Dota 2 Guide – Beberapa Tips Menjadi Jungler Yang Baik


60
60 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Gilang Setiawan lakukan disini

Jungler dalam Dota 2 sendiri merupakan role yang bisa dibilang sangat menguntungkan untuk tim, karena dengan adanya role jungler maka perolehan exp dan gold dari solo lane akan lebih besar. Tetapi menjadi pemegang role jungler juga harus memiliki keahlian khusus, karena akan menjadi ‘percuma’ apabila kamu memegang hutan milik timmu tetapi malah menjadi beban buat tim kamu. Dan pada artikel ini kami akan beri tips bagaimana menjadi jungler yang baik buat tim kamu.

 

Gunakan hero yang mampu untuk jungling

Yang paling utama dan terpenting adalah menggunakan hero yang mampu untuk jungling, paling tidak, hero tersebut memiliki salah satu kemampuan untuk Summon atau Convert (contohnya Enigma, Nature Prophet, Chen, dan Enchantress), AoE Ability atau ability dengan area effect (contohnya Counter Helix milik Axe, dan Caustic Finale milik Sand King), dan Lifesteal (contohnya Wraith King, Legion Commander, dan Lifestealer). Karena dengan adanya salah satu kemampuan diatas, kamu akan lebih mudah dalam farming.

Camp stack neutral creeps

Saat timer dalam match menunjukan 0.30 – 1.00 – 3.00 – 5.00 – dan seterusnya setiap 2 menit sekali neutral creeps akan spawn, jadi kamu harus belajar melakukan camp stacking yang berarti menumpuk neutral creeps yang ada pada satu spawn base, caranya yaitu dengan menggiring neutral creeps yang masih hidup keluar dari spawn box sebelum menit-menit neutral creeps spawn (biasanya kamu harus mulai menggiring keluar saat detik 53 atau 54). Untuk mempermudah kamu melakukan camp stacking, pada pengaturan kamu masuk menu option dan aktifkan pilihan Holding ALT Shows Neutral Spawnboxes.

Bantu rekan tim yang sedang war

Karena kamu sedang fokus melakukan farming di hutan, jangan pernah lupa kalau kamu juga memiliki rekan tim, jadi apabila ada rekan timmu yang sedang melakukan war pada lane, segeralah bantu apabila itu memungkinkan.

Selalu waspada dengan gank tim lawan

Seorang jungler tidak jarang menjadi sasaran gank tim lawan, jadi kamu harus waspada dengan daerah disekitarmu, kamu harus sering menengok ke minimap untuk melihat pergerakan hero tim lawan. Walaupun rolemu jungler, tapi bukanlah hal yang salah untuk membeli observer ward, karena dengan adanya vision pada hutan, kamu akan lebih mudah menghindari hero tim lawan yang datang ke hutan tempat kamu farming.

Ambil bounty rune

Bounty rune menjadi salah satu hal yang penting bagi kamu seorang jungler, selalu awasi timer permainan, bounty rune akan muncul 2 menit sekali pada menit genap (2, 4, 6, 8, ...). Perolehan exp dan gold dari bounty rune dapat membantu kamu para jungler untuk mempercepat farming.

Tidak selamanya kamu berada di hutan

Dengan nama role yaitu jungler, bukan berarti kamu selama permainan berlangsung hanya melakukan farming pada hutan, hilangkan presepsi jungler hanya melakukan farming, apabila kamu sudah merasa mampu dengan level hero dan item yang cukup, maka segeralah melaksanakan tujuan utamamu yaitu memenangkan permainan, lakukan war, teamfight, dan pushing. Jangan selalu terpaku dengan kata farming, farming, dan farming.

Dengan beberapa tips diatas, semoga kamu akan menjadi pemegang role jungler yang lebih baik ya brott, dan ingat, jungler merupakan role yang bisa dibilang sangat penting untuk timmu apabila kamu berhasil memegangnya, jadi usahakan sebaik mungkin untuk menjadi jungler yang berguna untuk timmu! Untuk tips-tips sebagai jungler lainnya bisa kamu tulis di kolom komentar ya brott, kami tunggu loh.


Like it? Share with your friends!

60
60 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
1
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
4
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !