[OPINI] RF Online – MMORPG dengan Segudang Fitur Anti-Mainstream


67
67 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang RosenLied lakukan disini


Rising Force Online atau bisa disebut dengan RF Online merupakan game MMORPG yang sempat tenar di Indonesia. Dengan mengusung nuansa gabungan antara fantasy,romance dan perang. RF Online menjelma menjadi game dengan tema yang sangat unik pada saat itu. Akibatnya,RF Online mempunyai fitur unik yang tidak dipunyai oleh game-game yang sejenis, bahkan untuk saat ini sangat sulit mencari game yang mempunyai sistem yang mirip dengan RF Online. Menariknya beberapa sistem yang ada di RF Online itu ada dan diaplikasikan dalam kehidupan manusia. Apa sajakah itu ? Mari kita simak.

1. BANGSA

Seperti game MMORPG yang lainya, RF Online hanya mempunyai 3 ras yang bisa dipilih,yaitu Accretia,Bellato,dan Cora.Uniknya jika kita memilih salah satu ras,kita akan dianggap sebagai rakyat dari sebuah “bangsa/negara” dari ras tersebut. Accretia Empire bangsa penjajah dengan tubuh cyborg yang haus akan kekuatan.Bellato Union bangsa dengan ilmu pengetahuan tinggi yang bertubuh mungil . Holy Alliance Cora bangsa dengan peradaban spiritual yang kuat budayanya dibidang agama dan sihir .  3 Bangsa ini tidak ciptakan untuk saling berkawan satu sama lain namun akan saling berperang untuk memperebutkan hasil tambang yang ada di Planet Novus.

2. Accretia vs Bellato vs Cora

Dalam kebanyakan MMORPG,biasanya disuguhkan bermacam-macam ras yang berbeda namun hidup harmonis satu sama lain. Bersatu untuk melawan kejahatan atau monster ganas. Namun di RF Online tidak seperti itu, setiap bangsa adalah musuh satu sama lain. Setiap bangsa mempunyai ideologi, markas, mata uang, equipment serta bahasa masing-masing. Bangsa Accretia tidak akan bisa memahami chat dari bangsa lain, hanya akan keluar simbol-simbol aneh jika ada chat dari bangsa lain. Begitu juga bangsa Cora/Bellato tidak bisa memakai equipment dari Accretia. Masing=masing bangsa mempunyai area markas yang tidak bisa dimasuki bangsa lain, namun ada area kekuasaan yang dimana bangsa lain bisa menyusup dan ada juga area netral yang memungkinkan 3 bangsa saling bertemu dan berperang. Beda warna nickname, shiiiikattt!!!

3.Profesi Spesial Bangsa

Setiap bangsa akan mempunyai profesi dasar yaitu Warrior, Ranger, Spiritualist (Accretia tidak ada karena mereka cyborg) dan Specialist. Profesi tersebut bisa dirubah menjadi tingkat lebih tinggi di level tertentu. Dari banyaknya profesi yang ada, ada satu profesi yang memang diciptakan sebagai senjata perang. Dengan kemampuan yang berada diatas lainnya, profesi ini menjadi momok untuk bangsa lain.

  • Striker/Launcher – Accretia Empire

    Karena Accretia adalah cyborg dan tidak bisa menggunakan sihir, maka Launcher adalah senjata andalan dari Accretia Empire, meskipun senjata ini bisa dipakai oleh profesi lain tapi hanya profesi Striker yang dapat memaksimalkan potensinya. Dengan mengkombinasikan Launcher dengan Siege Kit menjadikan Striker sebagai damage dealer terbesar di semesta RF Online. Mempunyai 4 skill aktif (2 skill launcher dan 2 skill dalam Siege Mode) yang sangat berbahaya dan dapat membuat musuh terkapar hanya dengan menekan satu tombol.
  • Armor Rider/Massive Armor Unit – Bellato Union

    Bellato mempunyai MAU(Massive Armor Unit) sebagai tunggangan perangnya, MAU hanya bisa digunakan oleh profesi Armor Rider. MAU mempunyai 2 tipe yaitu Catapult dan Goliath, setiap tipe mempunyai kelebihan masing-masing. Catapult adalah tipe range dan mempunyai damage yang besar namun HP dan Defense yang kecil, sebaliknya Goliath adalah tipe melee mempunyai damage yang tidak begitu besar namun mempunyai HP dan Defense yang besar.
  • Grazier/Animus – Holy Alliance Cora

    Cora merupakan ahli sihir tentunya profesi spesialnya akan berkaitan dengan sihir. Oleh karena itu Cora mempunyai Grazier yang bisa men-summon animus. Animus ini akan mendampingi pemain dalam peperangan. Ada 4 jenis Animus yang bisa disummon, yaitu: Isis(Offense), Hecate(Offense), Inana(Healer), Paimon(Defense). Sama seperti karakter, animus juga butuh EXP untuk meningkatkan kemampuannya. Dengan buff/debuff dari pemain serta bantuan dari animus tentu membuat bangsa lain akan berpikir 2x untuk melawan sendirian.

4. CHIPWAR

Dengan tagline “Pertempuran Tiada Akhir” sepertinya bukan isapan jempol belaka. Kamu akan mengikuti sebuah event 3x sehari yang sangat dinantikan semua player,yakni CHIPWAR. Pertempuran antar 3 bangsa akan dilangsungkan setiap 8jam sekali dengan durasi 2 jam setiap chipwar.
Dalam event ini,semua player dari 3 bangsa akan berperang di map Crag Mine Feild. Setiap bangsa akan saling menyerang dan menghancurkan chip yang berada dimasing-masing base. Bangsa yang berhasil menghancurkan salah satu chip lawan akan dianggap pemenang. Bangsa yang menang akan mendapatkan hak istimewa untuk menambang dan akan mendapatkan buff spesial. Disinilah kamu dan bangsamu akan diuji kekompakan demi kemakmuran bangsa. Tidak hanya bangsamu yang diuji namun PC mu juga akan diuji menangani banyaknya player dan special effect yang terjadi dalam satu layar. Untuk era sekarang mungkin akan terasa enteng bahkan untuk pc kentang sekalipun namun dijaman keemasannya dulu merupakan bencana sampai rela mencari warnet yang punya spek bagus saat itu.

5. Mining

Semua bangsa akan bertarung habis-habisan dalam chipwar demi memperebutkan area tambang yang berada di tengah Crag Mine Field yang kaya akan mineralMenambang merupakan cara untuk mendapatkan kekayaan. Dengan menambang pemain akan mendapatkan sebuah batu ore yang bisa diolah menjadi item yang hasilnya bisa dijual,memperkuat equipment,dan membuat equipment. Area tambang tersebut dijaga oleh monster Holy Stone Keeper yang akan menyerang setiap penyusup yang masuk area tembang. Holy Stone Keeper hanya mengijinkan serta melindungi bangsa yang menang dalam chipwar untuk menambang di area tersebut. Jika ada pemain dari bangsa yang kalah memasuki area tambang maka akan menerima serangan One Hit Kill dari Holy Stone Keeper.

6. Patriot System

Tidak hanya manusia saja yang bisa berpolitik, di dalam game RF Online pemain juga bisa berpolitik. Setiap bangsa akan dipimpin oleh Race Leader atau sering disebut Archon dan di dampingi oleh 6 Dewan yang akan membantu Archon dalam memimpin bangsa. Mereka mempunyai aura khusus yang bisa dilihat oleh siapa saja dan memiliki hak istimewa seperti chat race semacam broadcast message yang bisa dilihat seluruh bangsa,menggunakan armor khusus dan hak untuk menggunakan nuklir dalam peperangan. Posisi dewa dibagi menjadi 3 antara lain : Strike Team, Defense Team,  Support Team. Masing-masing posisi diisi oleh 2 pemain dan diberikan kemampuan khusus untuk membantu bangsa dalam peperangan, kemampuan ini berkisar dari peningkatan pertahanan, peningkatan serangan, atau aura yang mempengaruhi peningkatan status rakyat biasa di sekitar anggota dewan. Archon dan dewan ini akan dipilih langsung oleh rakyat dalam pemilu yang diselenggaran seminggu sekali. Rakyat yang mempunyai ranking tinggi bisa mendaftar sebagai calon archon atau dewan selanjutnya.

7. Ekonomi

Hukum ekonomi di RF Online sama halnya seperti hukum ekonomi di kehidupan sehari-hari. Bangsa yang makmur akan memiliki mata uang dengan nilai tukar yang tinggi. Bangsa yang makmur biasanya adalah bangsa yang paling sering memenangkan chipwar. Semakin sering menambang maka akan semakin mudah untuk mendapatkan item langka dan material yang dibutuhkan untuk upgrade/membuat equipment. Dan nilai suatu item (equipment,consumable,dan lain-lain) akan dipengaruhi oleh sistem ini, semakin makmur suatu bangsa akan semakin murah harga item,dan sebaliknya.

8.Auction House

RF Online mempunyai auction house, tempat untuk jual/beli item dengan mudah. Tidak perlu lagi mencari/menunggu pemain untuk melakukan transaksi. Pemain tidak perlu membuka shop/stall untuk berjualan, tinggal memasukkan item beserta harganya dan bisa pemain tinggal untuk leveling atau farming,uang dari item yang terjual akan masuk ke inventori secara otomatis.

9.Macro System

Berbeda dengan MMORPG yang beredar, RF Online datang dengan sistem makro yang cukup menarik pada saat itu. Fitur Macro ini untuk dapat menjalankan beberapa perintah otomatis pada karakter. Ada 3 macam makro yang ada :

  • Auto Potion : Pemain memasukkan item potion pada slot makro dan set threshold,maka potion akan terpakai secara otomatis jika HP/FP/Stamina sudah mencapai ambang batas tersebut.
  • Auto Action : Pemain dapat menjalankan banyak skill secara langsung hanya dengan satu tombol. Sepertinya sederhana namun sangat efektif daripada pemain mengklik satu persatu skill yang ada.
  • Auto Chat : Pemain bisa membuat chat yang bisa berulang secara otomatis.Biasanya digunakan untuk jual/beli atau hanya sekedar informasi pemain sedang AFK(Away From Keyboard)

Nah kira-kira itu beberapa fitur menarik yang mungkin hanya ada di dalam RF Online. Selama bergelut di dunia game online, sangat jarang menemukan game dengan fitur lengkap seperti ini, hanya RF Online yang membuat kangen dan berpikir jika RF Online banyak mengambil sistem yang sudah ada dikehidupan dalam bernegara. Apa kalian juga merasa seperti itu ?


Like it? Share with your friends!

67
67 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
3
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
RosenLied

Elite

0 Comments