Origin Access – Apakah Layak Dibeli ?

Untung rugi Origin Access, is it worth buying or not? You decide. Berikut ceritanya


37
37 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Ferdian Permana lakukan disini

Apa sih origin access itu? Origin access adalah  keanggotaan berbayar dalam portal game Origin seperti dikutip dalam website origin sebagai berikut,

Origin Access is a PC gaming subscription. Membership unlocks The Vault, a growing collection of great PC games you can download and play as much as you want. Plus, members get to try new EA games before they’re released at no extra cost, and score an automatic 10% discount on Origin purchases, including full games, pre-orders, DLC, and FIFA points.

sumber: https://www.origin.com/sgp/en-us/store/origin-access/faq

Jadi Origin adalah portal game milik EA dimana kita bisa menemukan berbagai game keluaran EA seperti Battlefield series, Titanfall 2, The Sims, Mass Effect, Dragon Age, Star Wars, FIFA series, dan bahkan game EA classic seperti Command & Conquer series untuk kita mainkan di PC kesayangan kita. Lalu memiliki keanggotaan di dalamnya berarti kita bisa memainkan game-game tersebut tanpa harus membeli physical copy game tersebut, apalagi game jaman sekarang seringkali rilis gak hanya physical copy tapi juga digital copy. Pada artikel selanjutnya nanti, aku bakal membuat polling mengenai physical copy vs digital copy dan opiniku tentang keduanya.

Berikut tampilan aplikasi Origin di windows

Tampilan aplikasi Origin di windows

Pertanyaan yang paling sering nongol adalah, “berapa bayarnya?”

Tentu keanggotaan origin gak gratis ya, meskipun ada free games yang ditawarkan setelah kita memiliki ID Origin seperti Medal of Honor Pacific Asssault. Ya, membuat IDnya memang gratis, tapi untuk berlangganan menjadi member Origin Access memang harus bayar, bisa bulanan ataupun tahunan. Harganya 6.45$ sebulan dan 34.90$ per tahun ($ Singapore, karena waktu aku checkout biaya langganan tahunan, aku ditagih sekitar 340rb-350rb rupiah).

Terus pertanyaan selanjutnya yang paling sering aku denger, “apa untungnya?”

Keuntungan pertama jelas kita bisa download game EA sebanyak lebih dari 75 judul game yang ada di dalam koleksi game origin yang bernama vault. Jelas harganya lebih murah berlangganan origin access dibanding beli gamenya satu satu. Satu game battlefield 1 aja udah 60$ sendiri, bandingin sama biaya langganan tahunan origin access yang 34.90$

Berikut contoh tampilan game yang ditawarkan dalam vault origin access.

Untitled-2.png

 

Keuntungan ke dua adalah nantinya kita bisa main game EA baru sebelum rilis resmi, istilah kerennya early access.  Keuntungan ke tiga adalah mendapat diskon 10% untuk pembelian game (yang tidak masuk dalam vault), pre-order game, DLC, dan FIFA points.

Karena judul diatas nanyain untung ruginya ikutan origin access, terus pertanyaan iseng selanjutnya adalah, “ruginya apa langganan origin access?”

Well.. untuk beberapa orang menganggap cuma punya digital copy dari game-game favorit mereka adalah sebuah kerugian. Origin access hanya memberikan kamu digital copies, so… ya bisa dibilang rugi bagi mereka yang menyukai kotak dari dvd game lalu poster yang mungkin jadi bonus pembelian physical copy. Tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa sebagian orang menganggap digital copy lebih efisien. So.. silakan kamu pilih sendiri.

Lalu karena digital copy, jadi kita harus download dulu sebelum bisa main. Dengan kata lain, koneksi internet harus mantap, dan lebih bagus lagi kalau unlimited quota. Soalnya game-game origin yang keren-keren rata-rata diatas 20gb, apalagi Battlefield 1 yang besarnya 67gb.

Sebenernya kerugian-kerugian tersebut bukan merupakan kerugian langganan origin access, tapi lebih ke arah kerugian digital copy. Menurut penulis sih 350rb setahun (sekitar 28rb sebulan) masih worth it, kalau menurut kamu?


Like it? Share with your friends!

37
37 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
1
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !