Cara Mengatasi Seseorang Agar Tidak “Hanyut” Dalam Bermain Game!


66
66 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements
Gamebrott Editorial

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Bermain game adalah suatu hal yang menyenangkan sekaligus memberikan rasa rileks dan bahagia ketika memainkannya. Bermain game juga merupakan salah satu kegiatan yang bisa dijadikan sebagai hobi yang menyenangkan. Memang hiburan yang satu ini menjadi hiburan yang sudah banyak digandruingi oleh masyarakat luas terutama anak muda. Tapi orang dewasa juga masih bisa tertarik dengan game ditengah kesibukannya dalam bekerja. Malah orang yang sudah bekerja dan punya penghasilan inilah orang yang bisa serius dibidang game. Karena uangnya bisa dialokasikan ke akun game nya.

Advertisements
Gamebrott Editorial

Memang bermain game itu menjadi salah satu pilihan yang paling pas untuk mengistirahatkan pikiran yang sedang lelah. Apalagi sekarang banyak genre game yang diperuntukan untuk menghilangkan stress dan membuat pikiran tenang. Namun yang namanya hobi termasuk bermain game ini tidak bagus juga berlebihan. Bagi yang lahir tahun 2000 an pasti pernah atau  sering dimarahin orang tua karena keseringan bermain game yang berakibat rendahnya nilai rapot kan hehe. Nah itu sebenarnya orang tua sudah bisa melihat segi negatifnya dari bermain game.

Selain itu terlalu sering bermain game dan malah menjadi berlebihan akan berakibat kemasalah psikologis gamer tersebut. Misalnya orang sering bermain game online RPG, ia akan cenderung tidak tertarik dengan orang orang dunia nyata karena ia sudah terpengaruh dengan orang orang didunia maya yang bahkan tidak diketahui umur dan karakteristiknya. Padahal mengenal orang didunia nyata itu penting untuk perkembangan social seseorang. Hasilnya adalah orang yang berlebihan bermain game online ia akan tertutup dengan dunia nyata, pendiam, dan malah tidak ingin bergaul. Lalu siapa yang dirugikan akibat perbuatannya? Ya dirinya sendiri. Karena kita hidup didunia nyata, bukan didunia maya kan?

Dari contoh diatas, pepatah dari “segala sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus” memang benar. Memang sebagian orang bisa menyeimbangkan diri antara dunia gamenya dengan dunia nyatanya. Seperti halnya para atlet eSport yang sudah berpengalaman. Saya yakin mereka pasti bisa menyeimbangkan dua hal diatas disela sela karirnya sebagai atlet eSport yang sudah pasti selalu bermain game dalam setiap latihannya. Akan tetapi bagi sebagian orang lagi yang masih baru terjun ke dunia game ada kemungkinan ia bisa terjerumus dalam lingkaran dunia game sehingga membuat orang tersebut menjadi introvert seperti yang saya sebutkan diatas. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

  1. Cari Banyak Teman


    Banyak teman banyak rezeki. Carilah teman didunia nyata dengan game yang sama atau yang sehobi. Dengan begitu, seseorang akan lebih mudah berkomunikasi secara langsung entah itu tentang game, atau yang lain. Hal ini juga untuk mengantisipasi seseorang untuk tidak terjerumus ke dunia game jauh lebih dalam. Misalnya temannya ingin pensi main game dan ingin coba hal baru. Nah seseorang itu bisa ikut ikutan untuk mencoba hal baru yang lebih bermanfaat seperti yang dilakukan temannya tadi. Dengan begitu orang tersebut bisa terselamatkan dari terjerumus dunia game.

  2. Banyak Bersosial


    Para gamers memang kebanyakannya introvert dan sering menyendiri ketimbang berkelompok. Hal ini dipicu oleh terlalu berlebihan main game jadinya orang tersebut kurang tau bagaimana cara bersosialisasi dengan orang didunia nyata. Bagi kalian yang memang merasa sedang dalam kondisi tersebut, mulai sekarang cobalah untuk banyak banyak bersosialisasi dengan orang lain. Entah itu mau kenalan dengan orang baru, sering sering bergaul dengan teman, sering nongkrong, ngobrol ngobrol bercandaan, atau ngobrol tentang game yang kebetulan sama dengan yang kalian mainkan sekarang, dan tentunya hal ini harus dilakukan di dunia nyata. Kurangi aktifitas nge-game nya dan ganti dengan bersosialisasi. Dengan begitu, kalian akan menikmati apa yang namanya masa muda dan tidak hanya terkurung dilingkaran kehidupan gamer yang penuh kesendirian.

Nah dengan dua hal diatas yang bisa kalian lakukan, kemungkinan besar kalian bisa menyeimbangkan antara dunia game dengan dunia nyata. Dua hal diatas juga perlu dilakukan secara sering dan perlahan karena tidak akan berhasil jika hanya dilakukan sekali saja. Perlu diingat semua yang saya bahas diatas tadi berkaitan dengan orang yang sudah benar benar terjerumus ke dunia maya atau game. Masih banyak kok orang masih bisa menyeimbangkan dunia maya dengan dunia nyatanya. Hobi memang hobi, semua orang punya hobi. Tapi ingat satu hal, jika dilakukan dengan berlebihan itu dampaknya tidak baik.

Demikian opini saya kali ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dan terimakasih sudah membaca.

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

66
66 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
2
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Perkenalkan saya Ahmad Rafi, penulis asal Kalimantan Selatan. Saya suka membuat guide guide atau listicle atau artikel yang saya anggap bisa saya buat dan bisa dinikmati pembaca :D Ya walau tulisan nya agak ngaur semoga saja kalian bisa memahami nya dengan mudah :v

Referensi melahirkan inspirasi.

Contact me: Instagram: @ahmadrafi_

#budayakanmembaca

0 Comments