Biar Momen Gamingmu Ga Sia-sia, Lakukanlah 4 Hal Berikut


59
59 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang GGEA lakukan disini

Tiap kali bermain game, adapun orang yang hanya have-fun dan juga yang serius, yang serius pastinya memiliki kepuasan candu bagi yang akut nge-game akan terus memuncak hingga kamu tersadarkan waktu yang kamu gunakan untuk nge-game akan sia-sia dan tidak menimbulkan dampak positif dalam kehidupan, dimarahin orang tua sampai hp disita, langganan internet dicopot, dan sebagainya yang terjadi karena nge-game yang tidak berfaedah.

Mengingat biaya nge-game itu juga banyak, bahkan game yang free to play pun kamu harus punya gadget untuk memainkannya yang juga membutuhkan uang, mempunyai rig perfoma tinggi yang ujung-ujungnya cuma buat nge-game (tidak adakah hal lain yang bisa dilakukan oleh spec tinggi selain nge-game berat dan buka browser?), rela bengong seharian karena game yang kamu mainkan hanya bikin hambar hidupmu, atau beban hidup lainnya ?.

Daripada momen gaming berhargamu menjadi apes dan hambar yang ujung-ujungnya juga ngapain lagi yang harus dilakukan terutama pada pemain game akut, manfaatkanlah momenmu ini menjadi pengalaman yang bisa diceritakan ke anak cucu (bila punya jodoh :v), seperti apa ?, seret kebawah laman ini hingga paling bawah.


1. Bergabung dengan komunitas

Hal ini yang dapat kalian lakukan dengan mudah. Dalam game kekinian, kita tak bisa lepas dari gamer lainnya yang juga main permainan yang sama, sehingga terbentuklah komunitas yang isinya sangatlah banyak, mulai dari berbagi pengalaman, guide, melihat video, meme, dan lainnya. Dalam kegiatan ini, kamu bisa bertemu orang lain yang mempunyai wawasan yang luas banget, kalian bisa berbagi dengan semua orang, momen win and fail ketika bermain. Juga bisa gabung ke game-group/guild yang ada, kalian bisa bertemu juga pemain lain dalam diskusi yang ada di game, mengajak mabar atau party bersama yang sudah pengalaman atau yang baru masuk.

Kalaupun sempat, hadirilah game-fest yang bisa kamu datangi, bila beruntung kamu bisa menemui pro player, tim e-sport, atau orang terkenal lainnya. Kamu juga bisa ketemu dengan sekongkolanmu yang sudah tergabung di internet,  yang pastinya kamu bisa cerita ini-itu sana-sini bukan?.


2. Content creating

Membuat konten dari game membuatmu lebih berpengalaman seperti content creator lainnya dalam bermain game ambil saja Markiplier, JessNoLimit, atau yang lainnya siapa saja, kalian bukan hanya menjadi pendatang di sebuah komunitas, kalian bisa membuat membuat guide dari game yang kamu main, bikin acara streaming ato broadcasting seperti di Youtube, Facebook, Twitch, Discord, membuat fan-art di webmu sendiri, ataupun lainnya. Kalian adalah orang yang menerima pendatang orang banyak, bagusnya konten memengaruhi jumlah yang datang ke tempatmu, jadi pikirkan konten sebagus mungkin, dan juga berfaedah bagi pendatangmu, salah satunya menulis artikel di Gamebrott ini.


3. Workshop & kontribusi

Hal ini adalah yang berpengaruh langsung terhadap game yang kamu mainkan, kamu sebagai pelanggan dari developer, juga sebagai kontributor. Game workshop ini bisa ditemukan pada game yang open-source(sekiranya), kamu membuat konten dalam game itu sendiri dan diresmikan oleh dev sebagai bagian dari gamenya.

Contohnya game CS:GO, lihatlah ke workshop-nya, ada sangat banyak konten menarik yang kamu bisa buat, yang paling mudah ialah membuat stiker, kamu bisa membuat stiker untuk hiasan pada senjatamu, atau membuat weapon-finishes untuk mewarnai senjatamu, atau juga membuat map bagi yang mahir dalam desain 3D, atau membuat mod pada game lain yang kamu suka.

Terkadang pada game tertentu, pihak developer akan memberi imbalan dari konten yang kamu buat sebagai apresiasi, contohnya uang dari bagi hasil, atau bisa juga merchandise dari mereka, atau juga hal lainnya, ini juga akan memberimu keuntungan dari apa yang kamu buat untuk mereka. Dasarnya pada workshop ini ialah desain 2D atau 3D sesuka kalian.


4. BIKIN GAME SENDIRI !!!

Membuat game sendiri akan menambah pengalaman bagi para pemain yang ingin wawasan lebih tentang game. Kalian akan melakukan apa yang developer lakukan, membuat konsep, alur, desain, model dan sebagainya. Orang-orang bisa saja membuat game dengan berbagai alasan dan cara, seperti hanya iseng-iseng saja, ataupun karena peristiwa viral seperti tahu bulat dan anjing sayur kol, atau kamu ingin membuat fan-game. Membuat game yang ringan dan tidak terlalu berat untuk dibuat tetapi menantang seperti Dark Souls Cat Mario, membuat game dari sisa-sisa modding di workshop, atau lainnya.

Tidak sedikit pula orang yang membuat game sendirinya karena berawal dari dari seorang yang iseng-iseng, modder, atau lainnya. Buat yang pengen jadi game-maker, “susah tidak bikin game?” “jelas susah“, kalian bisa membuat game kalian dengan game-maker yang memudahkan proses pembuatan game, biasanya yang berbayar, entah itu yang permanen atau yang menyewa.


Buat para gamer akut, buatlah tiap game-time kalian bisa bermanfaat, bukan hanya mencari kesenangan, seenggaknya gabung komunitas, bercerita win and fail kalian bersama orang lain, atau menulis disini hehe…,


Like it? Share with your friends!

59
59 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
2
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
GGEA

Elite

0 Comments