Mengapa Para Calon Developer harus Mengenal GDC ?


50

Salah satu kesulitan dalam industri game adalah menemukan solusi untuk permasalahan dalam pengembangan game. Masalah yang kadang sangat berat bagi sebagian orang yang berkecimpung dalam industri ini. Mulai dari desain game, art, gameplay, story, marketing, keuangan, dll. Masalah yang kadang menemukan jalan buntu tanpa penyelesaian sama sekali. Tidak heran sering kita menemui developer yang gagal mengelola karena masalah tersebut.

Gamebrott Editorial

Salah satu solusinya biasanya menemukan komunitas yang dapat berbagi dalam pemecahan masalah. Menemukan orang-orang yang tepat untuk saling berbagi masalah.  Apalagi jika orang-orangnya ahli dalam masalah-masalah tersebut. Karena itu, dalam industri game sangat direkomendasikan untuk mengenal salah satu komunitas terbesar dalam dunia  industri game yaitu GDC atau Game Developer Conference.

Mengenal GDC

GDC merupakan singkatan dari game developer conference. Sebuah  perkumpulan untuk saling bertukar pendapat antara orang-orang dalam industri game. Umumnya di GDC anda akan mendapatkan sebuah materi atau presentasi yang dibawakan oleh orang-orang berpengalaman dalam bidang pengembangan game. Namun sebenarnya tidak hanya itu, ada juga expo,event dan award dan bidang khusus untuk game indie.

Sejarah GDC

Saat itu Namanya masih CGDC (computer game developer conference) dibentuk oleh chris Crawford pada tahun 1988 di san jose California. Saat itu ia mengundang 27 pengembang game. Beberapa pengembang cukup terkenal seperti Gordon Walton dan don daglow yang sama-sama pernah berada di ea, meskipun hanya berbeda generasi.

Setelah hari tersebut, mereka mengadakan konferensi kedua pada tahun yang sama di milpitas California dengan dihadiri sebanyak 153 pengembang. Hampir setiap tahun mereka mengadakan konferensi dan semakin banyak yang berdatangan. Tidak heran saat itu GDC sering berpindah-pindah tempat saat mengadakan konferensi.

Setelahnya CGDC banyak sekali melakukan perubahan besar. Mereka membuat semacam jurnal dan kemudian berkembang menjadi jurnal bergaya akademis pada tahun 1996. Mereka juga mengembangkan beberapa penghargaan untuk dunia game, termasuk para developer indie. Tema awal GDC yang hanya fokus ke arah game design juga dikembangkan  ke arah game marketing dan hukum seputar game.

Tidak hanya sampai disitu GDC juga melakukan perubahan drastis. Pada tahun 1999 mereka mengganti nama menjadi GDC seperti sekarang. Biasanya GDC hanya mengadakan konferensi di amerika, sekarang mereka juga mengadakan konferensi di china dan eropa. Tentu saja mereka masih mengundang banyak sekali game developer.

Presentase Via Internet

Bagi yang tidak sempat menghadiri konferensinyanya juga tidak apa-apa karena biasanya GDC menyediakan di chanel yutubnya. Chanel tersebut akan menampilkan berbagai rekaman video dari presentasi youtube terdahulu GDC, biasanya presentasi yang ditampilakan berbeda beberapa bulan dengan acara GDC yang asli.

ada banyak materi yang disediakan dengan berbagai tema dan pemateri. Ada materi dari game-game terkenal misalnya darkest dungeon, magic gathering dan subnautica. Ada materi mulai dari game designer, postmortem, marketing, publisher, dll. Latar belakang pemateri, ada juga dari akademisi dan praktisi di seputar industri game.

Peduli Pada Game Indie

Salah satu hal yang hampir selalu ada di presentasi GDC adalah para pembuat game indie. Baik itu sebuah studio kecil, kelompok developer kecil atau perseorangan. Mereka biasanya memberikan materi seputar pengalaman mereka mengelola indie dan bagaimana mereka bisa sukses. Beberapa pemateri mengajarkan cara bertahan sebagai game indie.

Ada juga yang membahas seputar materi yang sedang tren di dunia indie yaitu indipocalypse. Materi tentang kesulitan dan kegagalannya yang diterima oleh beberapa orang dalam dunia indie. Biasanya materinya tentang terus bangkit meski gagal. Materi ini biasanya untuk memotivasi mereka yang berfokus para indie baru di dunia game.

Oleh karena itu, penting untuk orang-orang yang berkecimpung dalam dunia game untuk mengenal GDC. Terutama industri game Indonesia yang saat ini tengah berkembang. Jika negara ini memang serius mengelola industri gamenya mungkin suatu saat ada GDC Indonesia yang mengundang berbagai ahli dari dalam dan luar negeri dalam industri game.


Like it? Share with your friends!

50
Aru Akasa

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com

0 Comments