Alasan Dampak Virus Corona Menjadi Keuntungan di Industri Game


64

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Dimulai pada akhir Desember 2019 lalu, Virus mematikan bernama Corona Virus muncul pertama kali di negara China. Dikarenakan penyebarannya yang begitu cepat dan tidak menimbulkan gejala awal, Virus ini sudah menyebar keseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia sendiri. Karena penyebarannya tersebut beberapa negara melakukan lockdown maupun self quarantine atau pengurungan diri sendiri di rumah. Lantas apa dampak ke industri video game?

Advertisements

Hal pertama dimulai dari dampak negatif yang dirasakan. Beberapa publisher maupun developer termasuk harus bekerja dirumah untuk menyelesaikan tahap development atau pembuatan game. Hal ini tentulah tidak bisa dilakukan maksimal yang menyebabkan beberapa game mengalami penundaan. Hal kedua yaitu mengenai tahap distribusi. Nintendo sudah mengatakan bahwa produk Nintendo Switch mengalami penurunan produksi dikarenakan dampak virus ini yang secara otomatis karyawan tidak sepenuhnya bisa bekerja. Tidak hanya Nintendo saja, produksi gamenya sendiri juga mengalami penundaan, seperti contohnya Square Enix terus memberikan update atau pembaruan informasi mengenai Final Fantasy VII Remake yang mereka sendiri belum yakin untuk versi fisiknya hadir pada tepat waktu. Namun untungnya hal ini tidak berdampak pada game digital yang dijual di PlayStation Store.

Peningkatan Jumlah Pemain

Lalu mengapa self quarantine ini sekaligus berdampak baik? pertama dengan jumlah orang yang banyak harus berada di rumah, hiburan yang dilakukan adalah bermain game. Ini terbukti pada data yang dikeluarkan oleh Steam bahwa beberapa waktu lalu player aktif di Steam mengalami lonjakan yang begitu tinggi, mencapai angka 20 juta pemain. Hal tersebut merupakan waktu yang tepat untuk bermain bersama teman dan terlebih orang pasti akan mencari game yang menarik untuk membuang waktu bosan. Faktanya lagi penjualan Animal Crossing: New Horizons di Nintendo Switch mengalami kenaikan yang tinggi. Selain karena game tersebut memang memiliki fanbase yang besar dan gamenya sendiri sangat menarik, self quarantine juga menjadi alasan lain dari faktor tersebut.

Does Animal Crossing New Horizons Have Local Co-Op? | USgamer

Pasalnya Animal Crossing sendiri menghadirkan gameplay sosialisasi sangat tinggi, player juga dapat bermain bersama teman dengan mengunjungi beberapa pulau milik teman lainnya. Game ini terbilang sangat pas mengenal virus corona sendiri yang harus menjaga jarak dari orang lain sehingga beberapa player melakukan sosialisasi secara virtual. Berbicara mengenai fakta lain, di Italia terdapat lonjakan player di game battle royale milik Epic Games yaitu Fortnite dan penggunaan internet hingga 70%. Di Amerika Serikat, terdapat peningkatan pemain hingga 75% pada jam-jam ramai yang umumnya di malam hari. Call of Duty Warzone, game battle royale gratis dari Call of Duty juga berhasil menyetak pemain yang sangat banyak hingga 30 juta pemain dalam waktu dua minggu saja.

Pelampiasan Kedalam Game

Jadi tidak hanya dampak negatif saja yang diberikan oleh Virus Corona melainkan juga banyak dampak positif yang didapatkan. Pertanyaannya mengapa bisa terdapat peningkatan pemain segitu besarnya. Saya meyakini terdapat beberapa gamer baru yang mencoba untuk memainkan sebuah game untuk mengurangi rasa bosan yang ia hadapi dalam masa seperti ini. Dengan waktu luang yang cukup banyak membuat orang mempunyai waktu lebih untuk mencari mengenai game yang menarik. Karena ketertarikannya tersebut orang tersebut pada akhirnya mencoba dan berakhir menjadi ketagihan ketika memainkan game tersebut. Efek lain, komunitas gaming sendiri yang sudah besar. Karena kebosanan tadi yang harus tetap tinggal atau berada dirumah membuat sebagian orang mencari hiburan yang berakhir pelampiasan mereka terhadap game. Tidak hanya itu saja, player juga dapat menemukan sebuah komunitas atau teman bersosialisasi baru yang bisa didapatkan.

Steam breaks record of 20 million concurrent users

Virus Corona sendiri belum diketahui kapan hilang, terlebih untuk wilayah Indonesia, kasus positif virus ini semakin bertambah. Kemungkinan besar kita masih akan masih mengalami self quarantine di rumah. Jadi manfaatkan momen ini untuk tetap bermain game bersama teman dibanding mencari hiburan di luar rumah. Tentunya ketika pekerjaan atau tugas sudah selesai terlebih dahulu.


Like it? Share with your friends!

64

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
cloudman

-

0 Comments