Mengapa Sangat Sulit Memberantas Game Bajakan?


47

Salah satu masalah besar dalam industri kreatif adalah pembajakan. Saat sebuah karya dibajak, orang yang paling rugi adalah sang pembuat karya. Pembajak tidak tahu susahnya membuat sebuah karya. Pembajak hanya memikirkan keuntungan dari membajak sebuah karya. Dimana hasil bajak biasanya lebih murah karena tidak perlu membeli lisensi.

Hampi semua jenis karya kreatif komersil hari ini dapat kita temukan bajakannya, tidak terkecuali game. Pembajakannya juga terdiri dari bentuk fisik seperti cd atau catridge atau bentuk digital seperti data download. Biasanya para pengedar mendapatkan untuk yang besar karena harga game bajakan murah. Bisa juga mendapatkan untuk dari menyebarkan secara gratis, akan tetapi memperoleh untung dari iklan.

Pembajakan berupa fisik seperti cd atau cartridge, biasanya ditemukan di era ketika internet belum secanggih sekarang. Biasanya terdapat perbedaan besar harga antara yang original dan versi bajakan. Contoh kasus game Pc yang berbentuk kepingan cd biasanya dijual harga rp 20.000 sedangkan game asli nya ratusan ribu.

Namun, seiring bergesernya era, sistem ini sudah mulai jarang. Terutama karena sistem internet yang canggih. Namun, hal tersebut membuat para pembajak berpindah sistem. Mereka beralih ke distribusi game bajakan secara digital. Bisa dilihat menjamurnya berbagai website yang menyalurkan game bajakan.

Penyebaran game bajakan digital umumnya gratis. Biasanya mereka para penyebar mendapat untuk dari iklan pada website. Namun, ada juga menyebar game bajakan untuk kesenangan semata. Walaupun begitu biasanya game digital memiliki sejumlah fitur yang berbeda dengan versi asli misalnya tidak bisa terhubung ke internet, tidak dapat mengakses dlc, dll.

Kasus penyebaran game bajakan yang paling besar adalah penuntutan dari nintendo. Ia menuntut 2 situr penyedia rom yaitu loveroms.com dan loverom.co. Keduanya dikelola oleh jacob mathias yang akhirnya mendapat tuntutan hukum dari pihak nintendo dan harus menanggung denda sebesar 12 juta dollar lebih.

Hal ini juga mempengaruhi situs penyedia rom yang lain seperti emuparadise. Emu paradise menghapus fitur mendownload rom dari webnya. Terutama untuk menghindari tuntutan hukum yang telah dialami website yang memberikan rom bajakan. Hal ini menunjukan keseriusan nintendo dalam membasmi bajakan.
Namun, hal tersebut sebenarnya tidak efektif mengingat masih adanya situs-situs yang menyediakan rom bajakan. Hal ini kemudian menjadi masalah pelik dari pembasmian pembajakan game yang merajalela di masyarakat. Apalagi yang menyediakan game bajakan secara gratis. pembuatan situs sederhana juga tidak memakan biaya besar dibanding keuntungan menyebar bajakan.

Indonesia sendiri sudah terdapat banyak langkah penanggulangan bajakan. Pada era merebaknya pembajakan dalam bentuk fisik, sebenarnya polisi indonesia sering melakukan razia. Walaupun razianya biasanya tidak hanya pada kaset game, akan tetapi software dan vcd bajakan juga. Namun kembali hal tersebut tidak mempengaruhi cukup besar keberadaan para pembajak game yang telah merajalela. Razia ini jarang dilakukan karena polisi juga tentunya memiliki banyak sekali pekerjaan.

Pembajakan digital biasanya kita dapat melaporkan pada kominfo. Biasanya anda dapat melaporkan beberapa situs penyedia bajakan atau situs ilegal melalui situs adukonten.id dan laporan.go.id yang dikelola oleh kominfo. Namun, kadang laporan cukup sulit ditangani karena sangat banyaknya laporan tentang situs illegal.

Tidak mudahnya melakukan tuntutan hukum dan banyaknya pembajak dapat dibilang sebagai masalah paling besar dari pembajakan. Tidak heran hal tersebut menjadi hambatan paling besar untuk mengatasi pembajakan. Hingga hari belum ada solusi efektif untuk menangani masalah pembajakan termasuk, pembajakan game.

Dalam masalah pembajakan juga, para gamer biasanya terbagi dua kubu. Kubu pertama, orang yang menolak pembajakan game. Terutama hal tersebut amat merugikan developer. Banyak yang tidak tahu betapa sulitnya membuat sebuah game. Butuh dana, usaha dan kreativitas besar untuk menghasilkan sebuah game bagus.

Kubu kedua, mereka yang mendukung pembajakan. Alasan biasanya karena menganggap game terlalu mahal. Bajakan harganya cukup murah, bahkan ada yang gratis. Bisa dibilang kubu ini yang paling banyak dan mempertahankan game bajakan hingga hari ini. Kadang juga mereka marah jika terjadi pelaporan terhadap situs atau tempat pengelola game bajakan. Solusi untuk kubu ini adalah menimbulkan kesadaran akan susahnya pembuatan sebuah karya.

Oleh karena itu, pemberantasan game bajakan membutuhkan solusi efektif. Terus juga mendukung solusi dan sudah ada. Tak lupa juga kesadaran dari para game yang telah menikmati bajakan, bahwa untuk membuat game begitu sangat sulit. Semoga di masa depan pemberantasan bajakn menjadi lebih efektif.

 

Sumber:

https://gamebrott.com/nintendo-menangkan-tuntutan-atas-pelaku-penyedia-rom-bajakan


Like it? Share with your friends!

47
Aru Akasa

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com

0 Comments