“Box Art” Video Game, Seni yang Membungkus Game Kini Sudah “Terbungkus”


72
72 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang ODA lakukan disini

Pada mulanya game dikemas dalam bentuk fisik. Dimulai dari disket,cartridge,CD rom, dan akhirnya Bluray Disc. Tetapi dengan semakin majunya teknologi, game sudah bisa kalian download secara langsung tanpa harus melakukan hal ribet seperti memasukkan CD kemukian menginstall dan kemudian pada suatu titik instalasi itu berjalan tidak sesuai dengan rencana. Terkadang orang orang memang lebih cenderung memilih digital daripada barang fisik, karena lebih mudah dan dan tidak bertele-tele. Jika dilihat pada saat kita kecil dahulu, memiliki sebuah CD game atau bahkan cartridge game adalah sebuah kepuasan tersendiri.

Pada Era NES atau SNES pasti beberapa dari kalian yang memiliki konsol tersebut pasti akan memiliki setumpuk game. Hal pertama yang kalian lihat pada saat membeli game pada waktu itu adalah melalui box artnya, jika kalian melihat box art yang keren. Phantasy star, Excitebike, Metroid, Bionic Commando dan Castlevania merupakan beberapa judul dari game era NES yang memiliki box art keren menurut saya, kemudian dikarenakan kekerenan Box Art tersebutlah akhirnya saya mulai terkagum kagum dengan indahnya Box Art dari sebuah game.-

Box Art NEX Bionic Commando

Memainkan Imajinasi Kita Layaknya Sihir

Memang yang ditawarkan pada box art mungkin sedikit berbeda dengan gameplay sebenarnya, tetapi pada saat kita kecil entah dengan imajinasi yang tanpa batas akhirnya game yang kita beli dan mainkan tersebut terasa mirip dan memiliki rasa yang hampir sama dengan Box Artnya. Kemudian datanglah PS1 dengan segudang box artnya yang legendaris dan selalu melekat dihati. Salah satu game yang paling saya ingat box arttnya adalah Metal Gear Solid pertama. Dengan Tulisan Metal Gear Solid khasnya berwarna merah kemudian siluet Solid snake berwarna abu-abu dengan background putihnya bagai kanvas yang sangat keren merupakan apa yang bisa kalian panggil cinta pada pandangan pertama.

PS2 pun mulai beredar dan semakin banyak game dengan Box Art yang jauh lebih keren dan menarik ketimbang pada saat PS1. Selain MGS3 sebagai box art yang paling keren pada era PS2, Silenthill 4, Manhunt, Indigo Prophecy dan juga Zone of the enders juga tak kalah keren dengan MGS3. Memiliki game dengan Box art yang bagus dan keren memang kepuasan tersendiri bagi mereka yang menikmatinya.

Korbankan Seni Demi Hidup Praktis

Sekarang 90% game yang beredar semuanya sudah bisa di beli secara digital, bahkan jika kita pre order secara digital game tersebut, sang developer akan memberikan bonusan lebih. Kelebihan dari game digital adalah tidak perlu khawatir soal disc yang digunakan akan rusak atau tidak bisa dimainkan, kemudian dengan adanya wifi sebagai sandang primer mendownload game berukuran besar bukanlah masalah. Disini yang menjadi permasalahan bagi saya adalah game digital tidak bisa saya nikmati lebih dan memiliki nilai yang sangat besar dihati saya karena tidak adanya box art yang bisa mengisi koleksi game saya.

Terkadang game digital dibandrol dengan harga lebihh murah daripada fisiknya, tetapi tetap saja bagi saya game yang memiliki barang fisik untuk dipegang akan memiliki nilai lebih. Selain itu jika kita sedang membutuhkan uang atau dalam keadaan sulit finansial kita bisa menjual game fisik tersebut dengan lebih mudah. Box Art tidak hanya sebagai simbol sebuah game itu saja tetapi keseluruhan developer yang menumpahkan keringat dan darahnya untuk bisa membuat game tersebut.

In The End…

Bagi sebagian orang Box Art hanyalah media untuk bisa menarik pemain atau hanya Sebagai nilai tambah jual saja. Tetapi dimata para pemain yang benar benar menghargai dan sudah dalam konteks kolektor Box Art merupakan sesuatu yang harus dimiliki setiap game, retro sampai next gen. Jika developer sudah mulai melupakan arti dasar dari adanya box art sebuah game, maka lama kelamaan game yang mereka bikin tidak akan memiliki arti artistik dimata para penikmatnya.


Like it? Share with your friends!

72
72 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ODA

Grand Master

Easily i'm a speedrunning scene Fans since 2012 and still following it til today

P.S Do not stalk my Twitter Please

0 Comments