8 Cara Mengoptimalkan PC Kentang Untuk Gaming, Auto Lancar Nge-Game


69
69 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Rafi 3L lakukan disini

PC low end atau dengan bahasa yang lebih fun disebut sebagai PC kentang merupakan PC/Laptop dengan spesifikasi dibawah rata-rata pada zamannya. Meskipun demikian, bukan berarti performa PC/Laptop selalu rendah, dengan optimisasi yang baik perfotma PC/Laptop tersebut akan smooth dan flawless. Berikut adalah tips dan trik untuk mengoptimalkan PC kentang kesayangan anda.


1.  Update Driver

Mengupdate driver akan membantu pengoptimalan hardware PC/Laptop anda. Melalui driver ini, anda bisa mem-boost CPU anda, menyalakan atau mematikan 3D accelerator, dan lain lain. Driver pun beragam jenisnya tergantung VGA yang anda gunakan seperti Nvidia yang menggunakan GeForce Experience,AMD dengan AMD Crimson-nya, dan Intel HD Control Panel yang pastinya selalu dihati.


2. Bersihkan Fan/Motherboard

Debu yang tersagkut dalam ‘kipas’ atau motherboard bisa memperlabat proses pengiriman atau penerimaan data. Apabila debu tersebut mengandung ion, debu itu akan menarik impuls dari kabel, sedangkan debu berukuran besar akan membuat kipas tersendat sehingga PC/Laptop anda tidak bisa mendinginkan ‘dirinya’ sendiri.

3. Upgrade RAM

Mungkin anda harus menyimpan uang untuk upgrade hardware yang satu ini. RAM relatif murah bila dibanding hardware yang lain seperti processor dan graphics card. RAM pun memiliki esensi yang lebih universal karena tidak hanya berfokus pada gaming namun bisa pada hal lain seperti editing, coding, dan *ekhm* membuka tab lebih dari 1 pada Chrome.


4. Gunakan Controller

Dibanding keyboard dan mouse, controller memiliki ‘porsi’ yang lebih sedikit untuk genre game. Controller membatasi kecepatan transisi dalam suatu gaming scene dan juga membatasi akurasi movement&aiming beberapa game. Namun disinilah letak kelebihannya, keterbatasan ini mencegah terjadinya tearing/stuttering saat bermain game sehingga munculah ‘ilusi’ bahwa game yang anda mainkan terasa sangat smooth, padahal memiliki FPS yang sama saat anda menggunakan keyboard dan mouse.

5. Mainkan Game yang Teroptimisasi Dengan Baik

Ada beberapa game dengan optimisasi yang sangat baik sehingga bisa dimainkan pada RIG dibawah minimum requirement game itu sendiri dengan lancar. Anda bisa melihat beberapa game tersebut pada link berikut: https://gamebrott.com/community/5-game-8th-gen-terbaik-untuk-pc-kentangmu.


6. ‘Matikan’ Explorer.exe Saat Bermain Game

Mungkin cara ini terbilang ekstrim. Anda bisa ‘menghilangkan’ seluruh dekstop anda melalui proses ini. Cara ini mampu ‘menghentikan’ seluruh proses pada background. Caranya? Pastikan anda membuka game yang akan anda mainkan terlebih dahulu.Tekan ctrl+alt+del,buka task manager, cari ‘explorer.exe’ dan tekan end task/end process,kemudian tekan alt+tab dan pilih game yang anda mainkan. Dijamin, FPS game anda akan mengalami asensi yang cukup signifikan.


7. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad akan membantu memberikan eksra hawa sejuk bagi laptop anda yang sedang gerah karena digunakan untuk gaming. Cooling pad tersedia dalam berbagai variasi mulai dari yang seperti meja hingga seperti flashdisk yang ditempatkan pada ‘kipas’ laptop anda. Cooling pad juga bisa ‘membersihkan’ beberapa debu yang mungkin tersangkut pada laptop anda.


8. [Not Recommended]Overclocking

Berbeda dengan boosting, overclocking merupakan proses untuk menaikkan kecepatan CPU(Clock) melebihi batas yang sudah ditetapkan manufaktur CPU itu sendiri. Meskipun menjanjikan peningkatan performa yang luar biasa signifikan,bahaya yang diberikan juga signifikan. Panas yang dihasilkan bisa ‘menguapkan’ gel penahan panas pada CPU sekaligus bisa melelehkan heatsink pada CPU. Kasus terburuknya? PC/Laptop anda bisa berakhir dengan ledakan.


Sekian beberapa tips dan trik mengenai optimisasi PC/Laptop low end. Masih banyak cara untuk mengoptimalkan performa PC/Laptop anda saat digunakan untuk gaming seperti menggunakan throttlestop.exe, menurunkan grafis secara ekstrim melalui gfx tool atau notepad dan masih banyak lagi. Jangan terlalu memaksakan kemampuan, karena semua ciptaan manusia pasti ada batasnya.


Like it? Share with your friends!

69
69 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
1
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
Rafi 3L

Grand Master

Siap menyajikan listicle unik dan menarik

0 Comments