Alasan Orang Betah Bermain GameMMORPG


40
40 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Ada banyak macam genre game yang ada didunia ini. Mulai dari Action, Horror, MMORPG, MOBA, Battle Royale, Racing, Strategy, Simulation, Puzzle, dan sebagainya. Salahn satu genre game yang paling banyak dimainkan sekarang ini adalah game MMORPG setelah genre MOBA dan Battle Royale.

Advertisements
Gamebrott Editorial

Apa itu MMORPG? MMORPG adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game yang memungkinkan pemain bisa bermain rame-rame dengan pemain lain secara online melalui internet. MMORPG juga meneawarkan pemain untuk membuat seorang karakter dalam game tersebut sesuka hati. Game MMORPG biasanya bertujuan untuk membuat karakter menjadi yang terkuat dari karakter pemain lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemain diharuskan untuk leveling atau mencari EXP untuk meningkatkan level karakternya. Semakin tinggi karakter maka akan semakin kuat. Untuk leveling biasanya pemain diharuskan untuk mengalahkan monster monster (baik itu monster biasa atau yang kelas boss) yang ada dalam suatu wilayah yang biasa disebut dengan Dungeon.

Pada umumnya game MMORPG menyediakan fitur seperti:

  1. Skills: untuk mengatur skill yang ingin kita pakai.
  2. Chat: baik chat global atau guild untuk memudahkan kita komunikasi antar pemain.
  3. Exchange: tempat jual beli item antar pemain.
  4. Inventory: untuk menyimpan item yang didapat.
  5. Blacksmith: untuk mengupgrade level item kita.
  6. Guild: untuk membuat suatu kelompok dalam game.
  7. Party: untuk berkumpul antar pemain.
  8. PVP (Player VS Player): untuk menentukan siapa yang terkuat diantara dua pemain.

Sekarang saya akan bahas kenapa orang orang betah bermain game MMORPG. Dan berikut beberapa alasannya menurut opini saya:

  1. Level yang Hampir tak Terbatas

    Relevation

    Level dalam game MMORPG biasanya tak terbatas dan cenderung sangat tinggi, hingga ratusan. Dengan sistem seperti ini, pemain akan betah bermain MMORPG untuk terus terusan mencari EXP tanpa henti dan juga sekaligus untuk memperkuat karakternya, karena setiap naik level pemain diberikan Stat Point untuk meningkatkan stat yang ingin di upgrade. Level dalam game ini juga sangat penting untuk menyelesaikan misi/quest tertentu karena ada beberapa misi yang mengharuskan pemain mencapai level tertentu untuk bisa menyelesaikannya. Selain itu level juga berfungsi sebagai syarat untuk menggunakan equipment yang ingin digunakan. Jika level karakter tidak mencapai syarat equipment, maka equipment tidak dapat dipakai.

  2. Pilihan Job yang Banyak

    Final Fantasy

    Job dalam game MMORPG adalah class untuk setiap karakter yang dipilih. Pilihan job yang biasanya ada di MMORPG seperti Archer, Warrior, Mage, Assassin, Priest, dan sebagainya. Setiap job memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Seperti Warrior yang memiliki HP yang tebal dan cocok jadi Tanker namun kurang cocok untuk menyumbang damage dalam tim. Biasanya job ini bisa diganti atau diupgrade untuk membuka skill yang lebih kuat dan tentunya lebih efisien untuk mengalahkan monster. Dengan banyaknya pilihan job pemain akan bisa bebas memilih job apa yang mereka inginkan sesuai dengan gaya bermain mereka masing masing.

  3. Event yang Banyak

    Ragnarok Frontier

    Bukan hal yang tabu lagi untuk sebuah game online yang memiliki banyak event, tak terkecuali game MMORPG. Developer game ini juga terus menghadirkan event event yang menarik dan memberikan hadiah hadiah berupa item ataupun equipment yang eksklusif dan terbatas. Selain event dengan hadiah item, adakalanya juga mereka menghadirkan event untuk buff, diskon pembelian, atau event new server.Tentunya ini bertujuan agar pemain tidak bosan dan tetap betah dengan game nya.

  4. Server yang Banyak

    Dragon Nest

    Server atau bahasa simple nya adalah ruang lingkup bagi antar pemain dalam game tersebut. Biasanya server dalam game MMORPG sangat banyak dan dibagi per-region sesuai masing masing Negara yang jumlah servernya jika ditotal bisa hingga ratusan jumlahnya. Kemajuan akun antara satu server dengan server lainnya berbeda, jadi untuk bermain di server lain harus membuat akun baru lagi dan otomatis harus membuat karakter dari awal lagi. Dengan banyaknya server seperti ini, pemain bisa membuat ulang karakter kembali apabila sudah bosan dengan karakter lama dan ingin memulai dari awal lagi sehingga pemain tidak jenuh dengan game MMORPG. Belum lagi dengan event new server yang selalu ada disetiap server sehingga pemain akan semakin semangat bermain dengan mengejar event.

  5. Item dan Equipment yang Melimpah

    Ragnarok M

    Item item dalam game MMORPG ini juga tidak kalah melimpah dan luar biasa banyak sekali. Baik itu item untuk enchant atau untuk event. Item enchant pun juga banyak jenisnya, mulai dari yang biasa sampai yang langka. Equipment juga begitu. Ada yang biasa ada yang langka yang bisa meningkatkan CP (combat power) dengan drastis. Yang membuat pemain bersemangat berburu item ini adalah drop rate yang berbeda beda. Ada yang besar dan kecil tergantung kelangkaan itemnya. Dengan begini, pemain akan semangat untuk mendapatkan item yang diinginkan tak peduli berapa kali mereka mencobanya.

  6. Bisa Bermain dengan Santai


    Salah satu kelebihan game MMORPG adalah adanya fitur auto battle. Dengan mengaktifkan fitur ini game akan berjalan dengan sendirinya untuk leveling, PVP, ataupun melawan Boss. Tentunya ini akan memudahakn pemain yang tidak banyak waktu untuk bermain namun tetap ingin merasakan keseruan game MMORPG. Selain itu pemain juga bisa lebih santai dan tidak perlu tenaga ekstra untuk bermain, nikmati saja prosesnya dan EXP akan bertambah dengan sendirinya. Selain fitur auto battle, biasanya MMORPG juga menyediakan fitur leveling saat pemain offline. Jadi walaupun pemain sedang offline, EXP karakter tetap bertambah.

  7. Bisa Bertemu dengan Kenalan Baru


    Karena MMORPG online, otomatis kita akan bertemu dengan orang orang baru dari berbagai daerah hingga Negara sebelah. Apalagi dengan adanya sistem party yang memungkinkan berkumpulnya antar pemain satu sama lain. Tentunya ini tidak akan membuat para pemain cepat jenuh karena ada banyak teman untuk bisa diajak ngobrol dan berjuang bersama untuk leveling.

So, itulah beberapa alasan kenapa orang betah bermain game MMORPG. Opini diatas untuk game MMORPG ya, bukan RPG. Kalau RPG khusus untuk RPG offline jadi beda cerita lagi ya brott. Oke sekian dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan, tetap jaga kesehatan dan kebersihan, stay at home, dan terimakasih sudah membaca.

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

40
40 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Perkenalkan saya Ahmad Rafi, penulis asal Kalimantan Selatan. Saya suka membuat guide guide atau listicle atau artikel yang saya anggap bisa saya buat dan bisa dinikmati pembaca :D Ya walau tulisan nya agak ngaur semoga saja kalian bisa memahami nya dengan mudah :v

Referensi melahirkan inspirasi.

Contact me: Instagram: @ahmadrafi_

#budayakanmembaca

0 Comments