Mengenal Aplikasi Android Secara Garis Besar


46
46 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Ahmad Rafi lakukan disini

Ditahun 2020 ini sudah banyak aplikasi-aplikasi bermunculan dan dipakai sebagian pengguna smartphone. mulai dari yang unik, untuk seru-seruan, sampai untuk keperluan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika pada post sebelumnya saya membahas tentang smartphone jadul hingga sekarang, pada post kali ini saya akan membahas sedikit tentang aplikasi pada Android.

Apa itu aplikasi? Bisa dibilang aplikasi adalah sebuah software dalam suatu perangkat yang bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya. (sumber opini sendiri). Biasanya aplikasi Android berformat APK (Application Package File). Social media seperti Instagram, Whatsapp dan Facebook yang sering kalian gunakan untuk berbagi postingan maupun story termasuk aplikasi. Game game seperti PUBGM, Free Fire, Mobile Legends untuk push rank atau sekedar hiburan juga termasuk aplikasi. Kinemaster, Lightroom dan Power Director juga termasuk aplikasi dalam hal editing. Netflix dan Youtube tempat unutk nonton video dan film juga termasuk aplikasi. Begitupun juga Gojek, Shopee, Tokopedia juga termasuk dalam aplikasi.

Aplikasi-aplikasi yang saya sebutkan diatas ada yang gratis ada pula yang berbayar. Pasti kalian sering menemui aplikasi berbayar di Playstore yang mengharuskan kita untuk membelinya terlebih dahulu sebelum dapat menginstallnya. Biasanya aplikasi yang berbayar itu jenisnya untuk keperluan editing ataupun game seperti Kinemaster Pro, Minecraft PE, Nova Launcher dan lain lain. Lalu apa bedanya aplikasi gratis dan berbayar?

Pada dasarnya aplikasi gratis cenderung memiliki iklan dan fitur yang dikunci. Dan solusi untuk memecahkan dua masalah tersebut sekaligus adalah dengan cara membeli dengan versi full nya. meskipun ada beberapa aplikasi gratis yang tidak memiliki iklan, akan tetapi pasti ada sesuatu hal yang membedakan dari versi berbayarnya, misalnya saja fitur nya dibatasi. Yaaa developer juga butuh makan hehe.

Nah dari iklan itulah yang memberikan pemasukan bagi pengembang aplikasi tersebut. Tentunya ini sering ditemui oleh aplikasi yang publisher nya masih “kecil”. Bandingkan saja dengan publisher game Free Fire yaitu Garena. Mereka tidak perlu menempatkan iklan untuk mendapatkan pemasukan karena mereka bisa mendapatkan pemasukan dari player yang sering top-up diamond. Kalaupun perlu hanya sekedarnya saja.

Sedangkan pada aplikasi berbayar kita bisa bebas dari iklan yang mengganggu dan fitur yang lebih lengkap. Selain itu ada juga aplikasi berbayar yang menawarkan langganan perbulan untuk menikmati fitur tambahan. Bahkan ada juga aplikasi gratis yang menawarkan langganan perbulan untuk menikmati fitur lebih. Seperti Youtube yang menawarkan langganan perbulan untuk  Youtube Premium yang mana pengguna akan bebas dari iklan saat menonton video.

Namun untuk bisa mendapatkan aplikasi berbayar tanpa harus keluar uang sepeser pun tentunya bisa dilakukan. Yaitu dengan download aplikasi yang versi MOD yang bisa ditemukan banyak di internet. Nah mungkin terlintas lagi dipikiran kalian apa itu MOD dan mungkin kalian juga pernah menemui judul aplikasi dengan ujungnya MOD APK.

MOD adalah suatu kode yang menginformasikan sebuah aplikasi bahwa aplikasi tersebut sudah dimodifikasi. Tujuan dimodifikasi nya sebuah aplikasi ini adalah tentunya untuk memberikan kelebihan kelebihan yang tidak ada pada versi aslinya. Misalnya saja game Simcity MOD, itu gamenya sudah dimodifikasi agar gold, cash, key nya menjadi infinity alias kita bisa main cheat. Contoh lain adalah aplikasi Kinemaster MOD yang dimodifikasi agar bisa membuat video tanpa watermark, dan menikmati fitur lainnya yang tidak bisa didapatkan pada versi gratisannya. Tentunya sekali lagi ini menjadi pilihan bagi kalian yang ingin memiliki aplikasi pro tapi tidak ingin keluar uang sepeser pun.

Namun biasanya aplikasi aplikasi yang tidak di download lewat Playstore keamanan nya kurang terjamin. Sekarang ada layanan yang bernama Play Protect, ini semacam antivirus dari Playstore untuk memindai dan memastikan apakah ada virus disetiap aplikasi pada suatu smartphone (walaupun tidak 100% akurat) Dan tentunya aplikasi yang didownload di Playstore sudah bisa dibilang “aman”, resmi, dan tidak ada yang MOD. Jadi jika kalian mencari aplikasi Simcity MOD (misalnya) kalian tidak akan bisa mendapatkannya karena yang akan muncul adalah Simcity yang versi resminya. Lantas bagaimana cara mencari aplikasi MOD?

Kalian bisa mencari aplikasi MOD diluar dari Playstore seperti di website-website yang menyediakan aplikasi MOD. Tapi saran saya sih hati-hati dalam menginstall aplikasi yang diluar Playstore, karena tidak ada jaminan keamanan dari virus oleh aplikasi tersebut. Jangan sampai hati ingin mencoba aplikasi MOD malah tidak sengaja menginstall virus yang membahayakan smartphone kalian. Saya juga sering kok download-download aplikasi MOD untuk aplikasi berbayar dan sampai sekarang masih aman-aman saja tidak ada masalah. Jika memang tidak punya uang jangan dipaksa untuk membeli.

Jadi intinya jangan sembarang install aplikasi selain dari Playstore. Terutama yang masih belum terlalu paham tentang Android. Kenali dan cermati aplikasi yang ingin kalian install. Atau Tanya Tanya pada yang udah ahli biar ga sesat. Oke mungkin itu saja opini saya kali ini mengenai aplikasi. Mohon maaf jika ada kesalahan, silahkan koreksi dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca 😀

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

46
46 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Perkenalkan saya Ahmad Rafi, penulis asal Kalimantan Selatan. Saya suka membuat guide guide atau listicle atau artikel yang saya anggap bisa saya buat dan bisa dinikmati pembaca :D Ya walau tulisan nya agak ngaur semoga saja kalian bisa memahami nya dengan mudah :v

Referensi melahirkan inspirasi.

Contact me: Instagram: @ahmadrafi_

#budayakanmembaca

0 Comments