menghabiskan waktu dan mencari teman baru. Ada juga yang bertujuan untuk mencari uang tambahan dari menjual item-in-game. Ada juga yang ingin eksis, baik menonjolkan kemampuan karakternya, ataupun turut ikut ke dalam politik antar guild di dalam game. Bahkan, ada juga yang ingin nyari pacar.

3. Buat Karakter Sebaik Mungkin

Black Desert

Jangan pernah menganggap sepele sebuah nickname, buatlah nickname yang pantas dan gampang dibaca. Tunjukkan kreatifitasmu untuk membuat sebuah nickname ala dirimu sendiri, jangan mengambil nickname dari nama tokoh anime maupun manga. Percaya saya, itu sangat pasaran. Namun, it’s ok kok bagi kamu yang tetap ingin nickname seperti itu. Jika game yang kamu mainkan mendukung kostumisasi karakter, aturlah penampilan karaktermu sebaik mungkin. Penampilan karakter yang menarik juga bisa mengurangi kejenuhan ketika bermain mmorpg.

Ada yang bilang, terutama kaum cowok, “Untuk apa maenin karakter cowo, mending yang cewe saja biar bisa nyuci mata.” Benar sekali, melihat karakter dengan gender wanita di game bisa menambah semangat dan tingkat konsentrasi (hehe) yang tinggi. Terlebih lagi jika karakternya cantik dan seksi seperti yang ada di game Blade & Soul maupun Scarlet Blade. Akan tetapi, menjadi seorang Hode juga memiliki banyak kekurangan lho.

Contohnya nih, kamu ketemu cewek di game dan kalian pun berteman. Tidak lama setelah itu, dia pun memberikan Facebooknya kepadamu, dari sinilah kamu sadar jika ternyata dia adalah seorang gadis cantik. Kamu berencana untuk menikahinya di game, namun karena karaktermu adalah cewek, plus cewek itu sedang ngebet mau nikah, maka impian tersebut pun terbuang jauh. Akhirnya, doi digebet deh sama cowok lain. Ngga mau, kan? Maka, saran dari saya, pilihlah gender karakter sesuai dengan gender anda di dunia nyata.

4. Bergabung dengan Guild, maupun Komunitas

Guild Wars 2

Poin keempat ini adalah kegiatan yang selalu saya lakukan pada saat awal eksis di sebuah game. Banyak sekali manfaat positif yang bisa didapatkan ketika kamu bergabung dengan sebuah guild. Yang pertama adalah, mudahnya menjalankan quest karena dibantu oleh rekan-rekan disana. Selain itu, dengan mempunyai guild, kita tidak akan merasa cepat bosan, apalagi anggotanya lumayan banyak dan semuanya suka chatting.

Guild juga bisa menjadi ajang bagi kamu yang menyukai fitur perang atau PvP antar guild. Semuanya akan semakin menarik dan seru, apabila kamu sudah mulai akrab dengan anggota guild yang kamu tempati. Apalagi, jika guild tersebut aktif dan sering mengadakan gathering, yang tadinya hanya berteman di gamepun sekarang sudah menjadi teman di dunia nyata.

5. Bermainlah Sebagai Seorang Gamer Sejati dan Sehat

Tree of Savior

Pertama, mengapa sebagai gamer sejati? Karena seorang gamer sejati, ngga akan pernah ngecheat maupun menggunakan cara curang untuk mencapai dewa. Mainlah game anda dengan jujur, tidak perlu khawatir akan ketinggalan level. Pahami dan pelajari sistem dari game tersebut, maka otomatis naik ke level tinggi bukanlah sebuah mimpi lagi. Jadi dewa gampang kok, jangan dibikin susah!

Yang terakhir, jadilah seorang gamer yang sehat, dalam artian menjaga dengan benar pola makan anda. Jangan sampai ngegame menghambat jam makan anda. Ini serius sekali, terutama untuk mereka yang doyan nginep di warnet, jarang makan dan juga jarang mandi. Dan, buat kamu yang masih sekolah maupun kuliah, aturlah jam mainmu dan jangan biarkan kuliah maupun sekolahmu terbengkalai hanya karena game.


Like it? Share with your friends!

69
69 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
6
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
4
KEREN
WTF ! WTF !
3
WTF !
Tobicat

Elite

Just a cat, not human.

0 Comments