Mengenal Level Design dan Environment Design Di Game


53
53 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Menciptakan lingkungan dalam game untuk dieksplorasi pemain adalah aspek lain dari pengembangan game yang terbukti menakutkan. Terlepas dari semua permainan yang saya mainkan, mungkin cukup sulit untuk benar-benar memecah apa yang membuat level atau lingkungan yang baik. Ada pembahasan menarik dalam teknis dunia game yaitu mengenai perbedaan antara Level Design (desain level) dan Environment Design (Desain Lingkungan). Mungkin sebagian dari kalian belum banyak yang mengetahui tentang teknis mengenai kedua pembahasan tersebut. Di artikel kali ini saya akan mencoba untuk membahasnya lebih dalam dan dapat dimengerti dengan mudah.

Advertisements

Environment Design

New GTA V screenshots - "Our biggest open world game to date ...

Kedua istilah “desain level” dan “desain lingkungan” dapat dipandang sebagai suatu aspek yang tidak dapat dipisahkan oleh developer, tetapi untuk lebih jelasnya dan terperinci kita akan membahasnya secara terpisah. Desain lingkungan telah menjadi bagian utama dari bagaimana developer sebuah game memperlakukan dunia yang akan dibawa dalam game mereka selama dekade ini. Beberapa contoh seperti kita melihat bangunan tua, kota yang hampir mati serta gedung-gedung mulai berhancuran dalam seri Souls, hingga ke lingkungan asli yang lebih hidup seperti yang dibawa oleh game Horizon Zero Dawn, dan banyak lagi.

Desain lingkungan adalah tentang estetika, arsitektur, dan dalam beberapa kasus pengetahuan dunia sebagai contoh kita bisa melihat bangunan ikonik di kota California pada game Watch Dogs 2. Dalam membuat desain lingkungan, developer tidak hanya memadukan suatu platform dengan lingkungan saja, namun mereka juga harus memperhatikan hubungan tersebut agar mencapai suasana yang lebih hidup (atau mati) sesuai tema dari game yang dibuat. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan game yang berkualitas. Disisi para gamer? gamer tidak akan bosan jika desain lingkungan game tersebut memang sangat menarik dan merasakan rasa yang berbeda, namun jika desain lingkungannya tidak sesuai, saya jamin kalian akan mendapatkan game yang membosankan dengan keanehan dimana-mana. Maraknya desain lingkungan berjalan seiring dengan popularitas game open world. Membuat lingkungan game yang menarik dengan cara ini telah menghasilkan beberapa judul terbaik dirilis dekade ini.

Level Design

Desain level, dalam konteks artikel ini, akan merujuk pada tindakan membuat konten dengan tujuan eksplisit untuk menguji pemain. Dalam hal ini, itu berarti bagaimana cara sebuah developer mendesain suatu rintangan yang baik di suatu game, seperti meletakan musuh di area yang tepat, jebakan, tutorial, bahkan hingga tes khusus. Jika kita berbicara tentang game Open World, desain level juga merujuk pada misi yang mengunci pemain di area tertentu. Tujuan dari desain level adalah untuk menciptakan situasi interaktif (atau peristiwa) dalam lingkungan. Istilah populer untuk ini dalam permainan dunia terbuka adalah “Point of Interest.” Biasanya, desain level dikodekan oleh perancang. Sebagai seorang desainer, mereka harus berpikir lebih kecil dari keseluruhan game tetapi harus lebih dalam dalam sesuai aspek yang mereka kerjakan. Sementara desain lingkungan dan desain level bekerja bersama-sama, namun mempunyai dua tujuan berbeda.

Untuk sekarang ini, ini bukan tentang melihat suatu desain game dari sudut pandang desain lingkungan atau level, tetapi menggabungkan keduanya. Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang permainan yang terasa hidup, tetapi pada saat yang sama, harus ada tantangan di dunia. Banyak game Open World cenderung memperlakukan desain tingkat dan lingkungan sebagai dua entitas yang terpisah. Kalian memiliki dunia luas di mana tidak ada yang benar-benar terjadi atau menantang pemain, dan kemudian mengatur misi atau tantangan yang menarik. Ada dorongan untuk memiliki sistem “AI Life” atau permainan membuat situasi terjadi; baik peristiwa prosedural atau acak.

Tidak bisa dipisahkan

The City of The Sun | Walkthrough - Horizon Zero Dawn Game Guide ...

Selama satu dekade terakhir, game telah menunjukkan seberapa banyak pemikiran tentang game itu sendiri dari sudut pandang desain lingkungan dan level untuk meningkatkan kualitas suatu game. Jika developer ingin membuat game yang menarik, mereka harus mewujudkan dunia yang tampak indah yang juga memiliki banyak hal untuk dilakukan di dalamnya. Menciptakan level atau desain lingkungan yang hebat tentunya akan membutuhkan banyak sekali bagian yang harus dikerjakan


Like it? Share with your friends!

53
53 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
cloudman

Grand Master

-

0 Comments