[Opini] Dungeon & Dragon, Game RPG yang Bener-Bener Role Playing (Part 2)


80
1 comment, 80 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Sulthanew lakukan disini

Sebelumnya aku sudah menjelaskan beberapa hal singkat tentang Dungeon & Dragon di dalam postingan “[Opini] Dungeon & Dragon, Game RPG yang Bener-Bener Role Playing (Part 1)” mengenai sejarah dan elemen-elemen yang ada di dalamnya. Nah di post ini akan dijelaskan cara bermainnya (How to play) dan hal-hal lainnya. Check it out!

How to Play

Persiapan Karakter

Sebelum kalian bermain dan memulai sesi DnD, pastikan dulu bahwa persiapan untuk bermain DnD sudah siap, seperti yang sudah saya jelaskan di part 1. Dan ada 1 hal penting yang harus disiapkan oleh para pemain, yaitu karakter hero nya. Tanpa karakter hero, kalian tidak akan bisa ber-“akting”.

Untuk membuat karakter hero kalian, siapkan dulu character sheet kalian, seperti dibawah ini:

Atau kalian bisa download di situs official Dungeon & Dragon.

Sekilas kalian lihat di character sheet itu terlihat seperti rumit ya Tapi tenang, di postingan selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana membuat karakternya. Kalian juga bisa mintak tolong pada DM kalian dalam membantu membuat karakter.

Dalam DnD 5th edition menurut, edisi yang terbaru hingga saat ini, ada 12 classes dan 36 races, tetapi untuk yang pemula disarankan memilih basic races sejumlah 9 races, yaitu ada Human, Elf, Half-Elf, Half-orc, Dwarf, Halfling, Gnome, Dragonborn, dan Tiefling. Untuk classes, berikut listnya ada di gambar ini:

Tentunya, tiap-tiap classes memiliki karakternya masing-masing. Kamu ingin jadi pengguna sihir dengan damage tinggi bisa pakai Wizard, Warlock, Sorcerer. Kamu ingin bermain support bisa pakai Bard, Druid. Kalian seneng yang mukul-mukul atau serangan fisik dan bisa jarak jauh bisa pakai fighter, Ranger, Rogue, Monk, Barbarian. Mau yang nge-tank? bisa pakai Barbarian-build semi tank, Paladin, ataupun cleric. Semua classes bisa jadi tipe apapun, bergantung pada kreatifitas kalian dalam membuat karakter.

Setelah karakter kalian selesai dibuat, baru kalian bisa memulai sesi DnD.

Play time!

Pemainan DnD ini dapat dimainkan berapapun jumlah pemainnya. Bergantung pada kemampuan DM, seberapa banyak pemain yang dia bisa handle, bisa hanya 4 orang, 6 orang, ataupun 10 orang lebih. Tetapi, berdasarkan interview yang saya lakukan dengan beberapa orang yang pernah melakukan DM, 1 sesi DnD itu idealnya dimainkan maksimal 6 orang. Lebih dari 6 orang bisa membuat tidak kondusif.

Dalam memainkannya, Kalian, para adventurers/ pemain, hanya perlu ber-akting sesuai dengan karakter yang kalian bikin sebelumnya. dan mengikuti arahan dari Dungeon Master. Jadi, Dungeon Master nantinya akan memberikan sebuah clue, yang bisa berupa tentang situasi dan/atau kondisi tempat kalian berada, prologue dari sebuah kejadian, dll. Lalu kalian, para adventurers, terserah mau melakukan apapun saat berada di situatu tersebut. kalian juga bisa bertanya kembali kepada DM untuk meminta info lebih detail. contoh nya seperti petikan dialog dibawah ini:

  • DM (Dungeon Master)
  • P1 (Pemain 1), P2 (Pemain 2), P3 (Pemain 3), P4 (Pemain 4)
  • DM : “Hari mulai gelap. Kalian saat ini ada di depan rumah tua yang terlihat tidak terawat. Rumpul-rumput yang ada di halaman depan rumah sangat tinggi. Apa yang kalian lakukan?”
  • P1 : “Aku jalan ke depan pintu rumahnya dan mencoba mengetuk pintu dengan keras berharap ada jawaban”
  • DM : “silahkan roll dadu 20 dengan tambahan Strength untuk tahu seberapa keras kamu mengetuk pintu.”
  • P1 : “Oke. Aku dapet angkat 17 totalnya. Apa yang bisa ku dapat?”
  • DM : “Hmm.. jadi kamu mengetuk pintu tersebut dengan keras. Dan ternyata kamu dapat jawaban berupa suara yang terdengar lirih.”
  • P2 : “Aku bisa tau itu suara apa? dan ada suatu perkataan nggak?”
  • DM : ” Silahkan roll Dadu 20 Perception untuk tahu apakah kamu bisa mendengarnya dengan jelas.”
  • P2 : “Oke aku dapet roll 8 dengan perception +2 jadi total 10.”
  • DM : “Oke kamu bisa tau kalau itu suara manusia, perempuan. Dia seperti mengucapkan sesuatu tetapi begitu jelas bilang apa karena terdengar lirih.”
  • P3 : “Waduh, sepertinya ada seseorang di dalem nih, dan kayaknya butuh pertolongan. kita harus segera masuk.”
  • P4 : “Aku diluar aja yah. Sebagai karakter, aku takut sama tempat-tempat yang terlihat angker.”
  • P3 : “Yaudah deh.”

Nah sekilas akan seperti itu saat kita bermain DnD. Di diaolog tersebut ada kalimat “Silahkan roll dadu 20 perception ….”. Itu maksudnya kalian harus melempar dadu 20-sisi untuk mengetahui seberapa kemampuan kalian, tergantung jenis roll dadu apa yang diinginkan oleh DM kalian. Jika yang diminta perception, maka seberapa peka kalian terhadap situasi di lingkungan sekitar kalian. Jika strength, seberapa kuat kalian melakukan sesuatu. Sekilas sulit, tapi ini akan terasa menyenangkan ketika kalian mendapatkan sesuatu yang diluar ekspetasi kalian hahahaha.

Battle Time!

Tak hanya situasi seperti diatas, di DnD juga ada Battle. Battle nya bisa seperti tim party kalian melawan seekor beruang, melawan monster kraken, melawan angel, bahkan sesama manusia atau player. Saat battle, tiap player yang terlibat battle akan memiliki 1 action, 1 reaction, move, dan 1 bonus action. Action dan reaction bisa kalian gunakan: Menyerang musuh, mengambil sesuatu, Memakai spell, Membuat, menghancurkan sesuatu, dll. tergantung pada DM kalian, diperbolehkan atau tidak. Reaction ini biasanya dilakukan pada saat selain giliran mu, dan digunakan untuk berbagai aksi yang hanya bisa dilakukan saat reaction, menahan serangan, mengaktifkan spell atau menyerang balik. Move adalah aksi khusus untuk karakter mu berjalan atau berlari ke suatu lokasi, tergantung jarak maksimal berapa dari tiap-tiap ras (Normalnya 30 ft.) Bonus Action sebenarnya action tambahan, tapi bergantung pada karakter kalian masing-masing dan aksi apa yang dilakukan.

Mungkin setelah kalian baca postingan ini kalian berpikir “kok rumit ya” atau yang intinya game ini terlihat rumit. Tapi ketika kalian mencoba memainkan game ini pertama kali, kalian pasti akan suka sekali. Kalian akan berasa di dunia fantasi. Dan kalian bisa merasakan hal yang sama dirasakan oleh Kirito saat terjebak di dunia online hahahaha…

Untuk info lainnya seputar DnD kalian bisa baca di situs-situs dibawah ini:

Sebagai bonus, akan ku kasih kalian video spesial, yaitu sesi Dungeon & Dragon yang dimainkan oleh Vin Diesel, aktor hollywood yang terkenal akan perannya di Fast & Furius. Lhoh, Bahkan Artis pun ada yang suka main ginian lho….

(Nb: Semoga kalian bisa bahasa inggris yaa….)


Like it? Share with your friends!

80
1 comment, 80 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
3
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Sulthanew

Elite

Penulis yang doyan main game, mulai dari game digital dan Boardgame. But prefer playing Boardgame than anything, especially DnD (Dungeon & Dragon) :D