7 CS:GO Console Command yang Perlu Kamu Ketahui


46
46 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Abel Kaban lakukan disini

Apa itu Console?

Dilansir dari en.wikipedia.org, Konsol adalah antarmuka baris perintah di mana pengaturan dan variabel permainan komputer pribadi dapat diedit saat game sedang berjalan. Konsol juga biasanya menampilkan catatan peringatan, kesalahan, dan pesan lain yang dihasilkan selama eksekusi program. Biasanya dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dan muncul di atas tampilan permainan normal. Singkatnya, console itu berguna untuk membantu kita memasukkan perintah secara lebih cepat, Contohnya : biasanya untuk mengubah ukuran mini-map/radar kita harus mengakses menu dan mengubah ukuran radar sesuai yang diinginkan sedangkan jika memakai konsol hanya perlu mengetik perintah untuk mengubah ukuran radar sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, menarik bukan? Untuk mengaktifkan console di CS:GO dapat dengan mengakses :

Setting => Game Setting => Enable Developer Console(~) => pilih Yes

Nah untuk perintah consolenya sendiri bisa langsung di cekidot…

Radar Scaling

Seperti contoh yang saya utarakan sebelumnya diatas, perintah Radar Scaling ini berfungsi untuk membantukan memasukan perintah pengaturan mini-map/radar lebih cepat daripada mengakses menu yang fungsinya disini adalah membuat radar menjadi kelihatan lebih besar dan membantu agar melihat informasi posisi dari  musuh atau teman lebih jelas. Perintah yang digunakan disini adalah :

cl_radar_scale 0.4 

Defaultnya adalah 0.5 (seperti gambar dibawah) tapi menurut saya radarnya jadi keliatan terlalu rapat  

Disini saya menyarankan untuk menggantinya menjadi 0.4 atau 0.3 sehingga radar keliatan lebih luas dan informasi dapat semakin banyak diketahui.

Brightness Monitor

Susah melihat tempat-tempat gelap di CS:GO, contohnya seperti Connector pada map Overpass? Tenang ada perintah console yang dapat kamu gunakan untuk membuat layar kamu kelihatan lebih cerah sehingga kamu dapat melihat lebih jelas, cukup dengan mengetikkan perintah :

mat_monitorgamma 1.6

1.6 adalah nilai tingkat kecerahan paling maksimal

Sedangkan 2.6  untuk kecerahan paling minimum/menjadi gelap.

Net Graph

Perintah ini berfungsi menampilkan menu berisikan informasi yang cukup penting tentang CS:GO, diantaranya adalah Ping dan Fps. Apa sih itu Ping dan Fps? Nah gampangannya, Ping itu adalah informasi yang menandakan apakah internet kamu sedang stabil atau tidak, sedangkan Fps itu adalah informasi seberapa “Smooth” pergerakan karakter kamu  dengan lingkungannya didalam game. Untuk mengakses Net Graph dengan default position, masukkan perintah ke console :

net_graph 1

Dan akan muncul tampilan default seperti ini :

Fps Max

Nah perintah yang satu ini membantu untuk membuat Fps kita menjadi max, perintah ini sangat berpengaruh menurut saya. Sebelum menggunakan command ini, Fps saya hanya stack di 90-100 sekarang bisa 120-150 Fps. Nah untuk commandnya bisa menggunakan :

fps_max 999

999 sendiri digunakan sebagai angka yang paling maksimal, namun fps kamu akan disesuaikan dengan max fps yang dapat dijangkau PC/laptop kamu.

Voice Scale

Sering mendapat teammate yang toxic ke tulang ? Atau temen yang sering pasang musik sembarangan tapi kamu masih butuh info game darinya? Tenang CS:GO sudah menyediakan fungsi Voice Scale untuk bisa mengatur tingkat suara in-game dari teammate kamu dengan ukuran yang disukai. Untuk mengaksesnya dapat dengan perintah :

voice_scale 0.3

ukuran yang bisa kamu gunakan mulai dari 0.1-1

Automatic Weapon Switch

Pernah mengalami saat sedang dalam posisi ingin mengambil senjata namun tiba-tiba musuh datang dan kamu masih dalam keadaan switch senjata sehingga akhirnya mati sia-sia karena tidak bisa menembakan senjata?  CS:GO sudah memberikan opsi untuk mengatasi masalah tersebut, dimana nantinya saat kamu mengambil senjata, maka senjata yang diambil tidak akan langsung di switch tetapi kamu tetap menggunakan senjata yang kamu pegang. Contohnya : Kamu memegang Deagle, lalu kamu ingin mengambil AK-47, maka dengan perintah ini, senjata kamu tidak akan langsung di switch ke AK-47 tapi kamu tetap  memegang Deagle kamu, sehingga jika musuh datang maka kamu tetap masih bisa melakukan hit kepada musuh yang datang tiba-tiba itu. Perintahnya pada console  adalah :

cl_autowepswitch 0

defaultnya seharusnya adalah 1.

Saat mengambil senjata, senjata yang dipakai tidak akan langsung di switch:

Crosshair, View Model, Configuration

Nah, untuk perintah yang terakhir ini buat kamu yang senang nonton para pro player, dan ingin main dengan setinggan ala-ala Pro-Player. Caranya gampang, kamu tinggal search Crosshair, View Model, Config mereka di internet. Kamu dapat dengan mudah menemukan situs-situs yang menyediakan hal tersebut (disini situs yang saya gunakan adalah prosettings.net, banyak juga situs lainnya seperti csgocrosshairs.com, dsb). Di prosetting.net kamu bisa mencari pemain kesukaan kamu terlebih dahulu di pro list seperti berikut :

Lalu setelah menemukan player kesukaan kamu, maka akan ditampilkan settingan dari player tersebut

Setelah itu tinggal copy perintah Crosshair, Viewmodel maupun Confignya ke console kamu, dan Prikitiew~, sekarang kamu sudah bisa beraksi dengan settingan pemain pro kesukaanmu.

Gimana menurut agan-agan artikel command console ini ? Agan-agan boleh langsung komen dibawah tentang postingan ini. Sekian dulu tentang command consolenya, semoga setelah membaca command console ini agan-agan menjadi player yang lebih baik dan tidak toxic tentunya (Ingat!!! Jangan membuat Indonesia terkenal karena ke-“toxic”an playernya).

Always think positive, see you in the next post….
-it’s me


Like it? Share with your friends!

46
46 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
1
GEMES
SEDIH SEDIH
2
SEDIH
WKWK WKWK
8
WKWK
Love Love
4
Love
OMG ! OMG !
2
OMG !
KEREN KEREN
3
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Abel Kaban

Grand Master

Well, i like to do some things the old-fashioned way -it's me

------------------------------- God Bless You -------------------------------

0 Comments