Jake Clark: Sang Animator Dibalik Cuphead


42
42 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Cuphead bisa dibilang merupakan game yang sangat unik. Ia menggunakan desain sebagaimana kartun klasik seperti Popeye, Tom and Jerry dan Mickey Mouse lama. Bukan hanya desain sendiri, namun juga berbagai suara dan musik di dalamnya mengingatkan kita akan kartun klasik. Walaupun  dikombinasikan dengan desain animasi 2d, game ini mendapat tanggapan positif dari penggemar.

Advertisements

Mengenal Jake Clark

Orang dibalik pembuatan konsep Cuphead adalah Jake Clark dari studio mdhr. Ia mengakui bahwa cup head merupakan game indie. Karena itu, ia mengerjakan cukup banyak seperti animasi, game desain dan ide. Meskipun mengerjakan banyak bagian yang mungkin cukup sulit, namun seperti kita lihat, Cuphead memberikan hasil yang cukup mengagumkan.

Ia menceritakan kisah dibalik Cuphead dengan sebuah presentasi di GDC. Ia memberinya judul “Cuphead’s Animation Process and Philosophy”. Karena itu, ia menekankan sumber-sumber dasar pembuatan cuphead. Terutama latar belakang dirinya  yang mempengaruhi cup head dan proses pembuantan cuphead.

Ia sendiri memiliki latar belakang di bidang animasi. Ia pernah kuliah di Capilano University, Vancouver. Ia mempelajari animasi kertas tradisional seperti yang menjadi konsep dasar dari cuphead. Ia juga menunjukan berbagai animasi yang dikerjakannya sebelum cuphead yaitu Mother Up, Turbo Fans dan Breadwinners.

Ia juga mengucapkan bahwa game pertama yang dikerjakannya adalah Cuphead. Ia menjelaskan bahwa Cuphead merupakan game action berbasi 2d. Dimana Cuphead terinspirasi dari berbagai game 16 bit game seperti Contra Hard Core, Metal Slug, dan Gun Star Heroes. Ia juga terinspirasi dari kartun klasik tahun 1930 an seperti Bety Boop, Popeye dan Old Mickey Mouse.

Penggunaan Gambar Tradisional

Hal yang paling menonjol dari Cuphead adalah penggunaan sistem tradisional dalam pembuatannya. Cuphead Digambar dengan tinta secara tradisional di atas kertas. Background juga digambarkan dengan menggunakan cat air. Ia juga tidak lupa merekam lagu jazz yang biasanya digunakan dalam kartun klasik. Tak lupa ia menunjukan gameplay awal dari Cuphead yang rilis di Xbox saat itu.

Setelah menunjukan trailer dari gameplay, design pertama yang ditunjukannya adalah desain putri duyung. Desain tersebut merupakan salah satu desain dari bos di dalam Cuphead. Desain ini bisa dibilang salah satu desain yang mendapatkan cukup banyak penjelasan dalam presentasi. Terutama karena hal tersebut merupakan ide awalnya.

Desain putri duyung bos sebenarnya dibuat lebih rumit dari desain sekarang ini. Ia berencana menambahkan kapal bajak laut di atas kepalanya, namun hal tersebut terasa kurang bagus, apalagi jika hal tersebut digambarkan di atas kertas. Apalagi jika desainnya sangat lebar seperti objek itu. Karena itu, ia memikirkan berbagai ide baru untuk mendesain.

Ia juga mengungkapkan berbagai ide dasar dari putri duyung tersebut.  Ia menggambarkannya dengan beberapa gambar seperti mampu memanggil beberapa makhluk laut, memiliki senjata berupa jangkar, mampu memanggil gelombang, dan desain rambut unik mirip gurita. Dengan berbagai kemampuan yang harus dimilikinya seperti terlihat liar, kuat dan ganas.

Ia juga tak lupa menunjukan beberapa referensi yang dijadikan dasar dari desain putri duyung. Ia menunjukan gambar Betty Boob, Olive Oil dari Popeye, Wonder Woman, Splash Woman dari Megaman 9, Eliza dari Fantastic Journey. Sebagaimana kita lihat setiap bagian dari desain putri duyung memiliki bagian dari referensi tersebut, termasuk referensi yang ditolak.

Pergerakan Animasi

Tak lupa ia menunjukan bagaimana pergerakan animasi dari putri duyung. Ia menunjukan berbagai Gerakan animasi dari putri duyung, dimana garakan wajah, pinggul, tangan, dll terlihat jelas bergerak cukup baik. Tak lupa ia menjelaskan berbagai skala pergerakan dari animasi tersebut. Ia mengungkapkan ia membuatnya dari 32 kertas pada animasi final.

Tak lupa juga ia menunjukan bagaimana pergerakan dari objek animasi lainnya seperti nisan kuburan. Gerakan dari nisan kuburan yang bergerak dan mampu menyerang pada arah tertentu. Termasuk Gerakan yang menarik perhatian dari nisan kuburan ketika diserang dan berubah warna menjadi agak kemerahan.

Ia menunjukan proses animasi terakhir adalah sebuah cerutu. Dimana cerutu memiliki adegan khas ketika diinjak ia akan mati. ia menjelaskan bagaimana debu dari kematian karakter cerutu dengan beberapa Gerakan. Ada adegan menangis dimana cerutu mengeluarkan debu dari belakang kapalnya. Adegan cerutu membungkuk ke depan dengan sedikit debu. Ada juga adegan dimana cerutu terbelah dua dan menjadi debu.

Mungkin itu saja pemaparan singkat dari Jake Clark soal pembuatan Cuphead. Bagian animasinya yang merupakan desain 2d dengan gaya khas animasi klasik. Semoga memberikan banyak manfaat, terutama mereka yang memfokuskan diri pada pembuatan animasi untuk game. Semoga para developer Indonesia juga membuat karya yang tidak kalah hebatnya dengan Cuphead.


Like it? Share with your friends!

42
42 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Aru Akasa

Grand Master

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com

0 Comments