Ingin Membuat Game Sendiri? Berikut Tips & Tahapan Dasar yang Wajib Kamu Ketahui!


86
86 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Setiap hari pastinya kita tidak lepas dari yang namanya game ya guys, setiap saat pastinya kita akan bermain game. Bilamana tidak bermain rasanya pasti sangat membosankan. Namun pernakah kalian berpikir untuk membuat game sendiri? Pastinya banyak dari para gamer yang memiliki keinginan untuk membuat game mereka sendiri. Sebelum membuat game, kalian harus memperhatikan tips & tahapan dibawah ini agar dalam belajar membuat game, kalian tidak akan kesusahan guys.

Kira – kira buat game itu susah gak sih? Jawabannya susah bila kalian tidak mempunyai tekad yang kuat! Oleh karena itu sebelum membuat game, alangkah baiknya kalian menyimak artikel dibawah ini terlebih dahulu agar tidak putus asa ditengah jalan. Penasaran apa saja tips & tahapannya? Langsung aja cek artikel dibawah!

1. Tentukan Konsep Game yang Akan Dibuat

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pembuatan game adalah menentukan konsep game yang akan dibuat. Jangan membuat game yang hanya terbayang sepintas dipikiran, kamu harus menentukan konsep game mulai dari gameplay, alur cerita, mekanisme, karakter, dan lainnya. Jika sudah benar – benar matang dalam konsep, barulah kamu bisa ke tahap selanjutnya. Karena bila tidak ada konsep, maka game apa yang akan dibuat?

2. Membuat Blueprint atau Rancangan Game

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam pembuatan game adalah membuat Blueprint atau rancangan dari game tersebut. Buatlah rancangan yang benar – benar detail dan kamu mengerti. Dengan adanya rancangan, kamu tidak perlu repot – repot memikirkan mekanisme game di pertengahan jalan, hal ini sangat penting agar game tersebut tidak berhenti ditengah jalan nantinya ( Abandoned Game ).

3. Membuat Game

Jika dua hal diatas sudah benar – benar matang, tahap selanjutnya adalah membuat game tersebut. Namun sebelum itu, pastikan kamu paham dengan bahasa pemrograman dan game engine yang dipakai. Setiap game engine memiliki bahasa pemrograman dan fitur yang berbeda, namun bagi kamu yang ingin membuat game namun tidak bisa programming, karena game engine sekarang kebanyakan memakai visual scripting agar mempermudah para penggunanya.

4. Testing Game yang Sudah Dibuat

Hal keempat yang perlu kamu jalani dalam membuat game adalah tahap testing setelah game mu selesai. Kamu harus mentest atau mencoba game yang sudah dibuat, hal ini bertujuan untuk mengetahui bahwa apakah di game tersebut masih terdapat kesalahan atau bug. Bila masih ada kesalahan, kamu harus memperbaikinya dan bisa lanjut ke tahap publikasi bila game itu benar – benar sudah sempurna.

Itulah beberapa tips dan tahapan dalam membuat game yang wajib kamu ketahui. Sebenarnya membuat game itu tidak terlalu susah bila ada tekad yang kuat. Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa langsung mencoba membuat gamemu sendiri dan semoga gamemu sukses dan bisa dipublikasikan ya!


Like it? Share with your friends!

86
86 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Ari Fathurriza

Article Writer & Game Developer

0 Comments