[Guide] Cara Menambang yang Efektif Untuk Pemula – Minecraft


62
62 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Ahmad Rafi lakukan disini

Halo semua selamat pagi, siang, sore, malam, subuh dimana pun kalian berada apa kabar? Semoga sehat selalu dan selalu dimudahkan dalam menjalani hidup Aamiin.

Menambang merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilalkukan dalam bermain Minecraft dalam mode survival. Karena apa? Karena dengan itu pemain bisa mendapatkan material material yang sangat berguna dan berharga. Salah satu yang paling berguna itu adalah besi, dan yang paling berharga itu diamond atau emerald.

Sudah menjadi tujuan utama pemain Minecraft mendapatkan diamond dalam menambang karena dengan diamond itu pemain bisa membuat perlengkapan dengan ketahanan yang tinggi, dan barang yang sangat diperlukan, seperti Diamond Sword dan Enchantment Table untuk memberikan efek pada senjata. Sedangkan emerlad, ini juga termasuk material yang sangat berharga dan digunakan untuk trade atau membeli barang ke Villager. Namun emerald ini sangat sulit ditemukan bahkan lebih sulit daripada mencari diamond.

Sebenarnya menambang dalam Minecraft ini juga membutuhkan keberuntungan. Karena setiap map dalam Minecraft, letak material tidak selalu sama karena adanya perbedaan seed. Karena itu keberuntungan harus diiringi dengan usaha karena tidak bisa hanya bergantung dengan keberuntungan. Dan pada post kali ini saya akan memberikan guide bagamaina caranya menambang yang benar dan juga efektif. Guide ini saya peruntukan bagi pemula ya 😀 untuk yang expert nya mungkin nanti akan saya bahas. Langsung saja let’s go cekitbrott!

1. Persiapkan Perlengkapan

Persiapkan perlengkapan yang banyak. Bawa barang barang seperti kayu, beliung, obor, dan makanan yang banyak. Bawa juga barang2 seperti peti, tempat tidur, dan kompor atau furnace. Gunanya apa?
– Kayu untuk membuat perlengakapan jika nanti nya ada perlengkapan kalian yang hancur karena proses menambang butuh waktu lama.
– Beliung sudah jelas untuk menambang atau menghancurkan batuan.
– Makanan untuk kalian bertahan hidup selama menambang.
– Obor untuk penerangan.
– Tempat tidur jika kalian ingin tidur sekaligus untuk mereset tempat respawn.
– Perti untuk menampung semua hasil nambang kalian.
– Furnace untuk meleburkan besi dan emas, karena harus dileburkan dulu sebelum bisa di gunakan.
batu bara kok ga dibawa? kalian bisa mendapatkan batu bara dengan mudah selama menambang, jadi bisa tidak perlu di bawa jika sudah memiliki obor yang banyak.

2. Mulai Menambang

Carilah tempat yang bagus sebagai permulaan. Saya sarankan di bawah rumah saja agar nanti waktu naik keatas kalian tidak perlu khawatir jika malam tiba dan mobs menyerang. Hancurkan blok blok dengan cara berputar sambil kebawah membentuk tangga dengan jarak 1×1. Ini akan membantu kalian untuk membuat jalan kebawah namun kalian bisa naik lagi tanpa memerlukan tangga. Itung itung penghematan kayu kan?
Galilah sampai mencapai batuan akhir (bedrock) yang tidak dapat di hancur. Pada cara ini mungkin kalian akan menemui beberapa material selama perjalanan.

Bedrock

3. Berusaha dan Bersabar

Jika sudah mencapai bedrock, galilah dengan sembarang kearah yang kalian inginkan. Teruslah  menggali dan berharap menemukan diamond yang kalian idamkan 😀 Sangat diperlukan kesabaran pada tahap ini ya brott.

4. Buatlah Beliung Besi

Jika kalian sudah menemukan diamond, emas, atau redstone apalagi emerald untuk mengambilnya pastikan kalian menggunakan beliung besi untuk bisa di ambil. Jika tidak diamond, emas, dan redstone serta emerald akan hangus jika hanya menggunakan beliung batu. Resep nya sama dengan belung batu, hanya saja ganti batu dengan besi yang kalian temukan waktu perjalanan kebawah. Saya yakin kalian pasti menemukan besi saat menggali kebawah. Pastikan juga leburkan terlebih dahulu besi nya agar bisa dibentuk menjadi beliung.

5. Buatlah Beliung Diamond (Jika diperlukan)

Jika kalian sudah mendapatkan diamond, buatlah beliung diamond untuk mengambil obsidian. Perlu diingat bahwa obsidian hanya bisa diambil menggunakan beliung diamond. Dan juga untuk menghancurkan nya sangat lama. Obsidian digunakan untuk membuat Enchantment Table dan membuat Portal The End. Resep nya sama, tinggal ganti besi dengan diamond saja.

6. Simpanlah Hasil Mining Kalian

Jika sudah dapat yang kalian inginkan, simpanlah dengan aman sebelum kalian tanpa sengaja mati kena lava. Agar mining kalian tidak sia sia.

Cara diatas bisa diterapkan pada semuad versi Minecraft

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang cara nambang yang efektif untuk pemula pada post ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan. Dan terimakasih sudah membaca 😀

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

62
62 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
1
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Perkenalkan saya Ahmad Rafi, penulis asal Kalimantan Selatan. Saya suka membuat guide guide atau listicle atau artikel yang saya anggap bisa saya buat dan bisa dinikmati pembaca :D Ya walau tulisan nya agak ngaur semoga saja kalian bisa memahami nya dengan mudah :v

Referensi melahirkan inspirasi.

Contact me: Instagram: @ahmadrafi_

#budayakanmembaca

0 Comments