Dibalik Pembuatan Darkest Dungeon: Sengaja Bikin Stres


55

Jika mencari game rpg yang beda, mungkin darkest dungeon bisa menjadi alternatif. Sebuah rpg yang mengusung tema perjalanan ke dalam sebuah dungeon. Temanya lebih turn based dikombinasikan dengan kesan dark dan horror. Tempatnya mengambil sebuah dungeon yang terhubung ke dunia lain. Tidak heran banyak makhluk aneh yang bermunculan.

[bsa_pro_ad_space id=1]

Seperti Namanya darkest dungeon, anda benar-benar memasuki sebuah dungeon yang paling gelap. Kegelapan ini ditambah dengan berbagai gambar artistik dengan warna hitam pekat. Belum lagi sistem tambahan berupa obor yang mengatur tingkat kegelapan dalam dungeon. Sehingga, kegelapan perlu diperhatikan saat bertarung dengan lain. Karena itu, salah satu hal yang dipengaruhi oleh kegelapan dalam dungeon adalah stress. Stress adalah salah satu fitur darkest dungeon yang paling menonjol. Stres dapat memberikan pengaruh buruk kepada pemain. Banyak hal yang dapat menyebabkan stress, mulai dari masalah obor seperti di atas, tidak makan, tekhnik bertarung tertentu, quirk, dll.

Menariknya karena fitur ini, game ini benar-benar seolah memberikan stress di dunia nyata. Apalagi fitur ini memang benar-benar susah dan jika tak cukup baik mengelolanya anda akan gagal. Anda akan melihat teman-teman hero anda akan mati. Apalagi melihat hero anda mati kena serangan jantung padahal musuh masih banyak. Sang developer turut angkat bicara soal gamenya yang bikin stress. Tyler sigman memberikan presentasinya di sebuah acara GDC ( game developer conference atau konferensi developer game). Ia merupakan co founder, co president dan design director dari red hook studio yang merupakan developer pembuat darkest dungeon.

Darkest dungeon adalah tentang membuat kondisi sangat buruk. Itulah mungkin kalimat pertama dari paragraph awal yang menjadikan mengapa darkest dungeon bisa bikin stres. Ia juga menambahkan sedikit penjelasan bahwa darkest dungeon memang merupakan game petualangan stres psikologi. Tulisan peringatan ini dapat anda temukan di awal pertama kali bermain darket dungeon.

Menarikanya lagi, ia menunjukan contoh kasus seseorang game yang memainkan darkest dungeon. Terlihat orang tersebut hanya membawa tiga anggota party, namun ia terlihat semangat di awal. Apalagi bos yang di lawannya memang darahnya telah berkurang. Terlihat heronya sudah kekurangan darah dan sangat mengharapkan healer,  akibatnya, heronya pada akhirnya mati dan dia hanya berteriak marah.

Menariknya tyler mengungkapkan bahwa orang tersebut masih memainkan game tersebut lagi setelah kejadian emosional tersebut. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut untuk menimbulkan ikatan emosional antara game dan pemainnya. Ikatan emosional inilah yang mempengaruhi pembuatan dari darkest dungeon.

Karena itu, ia membuat berbagai hal yang seolah menghubungkan antara karakter game dan pemain sebagai wujud ikatan emosional. Mulai dari membuat RPG yang tak biasa,  Para hero adalah manusia, pengambilan keputusan yang tidak nyaman, momen keputusasaan dan momen kemenangan. Semua hal tersebut digabung menjadi satu sampai membentuk darkest dungeon seperti sekarang.

Tyler juga menjelaskan beberapa sumber inspirasinya. Ia mengungkapkan bahwa sumber insipirasinya dari film yang dramatis. Ia menyebutkan beberapa film tentang perang. Namun, bisa jadi hal tersebut terinpirasi dari kehidupan sendiri. pada peresentasi lainnya, sebenarnya ia mengungkapkan bahwa hal tersebut berhubungan dengan kematian dua keluarganya. Karena itu, darkest dungeon tidak bercerita soal kesehatan mental atau sakit mental tapi lebih ke arah bagaimana orang-orang bereaksi pada stres.

Developer sendiri sebenarnya menamakan sistem stress sebagai bagian dari affliction sistem atau sistem penderitaan. Dalam sistem tersebut juga berusaha untuk membuat bingung pemain dengan manfaat fiturnya. Menurutnya sistem ini sangat sukses karena berhasil membuat pemain benar-benar putus asa. walaupun, sistem stress juga punya sisi menguntungkan yaitu virtue sistem yang memberikan berbagai manfaat.

Namun ternyata sebagai developer, ia juga merasa putus asa mengembangkan game ini. Hal yang menurutnya cukup sulit adalah naratornya. Sebagaimana pemain ketahui, suara naratornya bisa dibilang salah satu kualitas dari darkest dungeon. Bagian sulitnya adalah Bahasa sang narator yang menggunakan logat tertentu dalam Bahasa inggris.

Terakhir, salah satu pembahasan yang paling menarik dari presentasi tersebut adalah spoiler melawan bos dungeon. Ia menunjukan video seorang korea yang memainkan darkest dungeon dengan 4 anggota party. Hal yang mengerikan terjadi ketika bos dungeon memberikan serangan mematikan sampai membunuh hero milik pemain dengan sekali pukul. Sang developer mengakui bahwa itu merupakan salah satu desain buruk dan sebenarnya tidak ada alasan yang jelas dari hal tersebut.

Pemaparan tersebut mungkin menggambarkan perjuangan developer membuat game yang bikin stres. tidak heran game darkest dungeon sangat disukai dan masih dinantikan. Apalagi sementara ini para developer sementara mengembangkan darkest dungeon 2 yang saat ini masih baru keluar trailernya.


Like it? Share with your friends!

55
Aru Akasa

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com

2 Comments