Apakah 2020 Nanti MOBA Mobile Akan Tetap Eksis?


49
49 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Ahmad Rafi lakukan disini

Halo semua selamat pagi, siang, sore, malam, subuh dimana pun kalian berada apa kabar? Semoga sehat selalu dan selalu dimudahkan dalam menjalani hidup Aaamiin.

Pada post kali ini saya akan membahas sebuah opini yang sebenarnya sudah lama ingin saya bahas. Yaitu akankah game genre MOBA akan tetap eksis ditahun 2020?

Seperti yang kita tau saat ini MOBA masih digemari dan diminati oleh sebagian besar kalangan gamers didunia. Baik itu DOTA 2 atau League of Legends. Tapi itu tingkat internasional. Yang ingin saya bahas disini adalah khusus di Indonesia.

Pada saat post ini dibuat (penghujung tahun 2019) game game MOBA masih banyak dimainkan oleh gamer. Walau sudah mulai pudar dengan hadirnya game game Battle Royale seperti PUBG, CODM, dan Free Fire. Meskipun begitu untuk platform Youtube atau Nimo TV yang saya lihat ketika ada seorang streamer yang main Mobile Legends penontonnya masih banyak. Tembus ribuan. Berarti ini menandakan game dengan genre MOBA masih diminati. Tapi bagaimana dengan kedepannya? Tidak ada yang tau.

Saya sedikit khawatir dengan tahun 2020 dengan kepopuleran game genre MOBA. Karena pada awal tahun 2020 nanti game MOBA mobile pertama dari Indonesia akan dirilis yakni Lokapala. Saya yakin kalian sudah pernah dengar sedikit tentang game ini yang di publish oleh Anantarupa Studios, publisher dari Indonesia.

Saya secara pribadi bangga dengan kabar tersebut pada saat saya masih bermain MOBA. Karena publisher game ini dari Indonesia. Dan saya juga yakin pada waktu itu Lokapala akan rame di Indonesia mengingat genre MOBA pada saat itu lagi hype hype nya. Tapi sekarang saya sudah berhenti main MOBA karena sudah bosan karena suatu alasan.

MOBA itu game yang memprioritaskan kerja sama antar tim untuk menghacurkan base lawan. Karena pada waktu itu saya kebetulan selalu dapat tim yang tidak bisa diharapkan maka saya pun lama kelamaan bosan dengan sistem tersebut karena selalu dipertemukan dengan pemain yang sering AFK, troll, toxic, dan sebagainya. Saya pun jadi berpikir, jika seandainya ada jutaan orang yang beralasan sama dengan saya tentang main game MOBA, maka lambat laun MOBA akan jadi sepi.

Dan kalau sudah sepi, maka game game genre MOBA apapun konsepnya akan sulit diterima, karena pemain sudah bosan dan lebih memilih untuk genre game lain. Sampai sekarang hanya Mobile Legends sebagai game MOBA mobile yang masih eksis dan masih banyak pemain aktif (berdasarkan pengamatan saya).

Dan sekarang saya membayangkan tentang game Lokapala ini akan jadi sepi pemain bahkan di Negara nya sendiri. Bukannya saya berharap game ini sepi. Bahkan saya sangat berharap bahwa game ini akan rame sampai kancah Internasional seperti Arena of Valor. Tapi dengan mengingat situasi sekarang dimana MOBA mulai pudar, seperti nya harapan saya pun juga ikut sirna.

Tapi bukan berarti hal itu tidak akan terjadi. Masih ada harapan untuk membuat game Lokapala menjadi game yang rame di Negara nya sendiri. Salah satu cara yang paling ampuh adalah dengan cara mengiklankan nya lewat content creator terkenal dan tetap konsisten mengangkat Lokapala sebagai konten nya. Dengan begitu masyarakat Indonesia akan semakin banyak yang tau tentang keberadaan game ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan game ini bisa bersaing dengan game game besar seperti Mobile Legends dan Arena of Valor.

Semoga dengan rilisnya game ini tidak mengecewakan para pemain MOBA mobile Indonesia dan semoga menjadi game yang sukses dan terkenal sampai kancah Internasional. Mari kita dukung selalu karya anak bangsa Indonesia agar mereka semakin semangat dalam menciptakan karya mereka dan sukses selalu.

Mungkin saya akan kembali bermain MOBA jika game ini sudah resmi dirilis 😀

Demikian opini saya kali ini. Jika kalian ada opini lain mengenai hal ini silahkan komen dibawah. Semoga post ini bermanfaat mohon maaf jika ada kesalahan dan terimakasih sudah membaca 😀

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

49
49 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Perkenalkan saya Ahmad Rafi, penulis asal Kalimantan Selatan. Saya suka membuat guide guide atau listicle atau artikel yang saya anggap bisa saya buat dan bisa dinikmati pembaca :D Ya walau tulisan nya agak ngaur semoga saja kalian bisa memahami nya dengan mudah :v

Referensi melahirkan inspirasi.

Contact me: Instagram: @ahmadrafi_

#budayakanmembaca

0 Comments