Mungkinkah Rencana Fitur Ps5 cloud Gaming Berakhir Merugikan ?


63
63 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang hattalasalwaka01 lakukan disini

Ps5 mungkin merupakan konsol yang paling ditunggu di tahun 2020. konsol yang merupakan generasi ke-5 ini digadang-gadang sebagai konsol paling anyar di tahun 2020. telah banyak beredar berita soal kecanggihan konsol besutan sony ini. Tidak heran konsol satu ini mengundang berjuta penasaran penggemar yang pernah mencoba generasi sebelumnya.

Berbagai rumors dan bocoran seputar fitur yang akan diusung oleh kecanggihan playstation 5. Mulai dari fitur hemat energi dan ramah lingkungan. Fitur yang mampu memainkan berbagai permainan generasi sebelumnya, yaitu playstation 1 sampai 4. namun, ada satu fitur yang cukup menarik yaitu pengembangan sistem cloud gaming.

Salah satu bocoran fitur ialah penggunaan sistem cloud gaming. Dimana nantinya para pemain dapat memainkan game yang terdapat di server ps5. Fungsi konsol untuk memberikan akses ke server milik ps5, kemudian akan ditampilkan render gameplay dari permainan yang diinginkan. Hal ini terdengar mirip dengan cloud gaming yang sementara dikembangkan google bernama stadia.

Kemungkinan hal ini untuk berusaha menandingi sistem cloud gaming yang dikembangkan google tersebut. Terutama adanya kemungkinan sony mengincar semakin berkembangnya internet dan sistem cloud, sehingga tidak menutup kemungkinan sistem konsol akan tergeser. Kecuali, tentunya sony memiliki sistem yang sama atau lebih dari pada stadia milik google.

Namun hal ini tampaknya bakal menuai kerugian, baik kepada playstation dan konsumer.jika hanya karena mengejar sistem stadia, kemungkinan playstation bakalan terlambat. Apalagi sistem yang diterapkan oleh google stadia dan playstation sangat berbeda. Google stadia menerapkan sistem tanpa konsol, sedangkan playstation dengan konsol. Jika penerapan sistem cloud gaming di seri konsol gagal dan tak mampu mengimbangi google stadia, kemungkinan playstation akan memperoleh kerugian besar.

Stadia sendiri belum begitu jelas terutama karena masih terbatasnya akses di negara tertentu, bahkan rata-rata di negara maju. Hal ini juga bakal sulit karena rata-rata negara berkembang belum memiliki infrastruktur internet yang bagus yang bisa menunjang sistem cloud gaming. Jika seandainya diadopsi sebagai fitur ps5, tentunya akan memberatkan konsumen di negara berkembang.

Oleh karena itu, resiko menjadikan cloud gaming sebagai bagian dari playstation 5 perlu dipertimbangkan oleh sony dan penggemar game playstation. Jangan sampai fitur ini malah menimbulkan kesulitan kedepannya.

Sumber:

Artikel dari gamebyte.com berjudul “Playstation 5 Patent Seems To Show A Focus On Cloud Gaming” diakses pada tanggal 20 oktober 2019


Like it? Share with your friends!

63
63 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !

0 Comments