[OPINI} Alasan Mengapa Player Baru Free Fire Sering Dapat Keuntungan Fantastis


79
79 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang Ahmad Rafi lakukan disini

Halo semua selamat pagi, siang, sore, malam, subuh dimana pun kalian berada apa kabar? Semoga sehat selalu dan selalu dimudahkan dalam menjalani hidup aamiin.

Gacha… Sebuah kata yang pastinya tidak asing lagi ditelinga kalian terutama yang sering nge gacha. Gacha menurut saya itu sebagai ajang untuk menguji keberuntungan seseorang atau kehokian seseorang. Sebenarnya saya disini mau bahas sistem gacha di game Free Fire. Tapi sebelum itu saya akan sedikit membahas mengapa sistem gacha di ciptakan.

Oke, pada umumnya gacha itu seperti sebuah mesin spin yang secara random mengeluarkan hadiah hadiah yang ada didalam nya ketika pemain menggunakan nya dengan item atau sesuatu yang harus di lakukan untuk menggunakan gacha tersebut. Contoh, Free Fire menggunakan Diamonds bagi player untuk memainkan spin. Dan mengapa gacha diciptakan? Karena untuk pemasukan game tersebut.

Seperti yang diketahui, diamond FF hanya bisa didapatkan dengan cara dibeli dengan uang asli. Jadi semakin banyak pemain yang membeli diamond, semakin kaya lah Developer nya. Jadi jika hadiah utama dari gacha nya sangat menarik pemain untuk memilikinya, maka pemain tersebut akan terus membeli diamonds sampai ia mendapatkan apa yang ia inginkan. Ini baru satu pemain, bagaimana jika jutaan, puluhan juta pemain yang seperti ini, dan belum lagi kaum yang kecanduan gacha. So sudah pasti bisa dipastikan developer Free Fire sudah sangat kaya.

Nah sekarang saya akan bahas tentang gacha yang ada di Free Fire. Sering saya temui bagi pemain baru, akun baru, atau pemain returner (pemain yang lama ga main lalu main lagi) Free Fire, mereka sering mendapatkan penawaran yang sangat fantastis, diskon besar, bahkan ada yang dengan sekali spin mereka bisa mendapatkan hadiah utama di Luck, atau Diamond Royale. Dan sebaliknya, bagi pemain lama, dan pemain yang sering main setiap hari nya, mereka sangat jarang mendapatkan penawaran dan kehokian yang seperti saya sebutkan diatas.
*NB: akun baru yang saya maksud disini akun yang berumur dibawah 1 tahun.

Lalu saya terpikirkan sesuatu, ada yang janggal. Ya, seperti hal nya anak anak, Garena memanjakan pemain baru, akun baru, dan pemain returner agar mereka betah memainkan game mereka dengan memberikan keuntungan seperti itu. Jadi mereka akan betah dengan keuntungan seperti itu dengan waktu yang lama.

Tapi dalam beberapa kasus, saya juga pernah menemukan akun lama dan pemain itu juga sering bermain, contoh nya YouTubers.  Tetapi mereka hoki saja. Memang sistem gacha mengandalkan kehokian dan keberuntungan. Tapi yang mengganjal saya adalah mengapa tidak semua akun lama atau pemain yang sering main mendapatkan perlakuan yang sama? Tapi saya berpikir lagi, mungkin Garena Indonesia melihat para Youtuber FF ini jadi mereka memberikan keuntungan di akun mereka agar mereka bisa terus membuat konten dan betah memainkan game.

Lalu saya berpikir dua kemungkinan lagi:

Yang pertama saya berpikir untuk para akun lama, mereka akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan pemain baru jika mereka sering melakukan top-up. Ini hanya kemungkinan ya, karena saya tidak pernah sering top up wkwkwk. Itu yang pertama.

Lalu yang kedua saya berpikir untuk para akun baru dan pemain returner, mereka mendapatkan keuntungan tersebut karena memang sudah algoritma Free Fire seperti itu. Contoh algoritma yang saya rasa memang terbukti adalah, saat spin mereka hanya butuh beberapa kali untuk mendapatkan  hadiah utama nya. Kebetulan saya adalah pemain returner dan saya kepikiran hal ini sebelum bermain kembali. Saya coba dan hasil nya, saya hanya perlu beberapa kali untuk mendapatkan Magic Cube! Mungkin lebih tepatnya dibawah 5 kali spin. Selain itu saya hanya perlu dua kali spin untuk mendapatkan skin senjata permanent di Weapons Royale. Padahal saya dulu nya yang sering main, sangat sulit untuk mendapatkan hadiah hadiah tersebut. Walau saya menggunakan trik trik pasaran untuk mendapatkan nya. Dan perlu di ketahui, saya saat itu hanya memakai gacha gratisan untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Jadi perlu diingat bahwa setiap gacha, game apapun itu pasti memiliki algoritma. Saya juga pemain baru PUBG, dan saya membuka sebuah crate dan hasil nya saya mendapatkan skin UMP dan Bundle. Yaa walau saya sangat jarang bermain PUBG tetapi dari situ bisa disimpulkan bahwa:

“Garena atau Tencent, mereka akan memanjakan pemain barunya”

Setidaknya itu saja yang dapat saya curahkan lewat opini kali ini. Mohon maaf banget kalau tulisan nya berantakan tapi semoga saja kalian bisa memahami nya. Dan terimakasih sudah membaca.

#budayakanmembaca


Like it? Share with your friends!

79
79 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Ahmad Rafi

Grand Master

Perkenalkan saya Ahmad Rafi, penulis asal Kalimantan Selatan. Saya suka membuat guide guide atau listicle atau artikel yang saya anggap bisa saya buat dan bisa dinikmati pembaca :D Ya walau tulisan nya agak ngaur semoga saja kalian bisa memahami nya dengan mudah :v

Referensi melahirkan inspirasi.

Contact me: Instagram: @ahmadrafi_

#budayakanmembaca

0 Comments