Cara Bertahan Hidup Di Don’t Starve Together (1)


49
49 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang cloudman lakukan disini

Don’t Starve adalah sebuah game open world survival unik dengan mengambil sudut pandang 2 dimensi. Game ini dibuat oleh Klei Entertainment dan dirilis untuk platform PC, PS4, Nintendo Switch, Xbox One dan perangkat mobile IOS/Android. Dirilis pada tahun 2013 dan mempunyai versi lainnya yaitu Don’t Starve Together yang seperti namanya, versi ini menerapkan fitur Multiplayer hingga 6 player dalam satu world yang sama (jika menggunakan mod bisa lebih dari 6).

Image result for don't starve together

Game ini terkenal dengan tingkat kesulitan cukup tinggi karena karakter kita sangat cepat bertambah tingkat kelaparannya, seperti pada kebanyakan game survival lain, kegiatan malam sangat amat di larang jika tidak mempunyai persiapan khusus, karena jika dalam gelap kalian akan instant death oleh monster-monster malam. di dalam game ini juga ada hal unik, di dunia Don’t Starve kalian akan melihat dunia yang sangat gelap dan pada karakter kalian ada sebuah status mental, status ini akan berkurang jika karakter kalian jika tidak tidur, setelah status mental itu semakin berkurang maka kalian akan sekilas melihat monster-monster tadi, jika status mental kalian sama sekali tidak ada maka kalian akan diserang oleh monster tersebut, tidak bergantung pada siang atau malam, monster itu akan tetap menyerang karakter kita.

Bagaimana caranya bertahan hidup dalam game ini? gw akan bahas don’t starve together, walaupun don’t starve versi awal juga sama aja sistemnya. sebelum masuk ke cara bertahan hidup, di awal mulai game kalian akan memilih sebagian karakter, setiap karakter mempunyai status yang berbeda-beda seperti berikut:

Image result for don't starve together character

  1. Wilson PortraitWilson : Grows a magnificent beard.
    Sanity : 200
    Health : 150
    Hunger : 150
  2. Willow Portrait
    Willow : Immune to Fire damage. Has a sweet Lighter. Lights fires when nervous.
    Sanity : 120
    Health : 150
    Hunger : 150
  3. Wolfgang Portrait
    Wolfgang : Grows stronger with a full belly. Is afraid of monsters and the dark.
    Sanity : 200
    Health : 150 – 300
    Hunger : 300
  4. Wendy Portrait
    Wendy : Is haunted by her twin sister. Feels comfortable in the dark. Doesn’t hit very hard.
    Sanity : 200
    Health : 150
    Hunger : 150
  5. WX-78 Portrait
    Wx-78 : Not a picky eater. Is charged by lightning, but damaged by water. Can upgrade with gears.
    Sanity : 100-300 150-300
    Health : 100-400 150-400
    Hunger : 100-200 150-200
  6. Wickerbottom Portrait
    Wickerbottom : Knows many things. Self-publishes books. Can’t sleep, hates food spoilage.
    Sanity : 250
    Health : 150
    Hunger : 150
  7. Woodie Portrait
    Woodie : Has a lovely axe. And a terrible secret. Is thankful for bountiful harvests.
    Sanity : 200
    Health : 150
    Hunger : 150
  8. Wes Portrait
    Wes : Can’t talk. Has trouble staying alive. Practices balloonomancy.
    Sanity : 150
    Health : 113
    Hunger : 113
  9. Waxwell Portrait
    Maxwell : Is dapper, but frail. Can split his mind into pieces. On a first-name basis with the night.
    Sanity: 200
    Health : 75
    Hunger : 150
  10. Wagstaff Portrait
    Wagstaff : A great inventor. Nearsighted. Delicate Stomach.
    Sanity : 150
    Health : 150
    Hunger : 225

Image result for don't starve together character

 

Survive

Setelah memilih karakter kalian akan memulai dengan map yang luas, minggu pertama adalah saat dimana paling berbahaya untuk bertahan hidup, tetap fokus. Hal yang harus dilakukan pada pertama kali adalah

  • cari beberapa Flint, grass, dan saplings.
  • setelah itu segeralah crafting pickaxe dan axe menggunakan bahan-bahan tadi, kalian bisa dapat lebih banyak Flint dengan menghancurkan batu menggunakan pickaxe.
  • kumpulkan berbagai bahan utama seperti  flint, logs, rocks, saplings, and grass, bahan-bahan ini akan berguna nantinya.
  • jika menemukan carrots dan berries sepenjang perjalanan, kumpulkan hingga berjumlah masing-masing 5 buah. itu cukup untuk mengisi full status hunger kalian. diutamakan bahan makanan di masak terlebih dahulu supaya efek yang diberikan lebih besar, jangan pernah menyimpan bahan makanan mentah dan matang bersamaan, itu hanya membuang space inventory kalian.
  • jika masih ada space pada inventory, kumpulkan pine cones.

Persiapkan campfire untuk bertahan pada malam hari, jangan pernah untuk menaruh campfire atau torch pada siang hari, gunakan hanya pada malam hari. apa yang harus di lakukan pada malam pertama? buatlah 2 torch, sehingga kalian masih bisa mengexplore pada malam hari lalu lakukan hal yang sama seperti siang hari yaitu mengumpulkan bahan. jangan lupa masak bahan makanan jika diperlukan. sebelum malam selesai, persiapkan campfire lain untuk digunakan pada ekplorasi berikutnya. jika kalian sedang berexplorasi dan tidak ada campfire di lokasi tersebut, makan lah makanan raw atau mentah daripada membuang bahan untuk membuat campfire, tetapi jangan memakan daging mentah kecuali terpaksa, karena daging mentah akan membuat status sanity kalian berkurang.

Image result for don't starve together

setelah 2 atau 3 hari berhasil bertahan hidup, carilah lokasi yang bagus untuk membuat base. posisi yang bagus menurut community Don’t Starve adalah :

  • dekat dengan jalan.
  • di area sekitar terdapat pigs dan beefalo. tetapi jangan terlalu dekat atau mereka kan menyerang kalian, beefalo begitu agresif pada musim kawin (iya ga salah kok) jika kalian bisa memancingnya kalian akan mendapat bahan makanan yang bagus. pigs dan beefalo sering menjadi sasaran serigala dan mereka akan menyerang balik biasanya mereka menang, apa yang terjadi? banyak loot!
  • dekat dengan rabbit hole atau sarang kelinci. rabbit hole akan sering memberikan sumber makanan ini sangat penting pada musim dingin.
  • ponds atau kolam, ponds adalah tempat bekumpulnya frogs, frogs sangat agresif tetapi kalian dapat menangkapnya dengan trap.
  • jangan dekat dengan Walrus Camp.
  • jangan dekat dengan Sink Hole.
  • desert, tempat terbaik mendapatkan grass, twigs dan item lain.

Image result for don't starve together

Ketika kalian sudah mendapat bahan yang cukup dan menemukan lokasi yang bagus, buatlah Science Machine

  • buatlah backpack untuk menambah inventory.
  • persiapkan log suit dan spear, log suit sangat bagus untuk pertahanan kalian tanpa mengurangi speed. jangan gunakan grass suit karena tidak terlalu berguna kecuali kalian tidak mempunyai bahan untuk membuat log suit.
  • buatlah hammer.

mulai lah mencari bahan dengan melawan monster-monster, lakukan terus untuk mencari bahan makanan dan keperluan survive lain dan yang terpenting adalah “Don’t Starve!”

Guide ini akan berlanjut di part selanjutnya.

 


Like it? Share with your friends!

49
49 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
cloudman

Grand Master

-

0 Comments