[OPINI]Apakah Racing Esports Bisa Berkembang dan Menjadi Populer di Indonesia ?


80
80 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Esports di Indonesia untuk saat ini menjadi perbincangan yang hangat di kalangan millenial. Banyaknya Turnamen – Turnamen yang sering diadakan di Indonesia, merupakan tanda bahwa Esports di Indonesia sedang berkembang dengan pesat. Salah satu kompetensi Esport di Indonesia yang baru – baru ini adalah, Sim Racer Indonesia Bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) berhasil membuat suatu kejuaraan nasional yang bernama, Indonesia Digital motorsport Championship, kejurnas ini diselenggarakan dan ditandingkan secara Online oleh Digital Motorsport IMI pada Platform PC dalam Game R Factor 2, yang saya kutip dari Hybrid.co.id. Ini dia foto nya :

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan apakah, Racing Esports bisa berkembang dan menjadi populer di Indonesia. Mari kita bahas terdahulu tentang apasih itu Racing Esports ?

Racing Esports pada dasarnya hampir sama dengan Esports lainnya tetapi kompetesi ini masuk ke kategori Balapan. Game – game balapan yang biasanya ada di dalam kompetisi esports seperti Motogp Esports, Wrc 8 Esports, FIA GT Sports Championship, dan yang lainnya. Seperti Inilah Foto dari salah satu Kompetesi itu salah satunya yaitu FIA GT SPORT CHAMPIONSHIP yang diadakan di Monaco pada bulan November 2019 pada channel Playstation melalui Youtube :

Disini saya akan membahas apakah Racing Esports bisa berkembang dan menjadi populer di Indonesia?  Pendapat saya sendiri tentang Topik ini adalah “Bisa”. Tetapi tidak dalam waktu yang singkat karena di Indonesia sendiri, Esport berkembang dan menjadi populer bisa dibilang masih baru mekar dan skala turnamennya pun belum terlalu banyak dari pengelola official ataupun dari yang non official. Tidak seperti di negara lain yang sudah ada dari dulu dan skalanya pun sudah lebih masif. Belum lagi, para Gamer di Indonesia masih banyak yang belum tahu tentang Racing Esport, dan menurut pandangan saya sendiri balapan Mobil juga kurang diminati bagi para penonton, dan para Gamer karena rata – rata orang – orang di Indonesia lebih menyukai balapan Motor dibandingkan dengan balapan Mobil.

Belum lagi harga dari satu set untuk membuat sebuah set Sim racer yang lumayan mahal karena perakitannya, (satu set untuk membuat meja atau set kustom untuk sim racer yang disediakan khusus untuk peminat atau pemain Sim racer) contoh sim racer nya seperti ini yang saya kutip dari Obutto.com :

Lalu faktor lainnya, harga Steering wheel juga yang merupakan bagian yang paling penting bila ingin menjadi pemain Racing Esports, karena pada Esport ini yang kita butuh kan bukan mouse dan keyboard saja tetapi Stick controller atau Steering Wheel. Steering wheel inilah yang biasanya menjadi kendala bagi para Gamer yang ingin mencoba feel, dari balapan seperti yang sesungguhnya dikarenakan harganya yang bisa dibilang mahal bagi beberapa Gamer. Inilah contoh foto Steering wheel yang saya kutip dari PPLWARE.sapo.pt :

Dan yang terakhir yaitu Platform nya sendiri seperti PC, atau Console yang tidak semua Gamer di Indonesia yang mempunyai. Meskipun mereka mempunyai PC tetapi terkadang Spesifkasi Komputer mereka tidak memenuhi atau kurangnya Standar spesifikasi yang sudah diberi tahu oleh gamenya sendiri. Faktor masih mahalnya suatu komponen Komputer atau masih mahalnya suatu Console itulah yang membuat para Gamer Indonesia masih lebih memilih Esports pada Mobile dibandingkan dengan Racing Esports ataupun Esports yang berada di PC maupun Console.

Nah itulah Pendapat saya sendiri tentang Racing Esport bisa berkembang dan menjadi populer di Indonesia, apakah ada mempunyai pendapat yang sama dengan saya ? atau ada yang berbeda Pendapat dengan saya ? bila ada silahkan tulis di kolom komentar yaa.


Like it? Share with your friends!

80
80 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
GreaseMONKA

Master

seorang manusia yang lahir di bandung pada tanggal 6 Desember tahun 2000 yang dimana pada saat dia masih kecil sering diberi video game agar tidak keluar rumah oleh orang tuanya

0 Comments