Kisah Sedih Dibalik Larangan Pistol di Game Subnautica dan Kekerasan Atas Nama Game


85
85 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang hattalasalwaka01 lakukan disini

Subnautica merupakan game yang mengangkat tema petualangan dan bertahan hidup dalam laut di planet lain. Makhluk laut yang berbentuk alien menjadi penampakan utama dari game ini, beserta pemandangan laut yang sangat indah. Para pemain seolah menikmati menyelam di samudra dunia lain.

Game ini sangat terkenal, dimana banyak orang memainkan. Mendapat respon positif di steam sebanyak 90.000 lebih di steam. Para penggemar game juga ramai-rama membuat berbagai video saat bermain subnautica.

Banyak mungkin penggemar subnautica pernah mendengar isu larangan pistol di game subnautica. Meskipun subnautica diisi oleh monster-monster mengerikan, namun tidak ada harpun atau pistol untuk menyerang mereka. Hal ini sempat menimbulkan pertanyaan di kalangan penggemar.

Sampai suatu hari, pengembang game ini sempat diundang dalam acara gdc (game developer conference) dan dihadiri oleh charlie cleveland sang direktur dari unknown. ia datang dan mempresentasikan tentang tentang design dari subnautica.

Dalam presentasinya, ia menjelaskan tentang dasar design subnautica. Sebelumnya sudah ada beberapa penjelasan dari james botel yang juga diundang dalam acara tersebut, namun mungkin penjelasannya harus dilengkapi oleh charlie. Presentasi mereka anda dapat nikmati di chanel gdc di youtube. Dalam presentasi tersebutlah charlie mengungkapkan hal sama yaitu tidak boleh ada pistol atau alat menembak dalam subnautica di gdc yang videonya tayang pada 9 juli 2019.

Charlie bahkan menceritakan masa lalunya membuat game dengan pistol. Ia menceritakan dengan sangat emosional tentang gamenya sebelum subnautica, yaitu natural selection. Game menembak yang mengangkat tema alien. Bahkan, ia mengatakan sangat suka senjata, pertarungan dan strategi.

Sampai akhirnya, ia mengungkapkan rasa tidak enaknya dan tidak ingin membuat seperti game seperti itu lagi. Kemudian, ia menampilkan gambar korban penembakan sandy hook muncul di layar presentasinya dan mengingatkan tentang banyaknya pembunuhan massal bersenjata saat itu. .

Penembakan sandy hook merupakan penembakan yang diambil dari nama sekolah dasar yang menjadi tempat kejadian penembakan. Sekolah sandy hook terletak di kota newtown, connecticut amerika serikat.

Banyaknya orang tewas mengundang perhatian dunia. Pelakunya adam lanza menembak 26 orang termasuk didalamnya 20 anak-anak dan 6 staf sekolah. Saat polisi tiba pelaku menembak dirinya sendiri hingga mati. Beberapa informasi menyatakan ia seorang penggemar senjata dan pernah memainkan Call of Duty: Black Ops.

Penembakan christchurch yang turut mendapat perhatian charlie. Penembakan di australia yang melibatkan orang-orang yang sedang shalat. Pelakunya mengaku alasannya supremasi kulit putih dan menyebabkan kurang lebih 49 korban meninggal.

Meskipun begitu, charlie mengungkapkan tidak ada hubungannya antara game dan kekerasan, hanya saja ia khawatir mempromosikan soal pistol. Belakangan game kembali sering diisukan sebagai pembawa kekerasan.

Kasus ryan donovan sempat jadi viral dan dihubungkan dengan game. Walaupun pada akhirnya penyebab sebenarnya adalah mabuk ketika bertugas. Namun, game gta yang dimainkannya terus dihubungkan dengan tindakannya.

Kasus lain dihubungkan dengan kekerasan game oleh beberapa pihak adalah pembulian di SD Trisula Perwari Bukittinggi, Sumatera Barat. Hal ini diduga disebabkan lagi oleh game dan ternyata tidak ada bukti langsung terhadap hal tersebut. Bahkan, kpai sudah menyinggung soal hal tersebut

Adanya perdebatan soal hal ini terutama pengaruhnya terhadap agresivitas semakin hari-semakin panas. Mungkin banyak penelitian yang menolak ataupun mendukung dari para ahli. Namun, hal tersebut belum bisa menjawab pertanyaan secara gamblang, apakah sebuah game bisa mempengaruhi kekerasan.

Namun, hal ini juga jadi tanda tanya besar bagi setiap gamer, apakah mereka menjadi kasar, brutal dan gila kekerasan setelah bermain game kekerasan. Apakah mereka tidak lagi punya batasan moral untuk tidak menyakiti orang lain? Semua jawabannya ada pada diri masing-masing gamer dan perlunya kepedulian terhadap jawaban yang diberikannya.

Oleh karena itu, masalah ini harus disikapi secara serius dan mendapat perhatian dari komunitas gamer. Terutama, karena para gamerlah sebenarnya yang menjadi penyebab dari stigma game kekerasan.

Sumber:

https://www.liputan6.com/global/read/3140098/fbi-rilis-dokumen-rahasia-penembak-massal-sekolah-sandy-hook?utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F

http://www.kpai.go.id/berita/kpai-game-bermuatan-kekerasan-picu-kasus-bullying

 


Like it? Share with your friends!

85
85 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !

0 Comments