[Opini] Dungeon & Dragon, Game RPG yang Bener-Bener Role Playing (Part 1)


80
2 comments, 80 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ūüíĶ seperti yang Sulthanew lakukan disini

“Pada jaman dahulu kala, ada sebuah goa misterius yang sangat dalam. Goa tersebut merupakan dungeon yang menjadi tempat tinnggal para monster, sekaligus sarang seekor naga emas. Konon katanya sarang seekor naga adalah tempat sebuah harta berada, dan menarik minat para petualang untuk menjelajahi dungeon tersebut. apakah akan ada para petualang yang berhasil menaklukan dungeon dan naga yang ada di dalamnya? dan apakah berhasil mendapatkan harta terpendamnya?…..”

Dungeon & Dragon, sesuai dengan namanya, pasti kalian beranggapan kalau game ini pasti berhubungan dengan sebuah Dungeon dan Naga (Dragon). Well, enggak salah sepenuhnya sih. Tetapi Dungeon & Dragon lebih dari hanya sebuah Dungeon dan Naga.

Dungeon & Dragon, (Disingkat DnD, dibaca /di-en-di/), adalah salah satu jenis permainan Boardgame dengan genre ROLE PLAYING Game dengan bumbu FANTASY yang diterbitkan oleh Wizards of the Coast. Sesuai dengan genre nya, DnD adalah game yang lebih menonjolkan permainan peran pada player dibandingkan game RPG lainnya. Kalau Diibaratkan nih ya, DnD itu seperti Perwayangan.

Mengapa Demikian? di Dungeon & Dragon ada 5 element penting, yaitu:

  1. Cerita atau Quest Story

    Seperti halnya perwayangan, DnD pun ada cerita yang harus dimainkan oleh para player. Cerita permainan di dalam DnD dibagai menjadi 2 tipe, ada Oneshot dan Campaign. Oneshot adalah cerita pendek yang akan dimainkan hanya dalam sekali sesi permainan DnD. Sedangkan Campaign adalah cerita yang dimainkan para player dan biasanya diselesaikan lebih dari 1 kali sesi.  Lebih jelasnya akan dijelaskan di artikel lain.

  2. Latar

    Kalau ada cerita, pasti ada latar nya juga dong, mulai latar waktu, latar tempat, dan latar suasana. Hal ini penting sekali, terutama jika kalian ingin membuat sebuah Campaign sendiri, dimana latar kalian sesuaikan dengan ceritanya.

  3. Dungeon Master atau Narator

    Kalau di wayangan ada dalang, di DnD ada seorang Dungeon Master (Disingkat DM) yang tugasnya adalah sebagai narator dan mengawasi alur cerita yang akan dijalani oleh para Adventurers. Untuk menjadi seorang DM harus pintar melakukan improvisasi apabila cerita sudah “melenceng” jauh dari jalur aslinya karena ulah adventurers. Tentu saja orang yang harus menjadi DM adalah orang yang sangat paham tentang permainan DnD. Penjelasan lebih lanjut akan dibahas di artikel lain.

  4. Adventurers atau Role Players

    Seperti wayang orang, Adventurers harus bermain memainkan karakter yang mereka buat. Sebelum bermain, para adventurer harus membuat karakternya terlebih dahulu, yang terdiri dari Race player (Ras), Job Class Hero (Pekerjaan Kelas), Background (Latar belakang), Alignment (Sifat), dsb., yang nantinya akan diisi ke dalam Character Sheet. Info detailnya akan dibahas di artikel lainnya.

  5. Komponen Permainan

    Ada beberapa komponen yang perlu disediakan dalam 1 meja permainan DnD, yaitu 1 buku panduan/ kitab DnD, kertas secukupnya dan alat tulis, minions atau token karakter dan 1 set Dice atau dadu lengkap (D4, D6, D8, 2 buah D10, D12, D20).

Nah, tadi itu adalah penjelasan singkat tentang element apa saja yang ada di Dungeon & Dragon. Detailnya akan dijelasin di artikel lainnya.

Sekarang aku jelasin sejarahnya DnD nih. “Permainan¬†Dungeons & Dragons¬†pertama, dirancang oleh¬†Gary Gygax¬†dan¬†Dave Arneson, pertama diterbitkan pada Januari 1974 oleh perusahaan Gygax¬†Tactical Studies Rules¬†(TSR). Diturunkan dari¬†tabletop wargame, terbitan ini biasanya dianggap sebagai awal dari¬†permainan peran¬†modern, dan dengan perpanjangan, industri¬†permainan peran.” – Aku kutip dari wikipedia. Dungeon & Dragon sendiri sangat terkenal lho di dunia industri game internasional dan terlaris (per. 2006). Dan kini DnD sudah mencapai edisi ke-5. Sudah ada sekitar 20 juta orang telah memainkan permainan ini, termasuk di Indonesia.

Jadi, bagaimana pembahasan singkat tentang DnD diatas? masih kurang paham ya? Sebenarnya masih banyak lagi tentang Dungeon & Dragon selain penjelasan tadi. Tetapi jika aku masukan semua akan jadi sebuah artikel yang panjaaaaannnnggg. Karena itu penjelasan lainnya akan di muat artikel berikutnya. So, tunggu saja.

Nb: yang penasaran kayak gimana Dungeon & Dragon, bisa cek link video youtube ini:


Like it? Share with your friends!

80
2 comments, 80 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
3
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Sulthanew

Elite

Penulis yang doyan main game, mulai dari game digital dan Boardgame. But prefer playing Boardgame than anything, especially DnD (Dungeon & Dragon) :D