Bagaimana Agar E-Sport Semakin Berkembang dan Dikenal Lebih Luas di Indonesia?


79
79 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Pada masa ini, media masa sudah menjadi hal yang tidak asing dalam menyampaikan berita berita. Baik itu dari dalam atau luar negeri. Penyebarannya pun bisa dilakukan lewat TV, Koran, majalah, dan internet. Saat ini internet menjadi salah satu media penyebaran berita yang paling efektif yang hampir setara dengan TV, walaupun tidak semua orang bisa mengakses internet setidaknya mereka punya TV untuk mendapatkan sebuah berita. Adapun selain berita, dua media diatas bisa juga untuk dijadikan panggung promosi sesuatu hal misalnya iklan. Jika kita sering melihat iklan di TV dan internet, maka tidak menutup kemungkinan juga e-Sport akan dipromosikan lewat dua media diatas. Dan disini saya akan bahas tentang bagaimana langkah e-Sport Indonesia bisa menjadi topic pembicaraan yang hangat seperti berita berita politik maupun olahraga.

Advertisements

eSport, atau singkatan dari electronic sport (olahraga elektronik) merupakan istilah untuk kompetisi game online baik (mobile maupun PC) antar pemain profesional. eSport biasanya dimainkan dengan perorangan atau tim. Biasanya game yang sering di pertandingkan dalam eSport adalah game game yang terkenal, seperti: DotA 2 (Defense of the Ancient), CS: GO (Counter Strike: Global Offensive), LOL (League of Legends), PUBG (Player Unknown Battle Ground), FF (Free Fire), ML (Mobile Legends), AOV (Arena of Valor), KOG (King of Glory), Heartstone, PES 2020 (Pro Evolution Soccer 2020) dan masih banyak lagi game game online yang mungkin bisa dijadikan cabang eSport. Hadiah yang diperebutkan dalam eSport tidak main main yaitu bisa mencapai miliyaran rupiah.

Saat ini eSport sudah berkembang maju di Indonesia. Dimana anak muda dan orang dewasa sudah mengenal cabang olahraga ini. Buktinya adalah pada saat pagelaran Asian Games 2018, eSport menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada saat itu. Bahkan sekarang ada kampus yang sudah membuka jurusan eSport bagi mahasiswanya. Ini sudah membuktikan bahwasanya eSport bisa menjadi aspek dari bagian masyarakat seperti halnya olahraga. Sayangnya, berita berita eSport jarang dipublikasikan ke TV. Memang masih ada internet untuk bisa memberitakan eSport. Akan tetapi TV lebih kuat untuk segi promosi daripada internet, karena seperti yang saya sebutkan diatas tidak semua orang bisa mengakses internet tetapi memiliki TV. Jadi langkah apa saja yang bisa membuat eSport menjadi topic yang ramai diperbincangkan di TV

  1. Lebih Banyak Acara TV Tentang eSport


    Acara di TV menjadi salah satu media promosi untuk eSport bisa dikenal oleh kalangan luas. Karena kebanyakannya masyarakat Indonesia masih menggunakan TV, jadi jangkauan promosinya bisa lebih luas dan orang yang tidak paham/tidak punya internet bisa melihat acara ini dan menjadi tertarik dengan eSport. Apalagi karena eSport meliputi games, pastinya banyak anak muda yang suka main game bercita cita menjadi atlet eSport. Dan mereka juga pasti akan merasa bangga dan semangat karena game yang sedang mereka geluti dibahas di TV. Kan bagus kalau generasi kita punya banyak calon atlet hehehe.

  2. Adanya Dukungan Pemerintah


    Pemerintah juga berperan penting dalam promosi suatu bidang. Dengan adanya dukungan langsung dari pemerintah, masyarakat akan semakin yakin bahwa apa yang didukung pemerintah adalah hal yang baik dan positif. Sama halnya eSport jika didukung oleh pemerintah Negara kita. Yang membuat eSport bisa dikenal lebih luas lagi di Negara dan masyarakat kita. Sekaligus untuk merubah pemikiran masyarakat bahwa game tidak soal hanya untuk senang senang melulu, tetapi juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk penyaluran bakat dan minat anak muda kedepannya. Saat ini sudah ada Federasi Esport Indonesia. FEI adalah lembagaesports independent yang didirikan untuk membina, mengembangkan, dan menjamin keadilan esports  Lembaga independent ini bertujuan untuk melindungi dan membina industri esports Indonesia agar tercipta industri esports yang produktif dan berkompetisi dengan sehat. Lembaga ini diciptakan atas hasil kerja sama para pebisnis yang menggelut di bidang esports, seperti: pemilik tim esports profesional, cybercafeevent organizer, atlet esports, pengembang game, dan publisher. Sumber: INDOESPORT

  3. Lebih Banyak Tayangan eSport


    Hampir sama dengan poin nomor 1 tadi, namun tayangan disini maksudnya adalah tayangan seperti pertandingan eSport yang di tayangkan di TV lokal. Jadi basic nya adalah menyiarkan pertandingan eSport secara langsung seperti halnya menyiarkan pertandingan olahraga lainnya seperti badminton, sepak bola, basket, voli, dan lain lain. Dengan adanya tayangan seperti ini, peminat eSport akan semakin semangat latihan untuk mengembangkan skill nya agar bisa mengikuti pertandingan eSport seperti yang ditayangkan di TV.

  4. Adanya Liga Esport Nasional


    Sama seperti halnya liga sepak bola, seandainya juga ada liga namun dalam cabang eSport, pasti akan sangat banyak orang yang antusias mendukung perkembangan eSport di Indonesia. Apalagi jika disiarkan di TV secara langsung, akan semakin luas jangkauan untuk mempromosikan eSport di Indonesia. Memang saat ini masih belum ada, tapi kita bisa lihat untuk beberapa tahun kemudian. Semoga saja memang akan diselenggarakan.

Sebenarnya banyak hal lagi yang bisa dilakukan untuk mempromosikan eSport di Indonesia selain beberapa cara diatas. Jadi sebagai kesimpulannya TV adalah media yang akan memberikan dampak paling banyak jika dibandingkan dengan internet. Karena tidak semua orang bisa masuk TV sedangkan semua orang bisa menggunakan internet. Jadi jika sampai masuk TV maka itu adalah berita yang paling menarik untuk diliput wartawan.

Demikian post saya kali ini. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika ada kesalahan. Dan terimakasih sudah membaca.

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

79
79 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Perkenalkan saya Ahmad Rafi, penulis asal Kalimantan Selatan. Saya suka membuat guide guide atau listicle atau artikel yang saya anggap bisa saya buat dan bisa dinikmati pembaca :D Ya walau tulisan nya agak ngaur semoga saja kalian bisa memahami nya dengan mudah :v

Referensi melahirkan inspirasi.

Contact me: Instagram: @ahmadrafi_

#budayakanmembaca

0 Comments