7 Game Ini Wajib Anda Mainkan dengan Headphone


48
48 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Rafi 3L lakukan disini

Terkadang, memainkan game dengan dengan output suara dari home theater atau subwoofer memang terasa glorious. Namun tahukah anda ada beberapa game yang meskipun tidak dispesifikkan oleh sang developer, akan terasa lebih pas bila dimainkan menggunakan headphone. Entah karena keuntungan taktis atau demi ‘penghayatan’, game di list ini memiliki sound design yang sangat bagus sehingga anda wajib menggunakan headphone agar lebih bisa mengapresiasinya.


 

  1. 1 Alien Isolation


    Game horror ini sedikit berbeda dengan game horror lain yang fokus pada jump scare dan musik pemacu adrenalin. Alien Isolation lebih fokus pada kesunyian dan 'rasa terisolasi' sehingga anda akan merasakan ketegangan yang 'mewah'. Kabar baik bagi anda yang punya headphone bagus karena tata letak suara baik player, Xenomorph, environmental damage, step, dll dibuat dengan sangat akurat sehingga anda bisa memprediksi lokasi Xenomorph melalui langkahnya. Terlebih lagi, konon katanya AI Xenomorph yang cerdas itu berkat bantuan map-hack.



  2. 2 Rainbow 6 Siege


    R6 Siege adalah game FPS kompetitif yang menggunakan metode psychological warfare. Metode ini merupakan kombinasi dari close quarter combat, destructive environtment, dan elemen kejutan sehingga anda selalu merasa tidak nyaman entah karena merasa musuh berada disebelah temboh atau takut terkena peluru nyasar. Untungnya game ini punya sound design yang akurat sehingga anda bisa mendengarkan pergerakan lawan dan kawan dengan baik. Pengguna headphone pun serasa memiliki keuntungan taktis tersendiri, namun tentu saja harus diseimbangkan dengan reflex yang bagus.



  3. 3 Five Nights at Freddy's 4


    Meskipun berakhir cliche, kita tidak bisa menyangkal bahwa seri FNaF adalah seri game horror yang fresh dalam 10 tahun terakhir, baik dari gameplay maupun storytelling. FNaF 4 tetap pada core gameplaynya dimana anda tetap harus diam dan melawan ketakutan anda. Namun yang unik di seri ke-4 ini adalah absennya security camera, namun ada mekanisme pengganti yang disebut breathing mechanism. Tanpa spoiler, breathing mechanism inilah alasan mengapa anda harus menggunakan headphone di seri-4 FNaF ini.



  4. 4 Bastion


    Bastion adalah game action adventure dengan sedikit bumbu RPG yang dikembangkan oleh Supergiant Games. Game ini memiliki narasi yang dalam dan indah, untungnya narasi yang indah ini juga berbanding lurus dengan desain dunianya yang sangat indah. Seluruh keindahan ini semakin lengkap dengan soundtrack yang juga menyentuh dan cocok dengan desain dunia dan combatnya. Ya, anda harus menggunakan headphone bukan demi keuntungan taktis, tapi demi merasakan dunia 'Bastion' yang chaotic namun juga indah dan menyentuh, don't forget to listen 'Mother, I'm Here'.



  5. 5 Seluruh Game Rhytm Dari Rayark Inc.


    Salah satu yang membedakan genre game rhytm buatan Rayark adalah game rhytm memiliki plot/story, bukan sekedar plot belaka, plot/story yang disajikan cukup indah dan kompleks. Namun 'kewajiban' utama game rhytm memang bukan dari story, tapi bagaimana mereka mampu menyinkronasikan not/pattern dengan lagu, untungnya seluruh game buatan Rayark melakukannya dengan sangat baik. Sama seperti Bastion, menggunakan headphone akan semakin membuat anda menghayati lagu yang anda mainkan. Terlebih lagi, entah itu Deemo, Cytus, atau Voez,  semuanya memiliki music library yang masif dan tersinkronasikan dengan baik bersama not/patternnya.



  6. 6 Hunt: Showdown


    Salah satu game yang menjadin 'harapan' bagi Crytek, untungnya gamenya sendiri cukup bagus. Konsep gamenya sendiri cukup unik karena mampu mengubah PvE menjadi PvP dalam satu sesi match, selain itu gameplay dari game ini akan semakin menegangkan mengingat game ini menerapkan permadeath. Untungnya sound design dari game ini cukup ciamik sehingga jika cukup jeli anda bahkan bisa mengetahui jenis musuh yang anda hadapi. Untuk menguji keakuratan sound design dari game ini, anda bisa mencobanya melalui inspeksi senjata di loadout anda.



  7. 7 Blind Legend


    Satu lagi game mobile yang punya sound design yang bagus, yakni Blind Legend. Tidak hanya bagus, sound design bahkan menjadi core gameplay bagi game ini karena anda akan memainkan seorang pendekar buta. Anda tetap bisa bergerak ke 4 arah, menyerang, dan menahan serangan, hanya saja anda melakukan semua itu melalui visualisasi anda sendiri melalui suara yang anda dengarkan. Benar-benar game yang 'inovatif' meski terasa seperti trolling.


    Suara adalah bentuk lain dari warna kehidupan.


Like it? Share with your friends!

48
48 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Rafi 3L

Grand Master

Siap menyajikan listicle unik dan menarik

0 Comments