[Opini] To the Moon Perbedaan Versi PC dengan Mobile


53
53 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Faza Rabbani lakukan disini

Hai sobat brott!! Kembali lagi bersama penulis untuk membagikan hal-hal mengenai video game. Kali ini penulis mau membagikan tentang salah satu game bernama To the Moon yang kini terdapat 2 versi yaitu versi PC dan Mobile. Disini penulis akan memberitahukan kalian apa saja sih perbedaan antara kedua versi tersebut?

Tapi sebelumnya kalian juga bisa membaca review mengenai game To the Moon ini yang ditulis oleh penulis melalui link berikut ini.

To the Moon adalah sebuah game story driven yang diracik oleh Freebird Games yang pertama kali dirilis pada tahun 2011 untuk PC saja. Kemudian seiring berjalannya waktu game ini mulai dirilis untuk platform lainnya, salah satunya adalah mobile atau smartphone. Tapi, nyatanya kedua versi game ini memiliki banyak perbedaan tersendirinya dengan platform yang kalian gunakan. Apa saja perbedaan atau perbandingan tersebut? Mari kita simak sama-sama.

Trailer


Price / Harga

Dimulai dari harga, To the Moon versi PC dijual di Steam dengan harga normal yaitu Rp.89.999 saja. Sedangkan untuk versi Mobile dijual dengan harga Rp.67.000 saja. Dapat dilihat kalau versi Mobile lebih murah ketimbang versi PC. Tapi, ketika tiba waktunya untuk diskon seperti summer sale, winter sale, atau sejenisnya perbandingannya akan menjadi berbeda.

Untuk versi PCnya akan mendapatkan diskon sebersar 75% dan harganya berubah menjadi Rp.22.499 saja. Sedangkan versi mobile mendapatkan diskon yang beragam, mulai dari 40% hingga yang terbesar 60% dan harganya menjadi sekitar Rp.40.200 hingga yang termurah Rp.27.800. Dan dapat disimpulkan ketika waktu diskon tiba, versi PC menjadi  lebih murah ketimbang Mobile.


Story / Cerita

Masuk ke bagian cerita, semuanya tetaplah sama, kedua game ini megisahkan tentang dua orang dokter bernama Eva Rosaline dan Dr. Neil Watts yang berasal dari perusahaan bernama Sigmund Corparation yang dimana perusahaan ini menawarkan jasa membuat para pasien-pasien atau client untuk membuat mereka bahagia melalui perubahan ingatan.

Perbedaannya untuk versi mobile, ada beberapa dialog yang dihilangkan dari versi PC tanpa ada alasannya. Tapi dialog-dialog yang dihilangkan tersebut tidak terlalu begitu masuk dari inti cerita dalam game ini.

Perbedaan Kedua adalah untuk versi mobilenya, tidak menghadirkan episode tambahan seperti versi PC nya. Episode tambahan tersebut dibagi menjadi dua bagian dengan cerita yang berbeda.

Episode 1 bercerita tentang suasana di Sigmund Corpertion yang sedang mengadakan pesta bersama dengan karyawan-karyawan lainnya dan disini kalian akan berinteraksi dengan mereka dan nantinya kalian juga akan melihat bagaimana hubungan antar karakter yang mereka jalani.

Episode 2 bercerita pada hari libur ketika musim dingin atau salju tiba, dan disini kalian akan berfocus dengan Dr. Neil Watts yang melakukan kegiatan misterius di kantornya sendirian dan nantinya kalian akan melihat bagaimana kondisi Dr.Neil Watts yang belum kalian lihat sebelumnya. Pada episode ini adalah episode yang paling meninggal misteri dan tanda tanya yang sangat besar, yang belum terjawab hingga detik ini.


Graphic / Grafis

Untuk To the Moon versi  PC yang diracik oleh Freebird Games dibuat menggunakan engine bernama RPG Maker XP. Sedangkan untuk versi mobilenya dikerjakan oleh X.D Network Inc. yang meremake game tersebut menggunakan Unity dan dengan ini versi mobilenya telah mengalami peningkatan grafis atau visual.

Dapat kalian lihat dibawah ini kalau keduanya memiliki perbedaan visual yang cukup besar dan versi mobile memiliki tampilan yang lebih bagus ketimbang versi PC. Meskipun begitu tidak semuanya terlihat lebih bagus karena ada beberapa bagian yang rasanya justru malah mengalami penurunan visual.

Tampilan Menu Utama

Naikan Brightness device kalian untuk melihat bintang-bintang yang ada pada bagian langit-langit

Kalau dilihat lebih teliti pada versi mobile, pulau yang ada di depan seperti sedang mengapung atau terbang


Tampilan Menu

Terakhir adalah perbedaan menu yang dihadirkan dalam game ini. Untuk versi PC dihadirkan dengan tampilan yang simple saja tapi tidak terlihat begitu menarik dan terkesan membosankan. Sedang untuk versi mobile dihadir lebih fresh, baru, lebih menarik, lebih enak untuk dilihat, dan tambahan fitur chapter select yang juga berperan sebagai jurnal perjalanan.

Tampilan Menu untuk versi PC yang terlihat simpel tapi tidak menarik
Tampilan menu pada versi mobile yang terlihat menarik dan jauh lebih bagus


Ya, barusan tadi itu hal-hal mengenai perbedaan-perbedaan game To the Moon antara versi PC dengan versi Mobile nya. Semoga Guide ini dapat membatu kalian mengenai game yang satu ini dan terima kasih sudah mau mampir untuk membaca artikel penulis.

To the Moon sekarang sudah bisa kalian mainkan untuk PC, Android, iOS, dan akan segera menuju Nintendo Switch dengan versi yang sama dengan mobile.

Baca juga konten-konten lainnya di Gamebrott Community yang ditulis oleh Faza Rabbani melalui link berikut ini.

Kontak: dariusdarker@gmail.com atau Facebook.


Like it? Share with your friends!

53
53 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Faza Rabbani

Grand Master

Halo semua! Nama saya Muhammad Khoidir Faza Rabbani. Saya akrab dipanggil Faza atau Musa. Lahir di Tasikmalaya tapi, tumbuh besar di Bandung dan Jakarta. Disini saya suka review game-game kecil atau game-game lama yang mungkin jarang diketahui banyak orang terutama di kalangan remaja dan anak-anak Indonesia yang sebenarnya tidak kalah bagusnya dengan game-game besar lainnya. Saya bukanlah kritikus atau semacamnya, tapi hanyalah orang yang hobi bermain video game.

Ada ungkapan yang mengatakan “Jangan Menilai Buku Hanya Dari Sampulnya Saja!” sama halnya dengan “Jangan Menilai Game Hanya Dari Grafisnya Saja!”

Kontak: dariusdarker@gmail.com atau Facebook

0 Comments