GUIDE MOBA Climbing Ranked


28
28 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ūüíĶ seperti yang nikolasnanda lakukan disini

Anda kesal Ranked kalah terus ? Sering tilt karena dapet teman yang fedding dan AFK ? Atau malah lebih parah lagi, trolling ?

Dari beberapa permasalahan tersebut saya memutuskan untuk sharing pengalaman tentang bagaimana mengatasi problema yang sering kita temui diatas. Langsung saja tidak usah berbasa-basi lagi ini dia…


yang pertama saya akan membahas tentang pengetahuan dasar atau faktor internal (dalam dirimu) yang bisa mempengaruhi jalannya suatu match/ game.

Perhatikan dan Pelajari Hero/ Champion META

Para PRO PLAYER menjadi semakin hebat karena mereka dapat beradaptasi. Saat ini game MOBA tidak lekang dengan adanya PATCH¬† / update, hampir setiap bulan PATCH baru selalu ada, jadi… tidak ada alasan untuk kalian tidak membaca catatan Patch, karena kunci kalian untuk beradaptasi ada di sana.

Baca setiap perubahan Hero/ Champion meta (yang menerima buff/ kondisi dimana hero/champion lebih kuat dari biasanya), hingga Item yang tentunya akan kalian temui di dalam permainan. Jika kamu memiliki pengetahuan lebih terhadap game tentunya akan memiliki kualitas untuk menang lebih besar daripada mereka yang tidak.

Mengerti Build Item

Tidak hanya Hero/ Champion meta saja yang kalian perlu ketahui. Kalian juga perlu mengetahui item apa saja yang harus kalian gunakan/ beli saat dalam permainan, karena hampir disetiap game build item tidaklah sama.

Prioritaskan Objective

Mengerti apa yang harus didahulukan, tower, buff, maupun objective lainnya.

Jangan malah nafsu mencari banyak kill, yang ada malah score death yang bertambah.

Jika kamu sudah mengambil objective sebaiknya pertimbangkan kembali untuck recall/ back to base, untuk sekedar mengisi Healt dan Mana, maupun membeli item.

Creeping

Ya.. hal satu ini sangatlah penting. tidak hanya kill banyak, pemain dengan kill mumpuni akan kalah dengan pemain dengan creeping yang baik. Kebanyakan pemain meremehkan hal spele seperti ini padahal selain mencari kill, kita juga dapat memperoleh gold dengan creeping yang tidak mempertaruhkan bertambahnya death score kita.

Map Awareness

Manfaatkan dengan baik fitur MINI MAP, dengan adanya mini map kita bisa mengerti kapan musuh akan melakukan ganking ataupun mengambil buff yang ada, dengan begitu kita bisa mencegah keadaan terburuk itu terjadi. *Bisa juga dengan melakukan warding ke dalam jungle musuh*MOBA yang membutuhkan ward.

Komunikasi yang Baik

Komunikasikan kalian akan menggunakan hero/ champion seperti apa, apakah tanker/ support/ mage, dan jangan malah toxic, karena toxic akan memperburuk keadaan, lebih baik kita memberitahu yang benar kalau dalam tim kita ada yang salah.


Berikut ini beberapa faktor eksternal dan tips berdasarkan pengalaman saya.

Metode BO 3 / BO 5

Metode Best of 3 adalah metode dimana kalian akan bermain 1 set terdiri dari 3 kali game :

  • Jika W, L, L maka pertimbangkanlah untuk bermain di ke esokan hari.
  • Jika W, W, L maka kamu boleh melanjutkan set BO3 yang ke 2 .
  • Jika pada set BO3 yang ke 3 kalian menemui L, W, L maka pertimbangkan untuk ranked di ke-esokan harinya.

Metode Best of 5 adalah metode dimana kalian akan bermain 1 set terdiri dari 5 kali game :

  • Metode ini hampir mirip dengan BO3 namun bila kamu menemui 1 kali saja ” Lose “, berhentilah sejenak untuk beristirahat minum/ melihat sekeliling untuk merilekskan otak, karena pada metode BO5 kalian akan bermain dengan set game yang cukup banyak.
  • Setelah beristirahat, kalian bisa melanjutkan set game, sampai kalian menemui set dimana W, L, L, L, W¬† atau ¬†L, L, W, L, L¬† maupun juga dimana set terdapat 3 atau lebih Lose match.

*W untuk Win/ Menang, dan L untuk Lose/ Kalah

Main pada Jam Tertentu

Perhatikan jam jam dimana para pemain yang berniat serius untuk climbing ranked dan para pemain yang hanya ingin mencari kesenangan saja. Hindari jam jam pulang kerja/ sekolah maupun akhir pekan, karena biasanya banyak pemain hanya bermain untuk menghilangkan penat. *Saran dari saya, cobalah ranked pada pagi hari sampai menjelang petang.

Backup Plan

Yang dimaksud rencana cadangan di sini adalah, jika kalian sangat ingin memainkan hero/ champion kesukaan kalian, namun ternyata tim kalian sangat membutuhkan tanker, maka kalian harus memiliki plan cadangan untuk memainkan tanker tersebut.

Sebenarnya, untuk memenuhi hal ini, kalian harus memahami 2-3 hero/ champion dari masing-masing role. Hal ini bertujuan agar kalian tidak bingung memainkan champion apa. Hal ini sangat berguna karena kita tidak tahu apa isi pikiran player lain, seperti tiba-tiba pick Carry padahal ia mendapatkan role Support ataupun ada player yang tidak bisa memainkan role tersebut. Mau tidak mau, kita harus menyiapkan rencana cadangan.

Perbanyak Jam Terbang

Jika kalian bertanya pada para Pro Player mereka hampir setiap hari meluangkan 10 jam waktu mereka untuk bermain, walau itu sekedar berlatih maupun mencoba coba build hero/ champion yang ada. Dengan banyaknya jam terbangmu maka kamu akan semakin terbiasa dan mengerti apa apa saja yang akan kamu lakukan untuk menghadapi berbagai keadaan.

Istirahat

untuk menghindari tilt (kelelahan yang menyebabkan permainanmu menjadi buruk), istirahatlah 5 menit setelah menjalani match/ game yang berdurasi kurang lebih 40-60 menit. Jika anda bermain dirumah, cobalah untuk berjalan mengambil minum ataupun streching tangan sebentar, hal ini juga untuk menghindari terjadinya CarpalTunnel.

Party dengan Teman

Saya hanya ingin membahkan.. jika kalian benar-benar frustasi dengan bermain sendiri, pertimbangkan juga bermain dengan rekan anda yang memiliki tier lebih tinggi dari kalian, dengan begitu ada kemungkinan kalian akan di carry oleh teman kalian atau malah kalian bisa kewalahan sendiri menghadapi musuh yang lebih jago dari kalian :v .

Dalam sebuah ranked game, jago saja tidaklah cukup, kalian juga memerlukan mental dan perilaku yang baik. Tidak mudah Tilt, pantang menyerah, tidak toxic, maupun tidak melakukan trolling. Perilaku-perilaku tersebut merupakan modal yang diperlukan pemain agar bisa memenangkan permainan.


Like it? Share with your friends!

28
28 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
nikolasnanda

Elite

0 Comments