Cloud Gaming Kelebihan Dan Kekurangannya


40
40 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ūüíĶ seperti yang bondymen lakukan disini

Era-era 90 an kebawah umumnya para Gamer mengenal istilah Gamebot atau Jimbot, jika berkeinginan ingin memainkan games di dalam genggaman atau istilahnya main games yang bisa dibawa kemana-mana, seiring berkembangnya jaman, platform games portable mulai banyak bermunculan, sebut saja dari era Gameboy, hingga yang paling canggih terakhir itu Nintendo 3DS dan juga PS Vita, yang tentu saja semakin majunya jaman, semakin ciamik pula tampilan dari games-games tersebut yang bisa dibilang setara dengan tampilan grafis di games Console ataupun PC Modern.

Dan di jaman Millenials seperti sekarang ini, games-games Mobile mulai banyak bermunculan yang seakan akan menggantikan kedudukan platform games portable tradisional, bahkan bisa dibilang era keemasan  games portable sudah luluh lantah dan mulai banyak digantikan oleh kepopuleran dan dominasi games-games Mobile yang notabene, walaupun sama-sama mengusung konsep portable dan praktis bisa dibawa-bawa, games-games Mobile tersebut tak bisa dikatakan sebagai 100% games portable, melainkan games yang diselipi kedalam suatu alat komunikasi dan multimedia modern, yang fungsinya bukan 100% bukan untuk nge- games.

Apalagi dengan munculnya suatu platform, yang memungkinkan kita untuk bisa bermain games-games modern terutama yang muncul di PC sekarang dengan hanya memanfaatkan gawai ponsel ataupun PC kelas kentang yang kita miliki, yup betul kita sedang membicarakan platform Cloud gaming, yang beberapa tahun ini sedang populer dan menjadi perhatian bagi sebagian besar Gamer yang memang sudah sangat mengidam-idamkan, jika suatu saat hal seperti ini terjadi, dan akhirnya semua mimpi Gamer itu benar-benar menjadi kenyataan sekarang.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya-tanya, memangnya Cloud gaming itu apa sih? Oke, jika kamu-kamu ada yang belum paham dengan istilah yang tergolong sedikit baru di ranah dunia gaming itu, maka akan penulis jelaskan dulu. Jadi Cloud gaming itu adalah semacam platform digital yang memungkinkan kita bisa memainkan games-games kelas berat atau istilah jaman now nya sekarang ini adalah games-games bertipe AAA, yang mana games-games tersebut tersimpan di gallery atau perpustakaan di dalam server penyedia konten platform Cloud gaming bersangkutan.

Jadi dengan adanya teknologi ini, kamu bisa memainkan games-games kelas berat seperti Resident Evil 2 Remake, Final Fantasy 15, sampai Apex Legends dengan hanya bermodal ponsel pintar ataupun computer atau Laptop spek kentang yang kalian miliki. Dan hebatnya Cloud gaming ini adalah jika kalian ingin memainkan games yang ada di perpustakaan Cloud gaming tersebut, kalian tak perlu lagi repot-repot menginstal ataupun membeli games yang ada disana. Jadi hal ini tak akan mempengaruhi ukuran memori ataupun hardisk di computer kalian yang biasanya jika hanya mempunyai PC ataupun Laptop spek kentang, biasanya kapasitas memorinya tak akan sangat  besar.

Cloud gamings sendiri sangat berkaitan erat dengan istilah game on-demand yang biasanya istilah ini juga dikaitkan dengan konsep streaming video , yang lebih populer terlebih dahulu. Yaa, jika biasanya video atau film yang di streamingkan, ini video games. Jadi Cloud gaming ini bertujuan untuk menyediakan teknologi yang memungkinkan para Gamer menjalankan dan mengendalikan games di perangkat pribadi mereka seperti ponsel pintar ataupun PC spek kentang melalui perantara koneksi internet. Jadi server penyedia jasa layanan Cloud gaming inilah yang menginstal dan menjalankan games dan lalu mengalirkan video gameplay ke para pemain, yang mana setiap control yang Gamer lakukan juga dapat terdeteksi secara langsung dengan server layanan cloud gaming tersebut dari jarak jauh.

Dan seperti layanan video on-demand pada umumnya, layanan seperti ini memang tak sepenuhnya gratis, alias kalian diharuskan membayar harga sewanya setiap bulan, tapi ada juga beberapa layanan Cloud gaming yang menawarkan paket sewa mingguan seperti yang dilakukan oleh penyedia layanan Cloud gaming local, yaitu Skyegrid. Dan jika kalian simak juga bahasan penulis di awal-awal, jika games-games yang tersedia di library Cloud gaming itu gratis seluruhnya, itu tidak 100% benar juga alias untuk beberapa judul tertentu saja, sisanya biasanya para Gamer harus membeli gamesnya terlebih dulu di platform store games bersangkutan, seperti Steam games store. Dan biasanya para Gamer nanti diharuskan mengkoneksikan akun steam dan akun Cloud gaming mereka untuk saling terhubung dan kalian bisa dengan otomatis memainkan games yang kalian sukai di patform Cloud gaming kalian itu.

Akan tetapi masalah terbesar dari layanan tersebut, apalagi bagi kita yang tinggal di Negara berkembang seperti Indonesia ini, adalah terkait dengan koneksi jaringan. Karena memang karena kita bermain games secara streaming, maka yang namanya akses koneksi internet yang sangat stabil bahkan kalau bisa lebih kencang lagi, mutlak wajib kita harus miliki. Karena jika koneksi kita tak menentu bahkan bisa dibilang kadang suka bermasalah atau Lola istilahnya, maka hal ini akan sangat mengganggu perform kalian ketika bermain games di platform Cloud gaming tersebut, seperti terjadinya lag, gambar atau tampilan menjadi pecah-pecah ga jelas, hingga kemungkinan terburuk menjadi freeze, yang membuat kalian tak bisa mengontrol karakter dari games yang kita mainkan tersebut, apalagi jika banyak orang yang bermain games di dalam server Cloud gaming tersebut, maka pemakaian bandwith akan semakin meningkat secara drastic, dan tentu saja ini memerlukan koneksi yang tak biasa-biasa saja alias harus benar-benar kencang.

Tapi dengan adanya Cloud gaming, kamu-kamu tak perlu berinvestasi dengan mengupgarde PC mu setiap beberapa tahun sekali, dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalian tak perlu menginstal games yang ingin kalian mainkan di layanan Cloud gaming tersebut, intinya tinggal berlangganan, cari games yang ingin kalian mainkan, lalu tinggal play, maka kalian sudah bisa menjajal bermain games-games kelas AAA, di gawai milik kalian. Dan dikarenakan layanan Cloud gaming ini tak memihak pada vendor atau perusahaan perancang konsol games tertentu, maka dengan teknologi Cloud gaming ini, kalian bebas memainkan games di layanan ini di ponsel pintar, PC desktop, Laptop, bahkan Smart TV yang kalian punyai alias lintas platform. Ini jelas memungkinkan para Gamer bermain games di layanan tersebut secara bebas kapan dan dimana saja, selama kalian  memiliki jaringan internet dan koneksi yang sangat memadai.

Beberapa pengamat dan para pelaku di dunia games sampai mengatakan jika layananan Clod gaming atau bermain games secara on-demand melalui server komputasi awan, merupakan jawaban yang sesungguhnya untuk industry games di masa depan, bahkan bisa dibilang jika Cloud gaming akan menggantikan kedudukan konsol games maupun PC High end, yang mana kedepannya kedua perangkat tersebut akan semakin ditinggalkan. Benarkah demikian?

Kalau menurut penulis sendiri, hal tersebut tak akan sepenuhnya terjadi, kenapa Penulis bisa berpikir sedemikiannya ? karena biar bagaimanapun juga konsol ataupun perangkat PC, merupakan suatu barang yang sudah menjadi akar dari dunia gaming itu sendiri, dan keduanya tak akan dilibas oleh waktu, setidaknya sampai 10 tahunan kedepan. Karena biar bagaimanapun sebagian besar Gamer tetap  lebih menyukai bermain games tanpa adanya batasan oleh koneksi internet yang tak stabil atau yang lebih lucunya lagi para Gamer mungkin ogah, bermain games di Cloud gaming, karena mereka tak ingin sedang asyik-asyiknya bermain games, tiba-tiba menjadi terhenti ataupun keluar dari aplikasi atau web cloud gaming tersebut, hanya karena kuota ataupun tenggat layanan internet mereka sudah habis.

Apalagi jika koneksi kalian sangat lambret, seperti para Gamer yang mungkin tinggalnya masih dipelosok, pasti akan sangat terganggu dengan tampilan yang sanagat pecah, dan nge lag secara beruntun, yang mana ini benar-benar sangat mengganggu ketika kalian sedang bermain games di layanan Cloud gaming. Intinya bermain Cloud gaming ini, umumnya memang diperuntukkan oleh mereka-mereka yang ingin mencoba bermain games AAA yang notabene jika kita ingin bermain games tersebut di era sekarang ini, membutuhkan bujet yang cukup besar seperti kita harus membeli platform konsolnya dulu ataupun upgrade PC kalian. Tapi bagi para Gamer Hardcore, bermain games langsung di perangkat konsol ataupun PC High-end milik sendiri, adalah suatu kepuasaan yang mungkin tak dimiliki secara 100% oleh para pemain games di layanan Cloud gaming ini.

Tapi biar bagaimanapun juga, teknologi ini, mungkin akan benar-benar bisa meruntuhkan dominasi konsol seperti yang sudah dilakukan oleh platform portable games beberapa tahun sebelumnya, dan memang sekali lagi teknologi ini, benar-benar membuat impian gamer menjadi kenyataan, yaitu bermain games-games AAA, secara real-time melalui ponsel kalian, dan mungkin bisa dijadikan ajang pamer kepada teman-teman kalian yang masih awam, agar beranggapan jika games tersebut murni 100% games ponsel yang bisa di dapatkan di playstore ataupun appstore.

Dan jika kalian ingin sekali bermain games menggunakan teknologi ini, kalian mungkin bisa menjajal layanan Cloud gaming seperti G-Force Now, Skyiegrid, Vortex, hingga yang akan muncul nantinya yaitu Google Stadia milik Google dan juga Project X Cloud milik Microsoft. Jadi layanan yang mana yang akan menangkal kebosanan kalian? oke, choose your list Geeks.


Like it? Share with your friends!

40
40 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
bondymen

Master

Hai perkanalkan Gue Bondy, seorang Gamer yang maniak dengan hal hal yang berbau fantasy dan dunia Geeks.. pokonya hidup Gue , always all about pop culture in life..

 

 

Btw, ngomong ngomong games kesukaan, hampir semua games di console gue mainin, tapi kalau mobile emang jarang banget, jadi bisa dibilang gue Gamer generasi X yang gemar dengan yang namanya mainin games di console dan Arcade..

Singkat kata, salam kenal semuanya...Salam Gamer

0 Comments