Dibalik Meledaknya Game Mobile Dipasaran, Struggle, Oportunis, Popularitas


75
1 comment, 75 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang ODA lakukan disini

Smartphone sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang saat ini, media sosial, konektifitas dan juga kebutuhan kerja adalah fungsi kecil dari manfaat yang diberikan oleh smartphone. Selain itu banyak juga yang memanfaatkan smartphone sebagai lahan bisnis melalui mobile games. Jika kita lihat didalam play store, jumlah game yang ada disana sangatlah beragam mulai dari childs game, family game dan juga corporate games. Tidak semuanya memiliki kualitas yang bisa diacungi jempol, kebanyakan diantaranya hanyalah game yang menjiplak dari game populer yang lainnya.

Developer Mobile yang Oportunis

 

Game game mobile populer seperti clash of clans, brave frontier, dan juga fate grand order pasti memiliki banyak copycats di playstore. Hal ini digunakan oleh para developer yang menunggangi kepopuleran game tersebut, jadi ketika kalian mencoba mencari clash of clans contohnya, pasti banyak game yang sama persis dengan clash of clans dari hasil yang keluar. Selain itu game copycats ini juga dibuat secara begitu saja oleh para developer, tidak adanya update yang signifikan, microtransaction yang tidak masuk akal, dan kualitas keseluruhan game yang patut dipertanyakan.

Lahir Untuk Menjadi Populer

Kemudian juga banyak game yang awalnya sudah populer di PC atau konsol lalu di Port ke Mobile phone. Player Unkown Battlegrounds (PUBG) dan fortnite adalah contoh kecilnya. Kepopuleran kedua game tersebut sudah tidak diragukan lagi, dan keduanya merupakan penduduk tertinggi di dunia Battle Royale. Dengan merambahnya ke dunia mobile, kedua game tersebut dengan mudah bisa memperoleh player base yang cukup banyak. Sudah berapa banyak teman kalian yang bermain PUBG mobile ? mungkin diantara kalian hampir semua temannya bermain PUBG mobile, kenapa ? karena dengan barang yang bisa mereka bawa kemana mana bermain secara ramai ramai bukanlah hal mustahil lagi. Kemudian fitur yang ada didalam PUBG Mobile juga tidak mengalami perubahan banyak disamping penyesuaian untuk mobile.

 

 

Vainglory, Mobile Legends dan juga Arena Of Valor menjadi Mobile MOBA yang digandrungi oleh anak sekarang. Bahkan sudah banyak turnamen turnamen yang diselenggarakan secara profesional untuk menggaet kepopuleran game tersebut. Walaupun Mobile Legend cenderung diminati oleh para pemain dari indonesia saja, banyak event event yang menyelenggarakan turnamen untuk meramaikan game tersebut. Arena Of Valor dan juga Vainglory sudah memiliki player base secara global. “masih Bagusan Mobile Legends lah”, “Apaan, Vainglory maennya kok Ngedrag”, “Hero kok Nyontek game sebrang” cuitan cuitan yang sering kita dengar dari para pemain Mobile MOBA ini terkadang membikin kita pusing. Jangan Membangunkan Macan Yang sedang Tidur, Jika kalian memang senang memainkan game tersebut dan jatuh cinta dengannya, jangan mencoba untuk menjelek jelekkan game lain yang hampir mirip. Game juga seperti manusia, tidak ada yang sempurna dan semua pasti memiliki kekurangan dan kelebihan.

 

Disisi Lain Gacha Menjadi Pil Pahit yang Wajar

Jika kalian termasuk dari orang yang sudah terjerumus jurang Pergacha-an, maka setidaknya kalian sudah tahu manis pahitnya hidup ini. Hampir 80% mobile game yang saya mainkan selalu mengimplementasikan sistem gacha, Fate Grand Order, Grand Blue Fantasy, Azur Lane, Valiant Force dan bahkan Ragnarok M. Jika kita lihat hampir semua game yang memiliki sistem gacha adalah game free to play yang juga bersih dari iklan iklan. Untuk memperoleh untung dari game free to play, sang developer akan memasang iklan iklan, tetapi jika mereka sudah bisa mengimplementasikan sistem gacha yang menarik dan “Fair”, hanya dalam beberapa tahun atau bulan saja mereka akan memperoleh untung besar.

Jika kalian pernah membaca sebuah artikel dimana Fate Grand order menjadi Top Grossing Game dan juga memperoleh untuk yang cukup besar, hal ini lah yang menyemangati developer lain untuk menyelipkan sistem gacha dalam game mereka. Tetapi terkadang juga ada developer yang bermain curang dalam sistem gacha mereka, contohnya ada sebuah rate up hero dan ternyata hero tersebut hanya bisa didapat dengan menggunakan jewel atau Gems yang dibeli menggunakan uang asli. Hal ini biasanya membuat kecewa para free player yang tidak ingin mengeluarkan uang dan biasanya karakter yang menggunkan premium gacha adalah karakter yang “OverPowered”. Jadi sistem gacha memang menyenangkan tetapi juga merugikan satu pihak.

Mungkin untuk sepuluh tahun kedepan, pengembangan mobile game masih akan berkembang begitu pesat. Digabungkan dengan sangat cepatnya smartphone berevolsi setiap tahun, mungkin dalam waktu dekat kita akan merasakan kekuatan sebuah mobile phone yang setara dengan gaming notebook dan bisa memainkan desktop games.


Like it? Share with your friends!

75
1 comment, 75 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
ODA

Grand Master

Easily i'm a speedrunning scene Fans since 2012 and still following it til today

P.S Do not stalk my Twitter Please

One Comment