Kenapa Clash of Clans Mati


29
29 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang DavikaGame lakukan disini

Game Clash of Clans atau biasa di singkat COC yang pernah bersinar menduduki posisi nomor satu di play store dan tak tertandingi kini COC pun bukan lagi game yang diminati banyak orang dan posisinya kian tersingkir oleh game game baru yang lebih fresh dan menarik seperti Mobile legend, AOV, Free Fire, dan PUBG. Lantas hal apa saja yang membuat game COC sepi atau bisa saya bilang game ini sudah mati dan tidak lagi diminati.

 

Microtransaction

Microtransaction pada game COC adalah microtransaction yang berpengaruh pada gameplay berbeda dengan game lainnya seperti PUBG yang hanya menjual skin atau kosmetik dan tidak berpengaruh dengan gameplay. Namun di COC microtransaction mereka sangat berpengaruh pada gameplay mereka yang sudah membeli Gems atau berlian di COC akan memiliki builder yang banyak sehingga proses pembangunan mereka akan sangat cepat bila di bandingkan dengan mereka yang tidak melakukan microtransaction di COC.

Player COC yang tidak melakukan microtransaction mereka tidak akan memiliki banyak Gems dan juga Builder sangat sulit bagi mereka untuk berkembang dan bersaing dengan player yang sudah melakukan microtransaction dengan membeli Gems dan Builder.

Microtransaction di COC menjadi salah satu alasan game ini mati karena tidak ada rasa kompetitif di dalamnya dan membuat game ini terasa seperti siapa yang kaya dia yang menang. Hal ini pun yang menjadi alasan banyak orang meninggalkan COC karena sudah tidak kompetitif dan microtransaction yang tidak sehat.

 

Gameplay

COC sangat kurang melakukan inovasi, gameplay COC yang hanya bisa menyerang dan juga bertahan kemudian ada mode clan war yang sejatinya hanya gameplay yang sama yakni menyerang dan bertahan, mereka sebenarnya bisa melakukan inovasi dan membuat gameplay yang lebih menarik seperti memasukkan map baru yang berukuran besar sehingga para player dapat membangun markas di satu map yang sama dan dapat membuat markas yang melindungi lebih dari satu Town Hall sehingga kerja sama tim menjadi lebih kompak dan seru.

Gameplay yang monoton dan kurang inovasi menjadikan COC juga menjadi game yang membuat player cepat bosan

 

Kalah dengan MOBA dan Battle Royal

Tentu sangat banyak faktor yang membuat COC kalah telak dari MOBA dan Battle royal. Sebuah game kompetitif yang lagi trend dan membawa gameplay yang menarik dan juga microtransaction yang hanya menjual skin dan kosmetik, belum lagi banyaknya player aktif dan berbagai Turnamen menjadikan MOBA dan Battle Royal jauh di atas COC.

 

COC Memang Harus Tutup

Kini COC sudah lebih dari lima tahun dan memang rasanya game ini wajar bila sepi dan mati, berbagai alasan lainnya seperti yang saya sebutkan di atas mulai dari microtransaction yang tidak sehat dan juga kurangnya inovasi dari Supercell untuk membangun COC dan tentunya juga kalah dengan game kompetitif lainnya seperti MOBA dan Battle Royal.

Sudah saatnya bagi Supercell untuk meniggalkan COC dan membuat game yang lebih bagus lagi seperti tidak lagi membuat microtransaction yang kurang adil dan juga membuat gameplay yang lebih fun dan kompetitif.

____

Itulah opini saya mengenai faktor dan beberapa alasan kenapa Clash of Clan mati


Like it? Share with your friends!

29
29 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
DavikaGame

Grand Master

Seorang pemuda yang sangat membutuhkan masukan dan pengetahuan

0 Comments