Ini Dia 8 Games Tokusatsu Yang Membuatmu Selalu Terkenang Akan Masa Kecilmu Dulu


81
81 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang bondymen lakukan disini

Era-era 80-90’an selalu identik  dengan masa-masa kejayaan Superhero asal Jepang atau yang biasa disebut dengan Tokusatsu. Bagaimana tidak film-film Hero Jepang atau Tokusatsu seperti Gaban, Gogo V, Kamen Rider Black RX, sampai Ultraman, hanyalah secuil dari banyaknya tokoh-tokoh jagoan Tokusatsu yang telah menghiasi masa masa kecil kita dulu, jauh sebelum anak-anak Mileniall seperti sekarang mengenal jagat sinematik Marvel dan DC( walaupun kedua Hero dari kubu tersebut sudah ada sejak lama, tapi ke populerannya baru dirasakan sekarang ini ).

Dan tahukah kalian jika para Hero Tokusatsu ini juga mempunyai deretan games yang sudah rilis sejak jaman era Nintendo dulu sampai sekarang. Kira-kira games Tokusatsu apa sajakah yang akan penulis jabarkan melalui List kali ini, yang mungkin bisa kalian cari lagi gamesnya entah melalui emulator atau lainnya yang mungkin bisa dijadikan salah satu obat nostalgia bagi kalian yang ingin mengenang kejayaan para Superhero asal negeri Sakura ini, lets-Henshin.


1. Chojin Sentai Jetman 

Games yang dirilis pada tahun 1991 untuk konsol Famicom atau Nintendo Classic ini, sudah cukup bagus pada eranya dulu. Dan games ini dibuat dalam format Action-side scrolling yang mengharuskan kita memilih salah satu ranger dari kelima tokoh rangers yang ada, dan biasanya ke lima tokoh jagoan berkostum warna warni tersebut akan mewakili satu area, dan berujung akan melawan boss berukuran besar di tiap akhir areanya.

Dan setelah kelima area sudah selesai semuanya, maka area keenam yang merupakan area terakhir akan terbuka, dan disanalah final Boss kalian sudah menunggu. Oiya games ini kekurangannya mungkin hanya terletak di fitur sistem multi playernya yang tidak ada.


2. The Space Sheriff Spirits

 

Games Space Sheriff Spirits ini diadaptasi dari TV series Tokusatsu berjenis Metal Heroes yang  menggabungkan trilogi dari series Space Sheriff sendiri, yaitu Gavan, Sharivan, dan Shaider dari Toei Company dan dirilis pada console Playstation 2 pada tahun 2006 silam dan games ini dikembangkan oleh pihak Bandai namco yang notabene sangat sering menelurkan jenis games yang berkaitan dengan pop culture Jepang seperti ini.

Games ini bisa dibilang gabungan antara Action, Fighting, hingga Storyline yang semuanya dibungkus secara apik, karena menggabungkan secara singkat momen-momen terbaik yang ada di tiap seriesnya dengan cukup apik dan detil, yang tentunya akan membawa kenangan tersendiri bagi mereka-mereka yang pernah menyaksikan TV seriesnya dulu, apalagi ditambah dengan tampilan gamesnya yang entah pada saat gameplay maupun cut-scenenya yang cukup ciamik yang tentu saja menjadi nilai plus tersendiri untuk games tersebut.


3. Super Tokusatsu Taisen 

Mungkin para Gamer yang membaca judul games ini akan teringat dengan salah satu judul yang cukup populer dikalangan penggemar games bergenre RTS. Yup, Super Robot Taisen, dan memang games ini bisa dibilang merupakan saudara kandung dari games tersebut, karena memang dikembangkan oleh developer yang sama yanitu Banpresto.

Yang membedakan adalah, games ini akan mempertemukan karakter-karakter dari Superhero Jepang seperti Kikaider, Kamen Rider Black, Ultraman, sampai Space Sheriff, pokoknya semua Hero Tokusatsu dari era Showa bisa kalian temukan semuanya di games ini. Games yang dirilis pertama kali pada tahun 2001 untuk konsol Playstation One ini berkisah tentang anggota Space Sheriff yang mengejar buronan penjahat galaxy yang bernama Luciferd, yang berujung pada akhirnya membuat semua Pahlawan penjaga alam semesta lainnya terpaksa harus berkumpul dan bersatu untuk saling bekerjasama dalam meruntuhkan tirani sang Villain.


4. Ninpu Sentai Hurriccanger 

Games yang dirilis oleh Bandai pada tahun 2002 untuk platform Playstation One ini, kalau menurut penulis merupakan games Super Sentai yang sangat jempolan sampai saat ini, bahkan jika dibandingkan oleh games Power Ranger buatan Amerika pun, games ini masih berada diatasnya. Lalu apa yang membuat games ini terlihat cukup keren pada eranya dulu bahkan sekarang pun games ini masih terlihat sangat layak dimainkan.

Itu tak lain dari gameplay games ini yang begitu mengasyikkan, apalagi jika kalian sanagat menyukai games yang bertipe “gebuk-gebukkan dan saling keroyok”, karena di games ini kalian akan mengontrol salah satu dari tiga rangers yang tersedia, dan sisanya akan menjadi sidekick kita di dalam pertarungan, ditambah dengan pertarungan zordnya yang juga cukup interaktif karena akan diselingi oleh beberapa QTE( Quick Time Event ) yang cukup menghibur, menjadikannya games super sentai yang sangat layak kalian coba lagi walaupun durasi dari games ini begitu singkat.


5. Gensheishin Justirisers Souchaku Chikyuu No Shenshitachi 

 

Game yang dirilis untuk platform Gameboy Advance pada tahun 2004 ini, bergenre side-scrolling action hack and slash ala Castlevania, dan di games ini kalian akan memainkan ketiga karakter dari games tersebut secara bergiliran. Games ini cukup ringan dan sangat menghibur jika dilihat dari sisi gamepay yang ditawarkan, apalagi jika kamu sangat menyukai Tokusatsu dari golongan metal-heroes ini.

Apalagi ditiap sesinya kalian akan diberikan kesempatan untuk menggunakan Zord yang bernama Gensheishin.


6. Ultraman Classic Games 

Games Ultraman yang mengambil tema storynya dari Ultraman pertama ini, sedikit memiliki keunikan dari segi gameplaynya jika dibandingkan dengan games fighting lainnya.

Bagaimana tidak selain menghadirkan gameplay fighting selayaknya games fighting pada umumnya, games yang rilis pada tahun 2004 untuk konsol Playstation 2 ini juga mempunyai keunikan gameplay lainnya yang berbeda tergantung dari sudut pandang karakter apa yang kita mainkan.

Karena di games ini selain bermain sebagai seorang Ultraman, kamu juga bisa bermain dengan sosok Shin Hayata( manusia ) ataupun unit pesawat dari SSIT( Airship ) yang masing-masing menawarkan sensasi gameplay yang berbeda.

7. Kamen Rider Climax Fighter 

Games fighting yang cukup apik ini dikembangkan oleh Daewoon Media yang berasal dari korea Selatan dan tentu saja dipublikasikan oleh Bandai namco selaku pemgang hak lisensi resmi dari games yang berasal dari Jepang tersebut. Sebenarnya game Climax heroes ini bukan games baru, melainkan games yang sudah rilis cukup lama tapi terus dikembangkan hingga sekarang, karena games ini sudah rilis dari era PSP, Playstation 3, hingga Playstation 4.

Dan yang membuat games ini cukup mengasyikkan adalah selain grafis tentu saja penampilan para Rider dengan jurus pamungkasnya masing-masing ditambah dengan deretan Rooster dari Rider era Showa dan Heisei yang terus bertambah dengan semakin di rilisnya seri terbaru dari games tersebut, menjadikan games ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk para Gamer yang menyukai games Kamen Rider lintas generasi.


8. Satria Bima X  

Games yang diadaptasikan dari Tokusatsu Indonesia ini, ternyata memiliki versi gamesnya juga walaupun hanya sebatas games mobile saja, tapi games ini cukup menarik karena mampu menghadirkan kesemua karakter hero dan musuh kedalam games ini.

Dari sang Bima X sendiri hingga Osiris dan Azazel, beserta musuh-musuh yang pernah muncul di TV seriesnya menjadikan games yang memiliki grafis dan gamelay fighting yang cukup bagus untuk ukuran games Smartphone ini sangat layak untuk kamu coba walaupun games ini tidak dikembangkan 100% oleh tangan anak bangsa sendiri. Apalagi ada mode heroes yang bisa kamu coba berkali-kali untuk menjelajahi stories tiap masing-masing karakter, yang berguna juga untuk membuka list karakter baru di games ini.


Like it? Share with your friends!

81
81 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
bondymen

Elite

Hai perkanalkan Gue Bondy, seorang Gamer yang maniak dengan hal hal yang berbau fantasy dan dunia Geeks.. pokonya hidup Gue , always all about pop culture in life..

 

 

Btw, ngomong ngomong games kesukaan, hampir semua games di console gue mainin, tapi kalau mobile emang jarang banget, jadi bisa dibilang gue Gamer generasi X yang gemar dengan yang namanya mainin games di console dan Arcade..

Singkat kata, salam kenal semuanya...Salam Gamer

0 Comments