Cara Ampuh Mengatasi Lag Pada PES 2019 – Pro Evolution Soccer Untuk PC/Laptop Kentang Kamu


91
91 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Adan_Alviansyah lakukan disini

Pro Evolution Soccer 2019 bisa dibilang sebuah game soccer dengan permainan yang cukup memakan specification yang lumayan. Karena game ini menyediakan grafik dan resolusi yang sangat tinggi, wajar saja game ini berukuran 23GB untuk versi repack, dan 30GB untuk versi full version.

Walaupun laptop atau komputer kalian tidak kuat untuk bermain PES 2019 atau Lag alias patah-patah namun tidak terlalu parah, dan ingin bermain lancar. Saya akan memberikan beberapa tips dan rahasia cara bagaimana agar tidak lag saat bermain PES 2019 pada laptop atau komputer

Cara Mengatasi PES 2019 Yang Lag

1. Mengatur Resolution PES 2019

Untuk mengatasi lag pada PES2019 di computer sobat, langkah yang pertama yaitu merubah settingan Resolusi. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan lag pada PES 2019 karena untuk resolusi yang tinggi membuat hardware komputer menjadi kerja lebih berat dan membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi

Ketika kalian menginstall game PES 2019 kalian akan mendapatkan 2 software atau icon pada desktop, yang pertama yaitu pes 2019 launcher, yang kedua yaitu PES 2019 Settings. Buka PES 2019 Settings untuk merubah settingan beberapa pengaturan controller PES 2019, mulai dari Graphic, Resolution, Pengaturan Controller Joystick atau keyboard untuk mulai bermain PES2019.

Jika sudah kalian buka settings pes2019, kalian tinggal atur beberapa pengaturan tersebut, seperti Graphic, Screen Mode, Resolution dan Frame Rate. Untuk settingan nya kalian bisa pilih sesuai kebutuhan dan kekuatan computer kalian.

Saya rekomendasikan untuk beberapa settingan kalian pilih seperti berikut :

Frame Rate : 30fps
Screen Mode : Full Version
Resolution : (1280×720) 683:384


2. Mengatur System Settings Graphic

Berbeda dengan langkah tadi, settingan ini terdapat di dalam game. Settingan ini sangat mempengaruhi terhadap kualitas permainan pada computer anda. Pada settingan ini kalian bisa menurunkan graphic hingga low atau bisa anda naikan ke high untuk tampilan graphic yang menakjubkan.

Namun pada tutorial ini saya hanya akan memberikan beberapa cara kepada kalian untuk mengatasi lag saat bermain PES2019. Settingan ini cocok sekali untuk kalian yang mempunyai laptop minim spesifikasi, namun tetap ingin bermain PES2019.

  1. Buka PES2019.exe
  2. Masuk kedalam bagian Extras untuk memasuki pengaturan.
  3. Pilih System Settings kemudian pilih Render Settings setelah itu setting graphic dengan rubah Select Image Quality hingga menjadi Low, untuk merubah semua settingan menjadi rendah.

3. Setting CPU pada ‘Set Affinity’ Di Task Manager

Beberapa waktu ketika saya sedang bermain Facebook, saya mendapatkan sebuah trick dari grup komunitas PES Indonesia (PES Indonesia Community PC), yaitu dengan cara mengatur Affinity di Task Manager. Ketika saya melihat postingan tersebut langsung saya lakukan saya tes apakah berhasil atau tidak, dan ternyata memang berhasil. Stuttering yang saya alami cukup banyak berkurang, dan bermian PES 2019 menjadi lancar dan halus tanpa ada patah-patah.

Langkah-langkah :

  • Restart terlebih dahulu PC atau Laptop kalian (Supaya lebih fresh dan normal)
  • Buka PES nya kemudian bermain Match atau Mode pertandingan lainnya seperti biasa kalian bermain
  • Tekan Windows, atau CTRL + Esc untuk kembali ke desktop
  • Lalu Buka Task Manager >> Klik Tab Details >> Klik kanan icon PES 2019 >> lalu klik Set Affinity
  • Nonaktifkan CPU 0 (Hanya CPU 0 saja) >> Tunggu beberapa saat >> klik Ok
  • Klik kanan lagi pilih Set Affinity >> Lalu aktifkan kembali CPU >> klik Ok
  • Close task manager dan buka pesnya.

4. Jangan Memasang PATCH

Patch merupakan sebuah file tambahan yang bisa kalian tambah kan pada game PES 2019. Dengan adanya patch game PES2019 menjadi lebih lengkap lagi, mulai dari jersey, logo club hingga nama nama pemain.

Dengar-dengar isu bahwa PES2019 kekurangan license alias banyak sekali logo, jersey dan nama club yang tidak sesuai. Hanya beberapa club yang sesuai, itupun karena club tersebut membayar license pada Pro Evolution Sendiri. Dengan adanya Patch, pes2019 menjadi lebih lengkap, logo, jersey dan nama nama club menjadi lebih sesuai.

Namun dengan memasang Patch akan membuat PES2019 kalian menjadi kalian. Karena pada dasar nya patch merupakan sebuah file tambahan, jadi jika file nya di tambahin ke dalam file default PES2019, maka dengan otomatis game tersebut akan menjadi berat. Apalagi jika file patch tersebut berukuran besar, maka akan menjadi beban terhadap hardware computer kalian.

Oleh karena itu, saya sarankan untuk kalian jangan memasang patch tambahan tersebut. Jika memang sangat di butuhkan dan komputer kalian kuat, silahkan kalian tambahkan. Memang PES 2019 ini berbeda dari seri sebelum nya yang license nya sangat lengkap.


Nah, itulah beberapa tips sekaligus saran yang dapat saya bagikan untuk kalian yang bermain PES 2019. Namun berasa bahwa laptop kalian lag atau patah-patah saat bermain PES 2019. Mungkin cara di atas bisa kalian lakukan untuk menghindari semua lag dan patah patah bermain PES 2019. Sebenar nya sangat banyak sekali cara untuk menghindari lag dan patah, namun menurut saya cara ini yang paling ampuh untuk menghindari dari hal tersebut.


Like it? Share with your friends!

91
91 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
1
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Adan_Alviansyah

Create your article and get your dream :)

0 Comments