[OPINI] Kenapa Mobile Esports Lebih Populer di Indonesia?


59
59 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang aldhir18 lakukan disini

Perkembangan esports di Indonesia memang sudah tak bisa dihindari lagi, maraknya gim-gim kompetitif yang dirilis, semakin membuat para gamers di Indonesia melirik hal tersebut menjadi sebuah pundi-pundi uang dengan esports sebagai jembatannya. Berbicara mengenai esports di Indonesia memang cukup menarik, pasalnya esports yang kini begitu popular di Indonesia ternyata berkembang melalui platform mobile, berbeda bila kita berbicara dunia Internasional yang lebih menjadikan PC sebagai alat utamanya dibanding dengan mobile yang dianggap hanya untuk sebuah casual gaming dibanding esports atau gim yang kompetitif.

Hal tersebut bisa terjadi karena kemudahan akses untuk memainkan gim-gim kompetitif dimana dan kapanpun membuat gim mobile lebih menarik minat masyarakat Indonesia untuk memainkannya sehingga esports lebih mudah berkembang lewat platform ini karena komunitas yang diciptakan platform ini sangatlah besar.

Turnamen esports mobile seakan sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia, bahkan tak perlu venue yang besar, venue kecil tak jadi masalah berarti untuk menyelenggarakan turnamen gim mobile ini, mulai dari warung kopi langganan bapak kalian hingga kafe-kafe tongkrongan anak kekinian, setiap akhir pekan pasti selalu ada yang menghadirkan turnamen gim yang mungkin bisa saja kita sebut menjadi salah satu pengembangan esports di Indonesia, ini membuktikan bahwa Indonesia memang memiliki minat esports yang cukup tinggi lewat platform mobile. Lewat gim-gim mobile yang populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, COD Mobile dan yang lainnya, mereka menghadirkan masing-masing sebuah turnamen esports untuk para playernya sehingga komunitasnya akan selalu hidup

Sementara kepopuleran Esports untuk platform PC di Indonesia ternyata tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan dunia esports internasional, turnamen esports dalam platform PC hanya seakan menjadi turnamen “numpang lewat” di Indonesia, kini sedikit demi sedikit banyak tim-tim esports dari platform PC beralih profesi menjadi seorang atlit untuk gim platform mobile, tak jarang juga kita menemukan tim esports PC yang disband/bubar karena sedikitnya kompetisi-kompetisi esports untuk platform PC yang diadakan oleh pihak penyelenggara turnamen esports di Indonesia.

Hal ini tentu bisa saja merusak ekosistem esports PC di Indonesia, dengan berkurangnya turnamen-turnamen esports di Indonesia maka akan semakin sulit juga kita menemukan bakat-bakat baru yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah esports internasional, apalagi dengan potensi masyarakat yang sangat banyak di Indonesia, juga fakta bahwa tidak sedikit pula yang memiliki minat di bidang esports sehingga sangat disayangkan bila sumber daya manusia untuk esports yang ada tidak diikuti dengan pengalaman bermain kompetitif yang bisa didapatkan hanya dari adanya turnamen-turnamen esports.

Pastinya ini tidak bisa diabaikan begitu saja hingga komunitas esports PC dibiarkan tidur lelap tanpa ada sesuatu yang bisa membangunkannya, sebenarnya hal ini tergantung para penyelenggara turnamen, karena merekalah faktor penting ada atau tidaknya sebuah turnamen esports, para penyelenggara turnamen esports saya rasa perlu sedikit membantu komunitas esports PC ini terbangun kembali dengan mengadakan turnamen kecil setiap minggunya, saya rasa sudah bisa membantu untuk membangun kembali komunitas PC agar tegak kembali.

Selain penyelenggara, pastinya federasi juga memliki peran yang penting untuk mendorong agar turnamen esports untuk PC lebih dilirik lagi sehingga keseimbangan ekosistem esports di Indonesia lebih terjaga juga tidak akan menimbulkan sebuah percik kecemburuan sosial dari para pegiat esports yang ada di Indonesia.

Saya harap hal ini bisa jadi pertimbangan untuk para penyelenggara turnamen esports di Indonesia, juga untuk federasi esports di Indonesia agar esports di Indonesia ini bisa lebih berkembang lagi dan bisa lebih menghasilkan bakat-bakat baru yang memiliki potensi untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.

Bagaimana dengan kalian? apakah kalian termasuk esports enthusiast yang sedikit resah akan hal ini? Yuk, berbagi cerita di kolom komen dibawah.


Like it? Share with your friends!

59
59 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
aldhir18

Master

Seseorang yang sudah terikat oleh kuatnya magnet dunia game.

0 Comments