Istilah – Istilah Dalam Speedrunning Part 1


44
44 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang ODA lakukan disini

GDQ (Games Done Quick) dan juga ESA (European Speedrunner Assembly) merupakan acara annual yang diadakan oleh komunitas speedrunner dan bertujuan untuk menggalang dana bagi asosiasi kesehatan dan sebagainya. Jika kalian sering menonton stream dan terkadang bingung dengan istilah yang mereka bicarakan, saya memiliki jawaban untuk pertanyaan anda. Berikut adalah beberapa istilah istialh yang sering disebutkan dalam dunia Speedrunning.

100%

100% adalah sebuah run yang memerlukan para speedrunner untuk bisa menyelesaikan semua konten yang ditawarkan di dalam game dalam satu playthrough. Side quest,secret dan juga collectibles biasanya menjadi peranan penting dalam kategori 100%.

 

Any%

Berbeda dengan 100%, any% hanya membutuhkan para runner untuk bisa menyelesaikan game dalam waktu secepatnya. Tidak perlu menyelesaikan semua side quest atau mendapatkan semua secret,hanya perlu untuk menyelesaikan gamenya dengan secepat mungkin.

 

Arbitary Code Execution

Teknik ini mengharuskan speedrunner untuk bisa menggunakan glitch agar bisa menjalankan kode spesifik yang menghasilkan error pada pembacaan memory game. teknik ini terkenal karena sering digunakan dalam Super Mario Wolrd Any% yang bisa langsung menampilkan end credit game setelah melakukan rrentetan aksi tertentu.

 

Auto-Scroller

Segmen dimana fase game tersebut sudah di tentukan oleh game dan tidak bisa dipercepat lagi. Biasanya segment ini dianggap segment yang paling membosankan.

 

Blind Run

Percobaan speedrun dimana para runner belum pernah memainkan gamenya sama sekali. Contoh game yang paling umum untuk kategori ini adalah super mario make.

 

Blindfolded Run

Berbeda dengan blind run, blindfolded run atau run dengan mata tertutup ini merupakan kategori dimana sang speedrunner harus benar-benar menghafal game yang dia mainkan. Biasanya mereka mengandalkan petunjuk suara untuk bisa menentukan apa yang harus mereka lakukan. Speedrun yang terkenal dengan blindfolded run adalah Super punch out NES dan juga castlevania.

 

Buffer

Menginput sebuat action dimana action lain masih berjalan. Hal ini biasanya menghasilkan action yang diinput untuk bisa di jalankan pada fram paling awal. Sangat berguna untuk Frame Perfect Trick.

 

Category

Peraturan berbeda-beda pada setiap game yang dispeedrun. Kategori paling umum adalah 100% dan Any%, tetapi game game lain juga memiliki kategori yang lebih spesifik.

 

Clipping

Sebuah action melewati sesuatu yang seharusnya solid, biasanya akan menyebabkan Out of bounds.

 

Collision Box

Collision box menentukan seberapa solid sebuah benda yang ada dalam dunia game tersebut.

 

Cutscene Skip

Melewati sebuah cutscene yang terkadang tidak bisa di lewati adalah sebuah asset besar dalam speedrunning. Biasanya bisa dilakukan dengan men-reset level saat custscene baru dimualai atau dengan melakukan input spesifik.

 

Cycle

Hal ini biasanya terjadi pada saat boss battle. Cycle adalah dimana sebuah boss bisa berganti dari satu kebiasaan berpindah ke kebiasaan selanjutnya.

 

Damage Boost

Terkena pukul atau terkena hit dengan disengaja supaya bisa meelewati level dengan lebih cepat. Pada beberapa game FPS para speedrunner sering menggunakan High explosive wepaons untuk memberi knockback dan mendapat kecepatan tambahan.

 

Death Abuse

Mati berkali-kali secara spesifik agar mendapat sebuah keuntungan. Biasanya dalam game RPG mereka menggunakan trik ini untuk memperoleh lebih banyak XP.

 

Death Wrap

Keuntungan lain dari Death abuse, dimana runner menggunakannya untuk kembali ke checkpoint.

 

Deathless

Kategori ini akan digunakan jika sebuah game memiliki glitch death abuse yang terlalu game breaking. Atau terkadang untuk meningkatkan kesulitan sebuah speedrun.

 

Emulator

Sebuah program yang bisa menjalankan game konsol. Sering digunakan para runner untuk berlatih .

 

Execution

Skill dan juga muscle memory sangat penting untuk bisa menyelesaikan run secepatnya.

 

Frame Perfect

Rentetan input yang harus bisa dimasukkan dalam sebuah frame tertentu.

 

Frame

Game-game modern kebanyakan sudah berjalan dalam 60 FPS. Game-game lama berjalan pada 30 frames dan game retro memiliki frame lebih lambat. Trick-Trick dalam speedrun mengharuskan para pemain untuk bisa menginput sesuatu dalam frame tertentu.

Untuk selebihnya bisa kalian baca dalam “istilah – Istilah dalam speedrunning Part 2”


Like it? Share with your friends!

44
44 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ODA

Grand Master

Easily i'm a speedrunning scene Fans since 2012 and still following it til today

P.S Do not stalk my Twitter Please

0 Comments