Mungkinkah EA Beri Pengaruh Buruk Terhadap Bioware ?


54
54 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang hattalasalwaka01 lakukan disini

Kasus keluarnya ben irving dan fernando melo menjadi tanda tanya besar terhadap kinerja bioware. Ben irving selaku lead produser anthem mengundurkan diri pada tanggal 16 agustus 2019. Sehari setelahnya, Fernando melo selaku lead produser dragon mengundurkan diri. Keduanya mengundurkan diri dari bioware dan mengumumkannya lewat twitter.

Hal tersebut kembali mengundang sebuah tanda tanya besar, akan apa yang sebenarnya terjadi dengan bioware. Beberapa penggemar game bioware kembali mempertanyakan, apakah hal tersebut karena pengaruh EA yang dirasa memberikan dampak buruk terhadap bioware.

Sebelum kita membahas lebih jauh. Pertama kita perlu mengenal sedikit sejarah berdirinya bioware dan hubungannya dengan EA. Sebuah hubungan yang telah berlangsung cukup lama, namun dianggap telah mencoreng kredibilitas bioware.

Bioware didirikan pada 22 maret 1995 oleh ray muzyka, greg zeschuk, trent oster, brent oster, marcel zechuk, dan augustian yip. Developer yang jika anda melihat sepintas dibangun dari pertemanan dan hubungan keluarga. Trent oster dan brent oster adalah saudara, sedangkan marcel zechuk dan greg zechuk adalah sepupu.

Menariknya nama bioware seolah menggambarkan beberapa hal tentang pendirinya yang merupakan ahli medis. Ray Muzyka dan Greg Zeschuk merupakan lulusan ilmu medis dari universitas alberta, kanada. Mereka juga pernah membuat program simulasi medis, bahkan saat pengembangan beberapa game. Mereka pernah membuka praktek medis.

Banyak game yang mereka hasilkan dari berbagai genre. Shattered steel yang merupakan karya mereka yang pertama. Baldur’s gate, yang didasari oleh game Dungeons & Dragons. Sampai karya-karya terkenal mereka seperti mass effect, jade empire dan dragon age.

Oktober 2007 merupakan saat ketika bioware diakuisisi oleh EA. Mereka dijadikan salah satu unit dari EA. Sehingga, biasanya bioware diinformasikan sebagai developer dan EA diinformasikan sebagai publisher.

Banyak yang bilang EA seolah memberikan pengaruh buruk buat bioware, terutama pada perkembangan mass effect. Diawali dengan mass effect 2 yang mendapat beberapa kritikan teknis, namun ditutupi dengan berbagai penghargaan. Mass effect 3 yang endingnya dipermasalahkan. Mass effect: andromeda yang kembali mendapat kritik teknik, akan tetapi segera dibantah oleh patrick soderlund.

Belum selesai sampai disitu proyek seri dragon age 4 dan anthem juga ikut dianggap sebagai sebuah kegagalan. Salah satu masalah besar dari dragon age 4 dan anthem adalah berhentinya lead producer game tersebut, yang tentunya menghambat pengembangan game tersebut. Terkhusus anthem yang telah mendapat banyak sekali kritikan.

Sebelumnya sendiri telah banyak staff dari bio ware yang telah berhenti sejak proses akuisisi tersebut. Kedua co-founder menyatakan pensiun dari industri game, yaitu Ray Muzyka dan Greg Zeschuk pada september 2012. casey hudson pencipta dari mass effect berhenti tahun 2014. david gaider dan alexis kennedy yang bekerja di seri dragon age keluar pada tahun 2016.

Berbagai hal tersebut kemudian dilekatkan sebagai pengaruh EA, akan tetapi sejumlah kesalahan EA sendiri cukup banyak. Sehingga hal jelek dari ea kadang berimbas kepada developer yang berada di bawah manajemennya.

Sebut saja kasus microtransaction dan loot box yang membuat EA dicap sebagai perusahaan game serakah. Selalu menampik kesalahannya misalnya mengatakan loot box bukan judi dan gamenya tak pantas dikritik. Belum lagi kasus ban di forum origin, jeleknya sim city dan DLC super mahal dan tidak adil.

Tidak heran solusi yang ditawarkan penggemar adalah bioware terbebas dari EA. Entah itu dijual atau memisahkan nya sebagai sebuah developer independen. Namun, hal ini terasa sulit mengingat para pendirinya juga sudah tidak berada di biowar. Apalagi beredar isu adanya kemungkinan bioware akan di nonaktifkan.

Solusi lain adalah EA harus memperbaiki citranya, agar bioware sebagai bagiannya juga memiliki citra yang baik. Fokus kepada kualitas game yang dihadirkannya dan tidak sembarangan terhadap pandangan fans yang menikmati game mereka.

Oleh karena itu, harapannya di masa depan EA dan bioware dapat lebih baik. Terutama dari segi kualitas game yang bakal dinikmati para konsumen setianya. Serta tidak adanya lagi tindakan-tindakan negatif yang diambil EA dalam memperbaiki manajemen bioware.


https://gamebrott.com/mengapa-banyak-gamer-membenci-ea

https://gamebrott.com/setelah-anthem-kini-lead-producer-dragon-age-4-juga-tinggalkan-bioware

https://gamebrott.com/lead-producer-anthem-ben-irving-meninggalkan-bioware

https://www.pcgamer.com/eas-patrick-soderlund-thinks-mass-effect-andromeda-criticism-was-a-little-unfair/

 


Like it? Share with your friends!

54
54 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !

0 Comments