[Opini] Board Game, Jenis Industri Game Terbesar dan Tertua daripada Game Digital


84
84 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Sulthanew lakukan disini

Siapa yang tidak kenal dengan game monopoly? Pasti kenal lah ya dengan game ini dan pastinya juga pernah mainin ini. Tapi tau nggak sih, kalau monopoly itu termasuk ke dalam board game? Dan kalian tau nggak boardgame itu game kayak gimana? nah di postingan ini akan membahas apa itu board game dan kenapa industri board game sangat populer selain game digital. Check it out!

Board game, kalau diartikan dalam segi bahasa, yaitu permainan yang di mainkan di atas sebuah media, seperti meja, peta/board pada game tsb., dll. Saya kutip dari Manikmaya, salah satu publisher board game yang ada di Indonesia, Board game adalah bagian dari tabletop game yang didalamnya terdapat peraturan cara bermain yang dilengkapi dengan beberapa komponen seperti token, pion atau bidak yang dapat digerakkan diatas sebuah “papan” khusus. Contohnya seperti yang sudah umum diketahui, yaitu Catur. Sebuah permainan bagaimana mengatur strategi untuk “menangkap” pion Raja milik lawan. Seperti kriteria board game yang sudah disebutkan, Catur terdiri dari banyak pion (Raja, Ratu, Mentri, Kuda, dll) dan bisa digerakkan di atas papan-khusus dengan motif kotak-kotak. Contoh lainnya juga adalah Monopoly.

Industri board game di dunia adalah industri game tertua dan (mungkin) terbesar dibandingkan industri game digital. Di Eropa, industri board game sangat besar di sana, terutama Jerman. Banyak publisher atau developer board game dunia berada di negara-negara Eropa, seperti Inggris, Italia, Perancis, Belanda, Jerman, dsb.

Jerman adalah salah satu negara dengan industri board game terbesar di dunia. Bahkan Jerman selalu dianggap sebagai kiblatnya industri board game dunia. Tentunya hal ini bukan karena tanpa alasan. Usut punya usut, Jerman memiliki sebuah fakta bahwa masyarakat Jerman sangat menyukai bermain board game dan hampir semua rumah pemukiman warga di sana pasti ada board game yang selalu di mainkan. Hal ini jelas membuktikan bahwa board game sudah menjadi bagian penting dari budaya mereka dan bisa membuat mereka seperti sekarang ini. Bahkan Jerman selalu mengadakan event Expo Board Game tahunan Terbesar di Dunia dan selalu diikuti oleh berbagai negara, yaitu Internationale Spieltage SPIEL (atau SPIEL), yang selalu di adakan di kota Essen, Jerman. Wajar saja, apabila Jerman disebut-sebut sebagai kiblat industri board game di dunia.

Tak hanya negara-negara Eropa, di benua Amerika dan Asia pun mempunyai industri board game yang sudah besar dan mendunia. Di benua Asia, negara yang industri board game nya sudah cukup maju ada Taiwan, Jepang, Korea Selatan, dan lainnya. Bahkan Indonesia pun memiliki industri board game yang sudah sangat berkembang pesat.

Industri board game di Indonesia masih terbilang baru. Meskipun begitu, Industri ini di Indonesia sudah sangat berkembang maju. Perkembangan Industri Board Game di Indonesia tidak lepas dari bantuan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) dan juga para pelakunya. Atas bantuan BEKRAF pula, Indonesia dapat mengikuti event tahunan Expo Board Game Terbesar di Dunia, SPIEL di Jerman, sebagai peserta booth pameran. Tidak hanya itu, board game dari Indonesia yang dipamerkan dan dijual di sana selalu terjual habis. Indonesia sudah mengikuti SPIEL sejak tahun 2014 dan selalu mengikuti event tersebut tiap tahunnya.

Saat ini sudah banyak publisher board game yang berdiri di Indonesia, ada Manikmaya (Bandung), Hompimpa Games (Solo), Table Toys (Surabaya), dan masih banyak lagi. Tak hanya publisher, cafe board game sudah mulai banyak bermunculan dan komunitas board game pun sudah banyak berdiri. Semua pelaku industri board game di Indonesia terkumpul menjadi satu ke dalam Asosiasi Penggiat Industri Board Game Indonesia (APIBGI).

Nah itulah Industri Board Game di Dunia dan di Indonesia. Pasti kalian ingin tahukan, board game itu serunya kayak gimana sih? dan judul apa aja selain monopoly ya? tunggu aja info board game lainnya disini.


Like it? Share with your friends!

84
84 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
4
OMG !
KEREN KEREN
3
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Sulthanew

Elite

Penulis yang doyan main game, mulai dari game digital dan Boardgame. But prefer playing Boardgame than anything, especially DnD (Dungeon & Dragon) :D

0 Comments